laki-laki duduk bersin
Freepik/pressfoto

6 Tips Mudah Melegakan Hidung Tersumbat, Nafas Kembali Lancar!

Linamasa.com – Hidung yang tersumbat kadang kala membuat siapa saja yang mengalaminya kesulitan bernafas. Saat hidung mampet pun tak jarang menimbulkan beberapa gejala lainnya yang bikin tidak nyaman, seperti sakit kepala, suara menjadi bindeng, dan kemampuan indra penciuman menjadi berkurang.

Kondisi seperti ini tentu bikin tidak nyaman hingga menurunkan semangat untuk beraktivitas. Hidung tersumbat bisa terjadi karena beberapa faktor, salah satunya adalah penggumpalan lendir pada saluran hidung. Tapi selain itu, pada umumnya, hidung tersumbat juga bisa disebabkan oleh hal-hal yang mengakibatkan terjadinya peradangan atau iritasi di jaringan hidung.

Lantas, bagaimana cara mengatasi atau melegakan hidung tersumbat agar nafas kembali lancar? Baca selengkapnya di bawah ini!

Perbanyak Minum Air Putih

Saat mengalami hidung tersumbat, cobalah perbanyak mengkonsumsi air putih. Mencukupi cairan dalam tubuh akan membuat kekentalan lendir pada hidung berkurang. Dengan begitu, lendir dalam hidung tidak akan terlalu menutupi rongga hidung sehingga kamu bisa bernapas lebih lega.

Tetapi, tidak sembarang cairan yang bisa mengatasi hidung tersumbat. Cairan yang disarankan adalah air putih dengan suhu hangat untuk melegakan hidung tersumbat. Hindari mengkonsumsi air dingin karena hal itu bisa membuat lendir semakin sulit mencair.

Baca Juga:  8 Minuman untuk Meredakan Nyeri Haid, Ladies Wajib Tahu!

Gunakan Air Hangat Saat Mandi

Ini adalah salah satu tips ampuh untuk mengatasi masalah hidung tersumbat karena gejala pilek dan batuk. Mandi dengan menggunakan air hangat akan membuat lendir pada rongga hidung menjadi lebih cair dan mudah dikeluarkan. Saat lendir menipis atau hilang, kamu pun dapat bernapas kembali dengan normal.

Keluarkan Lendir Dalam Hidung

Hidung yang tersumbat umum terjadi karena cairan lendir dalam hidung. Maka dari itu, jika selama ini kamu sering menghirup kembali lendir yang ada di hidung, segera hentikan. Menghirup cairan lendir kembali justru akan membuat lendir semakin menumpuk di rongga hidung dan membuat gejala hidung tersumbat semakin parah.

Sebaiknya saat merasa ada cairan ingus yang ingin keluar, keluarkan langsung cairan tersebut. Tetapi ingat, jangan membuang ingus terlalu keras sebab bisa membuat kembali dahak pembawa kuman ke saluran telinga.

Menjaga Tubuh Tetap Hangat

Lendir dalam hidung yang mengakibatkan hidung tersumbat akan lebih menumpuk jika kamu merasa kedinginan atau suhu tubuh menurun. Oleh karenanya, penting untuk kamu menjaga suhu tubuh tetap hangat agar masalah hidung tersumbat bisa teratasi.

Kamu bisa menjaga suhu tubuh dengan menggunakan pakaian hangat dan selimut saat tidur. Lalu, kamu juga bisa mengkonsumsi minuman hangat seperti air putih atau air jahe untuk menghangatkan tubuh demi menurunkan gejala hidung mampet.

Baca Juga:  Daftar Playlist Lagu Terbaik untuk Olahraga

Konsumsi Teh Herbal

Selanjutnya, kamu bisa mengatasi masalah hidung tersumbat dengan cara alami ini, yaitu mengkonsumsi teh herbal. Teh herbal bisa menjadi pengobatan alami saat hidung tersumbat karena dapat mengurangi gejala hidung mampet.

Teh herbal, terutama teh peppermint dengan kandungan menthol bisa menjadi dekongestan alami. Mengkonsumsi teh herbal dengan kondisi hangat akan membantu proses pernapasan menjadi lebih lega, sebab peradangan di hidung berkurang.

Selain mengatasi hidung tersumbat, tips ini juga bisa menurunkan tingkat stres yang kamu alami.

Oleskan dan Hirup Minyak Eucalyptus

Saat mengalami hidung tersumbat, cobalah untuk mengoleskan minyak eucalyptus di sekitar hidung. Minyak ini adalah bahan alami yang telah lama digunakan sebagai obat untuk berbagai masalah kesehatan, termasuk menjadi obat pereda hidung tersumbat.

Kamu bisa menggunakan minyak ini dengan cara dioleskan disekitar lubang hidung atau dihirup. Uap dari minyak ini bisa bikin lapisan lendir pada rongga hidung menipis sehingga membuat pernafasan menjadi lebih lega.

Demikian tips melegakan hidung tersumbat yang bisa kamu terapkan agar pernafasan kembali lancar. Semoga bermanfaat!

Originally posted 2022-04-10 06:00:02.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google Berita.

Check Also

bibir lipstik

9 Cara Mengatasi Bibir Kering Yang Terbukti Ampuh Dan Alami

Linamasa.com – Bibir kering dan pecah-pecah terkadang cukup mengganggu bagi seseorang. Bibir kering serta pecah-pecah …