kurma bulan ramadhan
Freepik/azerbaijan_stockers

Wajib Dipahami, Ini Hal – Hal yang Membatalkan Puasa

Linamasa.com – Selain makan dan minum yang dilakukan dengan sengaja serta sadar, masih ada pula hal lainnya yang juga bisa membatalkan puasa. Apa sajakah itu?

Melakukan Hubungan Intim di Siang Hari

Berhubungan intim hanya diperbolehkan setelah buka puasa hingga sahur. Jika Anda melakukan hubungan intim saat berpuasa, maka akan membuatnya batal. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan sanksi berupa puasa selama 2 bulan atau bisa diganti dengan 0,6 kilogram beras kepada fakir miskin berjumlah 60 orang.

Sengaja Muntah

Muntah merupakan kondisi dimana bisa disebabkan oleh beberapa hal. Namun jika muntah dilakukan dengan cara sengaja seperti memasukkan jari ke dalam mulut hingga memicu makanan atau minuman keluar dari mulut, inilah yang termasuk dalam tindakan membatalkan puasa.

Merokok

Merokok juga dalam kategori aktivitas yang bisa membatalkan puasa. Kok bisa? Zat yang ada pada rokok saat di hisap memungkinkannya mencapai area perut.

Tiba – Tiba Datang Bulan

Bagi perempuan, saat sedang datang bulan, memang dilarang untuk melaksanakan ibadah puasa. Lantas bagaimana jika saat berpuasa tiba – tiba datang bulan? Puasa Anda akan batal ya. Anda bisa segera untuk berbuka.

Perempuan yang sedang datang bulan, biasanya akan berlangsung selama 7 hari hingga 14 hari. Selanjutnya Anda bisa mengganti hutang puasa tersebut di lain kesempatan.

Sedang dalam Kondisi Nifas

Selain datang bulan, nifas juga menjadi larangan untuk menjalankan puasa. Pada umumnya, perempuan yang sedang nifas akan berlangsung selama 40 hari hingga 60 hari lamanya. Sama seperti datang bulan, Anda juga wajib membayar hutang puasa.

Dengan Sengaja Mengeluarkan Mani

Keluarnya air mani yang dilakukan dengan sengaja seperti melakukan onani, atau hal lain yang memicu keluarnya air mani bisa membatalkan puasa. Misalnya saja anda bersentuhan dengan lawan jenis, berciuman, tidak menjaga pandangan sehingga menimbulkan nafsu dan hasrat sehingga air mani keluar.

Memasukkan Sesuatu ke Lubang Urin dan Dubur

Proses pengobatan ambeien pada dubur, bisa beresiko membatalkan puasa. Apalagi jika dengan sengaja memasukkan jari atau benda lainnya. Selain itu memasukkan kateter yang digunakan untuk kencing juga tidak diperbolehkan selama menjalankan ibadah puasa.

Mabuk Alkohol

Seseorang yang sedang mabuk karena pengaruh dari mengkonsumsi alkohol, jelas – jelas membatalkan puasa. Sedang tidak puasa saja diharamkan minum alkohol, apalagi dengan sengaja meminumnya saat sedang puasa.

Tiba – Tiba Pingsan

Saat kondisi tubuh sedang lemah dan tidak fit, kemudian berujung pada pingsan, itu bisa membatalkan puasa. Orang yang sedang pingsan secara otomatis akan hilang kesadaran. Inilah yang memicu puasa menjadi batal.

Keluar dari Islam

Orang yang dengan sengaja keluar dari agama islam atau disebut sebagai orang murtad, secara otomatis akan langsung batal puasanya. Orang yang murtad ini dianjurkan untuk segera mengucapkan dua kalimat syahadat dan bisa mengganti puasa di lain kesempatan.

Menelan Dahak Saat Sedang Batuk

Hal kecil yang biasanya dianggap remeh seperti menelan dahak, ternyata juga bisa membuat puasa Anda menjadi batal. Jadi mulai sekarang pastikan, saat batuk dan keluar dahak, buanglah.

Melakukan Aktivitas Renang

Renang merupakan salah satu aktivitas yang sebenarnya diperbolehkan saat menjalankan puasa. Tapi dengan catatan bisa memastikan tidak ada air yang masuk ke dalam tubuh agar tidak batal puasanya.

Namun, untuk mengantisipasi batalnya puasa, alangkah lebih baiknya untuk sementara waktu tidak berenang terlebih dahulu. Karena selama berenang, potensi air masuk ke dalam tubuh sangatlah besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google Berita.

About suharyanto arby

Berkecimpung di bidang komputer sejak kuliah semester 2 sampai sekarang selama kurang lebih sudah 3 tahun. Hobi dengan dunia tulis menulis.

Check Also

pakaian adat masyarakat Bali saat upacara keagamaan pura Indonesia

Mengenal Budaya dan Adat Istiadat Suku-suku di Indonesia

Linamasa.com – Indonesia memiliki keanekaragaman budaya yang sangat kaya, pada setiap daerah di Indonesia memiliki …