...
ponsel pintar
Pexels/Cottonbro

5 Cara Mencegah Radiasi Layar Smartphone yang Berbahaya

Linamasa.com – Mencegah radiasi layar ponsel merupakan hal wajib yang harus Anda lakukan. Selain faktor sinyal, layar ponsel dapat memancarkan radiasi yang berbahaya bagi mata.

Radiasi tersebut akan membuat indera penglihatan anda mengalami kerusakan jika terus menerus dialami. Maka dari itu, jangan sepelekan efek yang didapatkan dari penggunaan layar smartphone secara berlebihan.

Pasalnya di bagian layar, pancaran radiasinya tergolong lebih besar dan membahayakan kesehatan Anda. Untuk mencegahnya, Anda bisa melakukan beberapa cara yang tergolong mudah.

Di era seperti sekarang sangat sulit jika tidak menggunakan ponsel sama sekali. Maka dari itu cara yang paling mudah adalah dengan mencegah agar radiasi tidak terjadi lebih parah.

Cara satu ini juga wajib dilakukan bagi anak-anak yang notabene sudah mulai aktif menggunakan perangkat seluler. Berikut ulasan selengkapnya untuk cara mudah mencegah radiasi layar smartphone.

Cara Mencegah Radiasi Layar Smartphone

1. Gunakan kacamata anti radiasi

Untuk mengurangi efek radiasi dari layar smartphone, kacamata anti radiasi sangat diperlukan. Anda bisa mencarinya di berbagai macam toko online dengan harga bervariasi.

Kacamata tersebut bisa melindungi penggunanya dari bahaya sinar biru yang mampu merusak mata. Jika selalu bekerja di depan ponsel, kacamata anti radiasi ini wajib untuk dikenakan.

2. Gunakan dalam jarak aman

Seperti halnya menonton televisi, menggunakan smartphone juga mesti dalam jarak aman. Jangan terlalu dekat melihat layar karena bisa mengganggu kesehatan mata.

Pancaran radiasi yang terlalu sering Anda dapatkan akan berpengaruh pula pada kesehatan Anda. Gunakan ponsel dengan jarak minimal 30 cm dari genggaman Anda untuk posisi aman dari radiasi.

3. Istirahatkan mata

Jangan terlalu berlebihan menggunakan smartphone terlebih secara berlarut-larut karena akan menyebabkan mata menjadi mudah lelah. Berikan jeda sejenak agar mata bisa beristirahat.

Jangan abaikan kondisi mata lelah karena bisa berdampak pada kerusakan indera tersebut. Istirahatkan mata dan matikan ponsel sejenak agar efek radiasinya tidak terlalu parah.

4. Atur kecerahan layar

Layar yang terlalu cerah bisa membuat mata mudah lelah. atur kecerahan sesuai dengan keinginan Anda. Anda juga bisa mengatur layar dalam mode baca jika hendak menggunakannya dalam jangka waktu lama.

Mode baca akan mengurangi efek radiasi dan kelelahan mata. Namun, Anda tidak akan memperoleh tampilan warna yang akurat karena kecerahan layarnya berkurang.

5. Kurangi penggunaan smartphone

Di era saat ini memang sangat sulit untuk tidak menggunakan ponsel sama sekali. Namun tidak menutup kemungkinan untuk mengurangi penggunaannya.

Anda bisa mengurangi penggunaan ponsel dan mengistirahatkan sejenak. Jika tidak terlalu diperlukan sebaiknya istirahatkan smartphone sejenak agar efek radiasinya tidak semakin parah.

Demikian beberapa cara mengurangi radiasi layar smartphone yang bisa Anda coba lakukan, Lebih baik mencegah daripada mengobati. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google Berita.

About Arif Pangestu

Check Also

Samsung Galaxy S24 Ultra

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy S24 Ultra, Varian Premium dengan Teknologi Terkini

Linamasa.com – Samsung kembali memperkenalkan inovasi terbarunya dalam bentuk flagship terbaru mereka, Samsung Galaxy S24 …

Seraphinite AcceleratorBannerText_Seraphinite Accelerator
Turns on site high speed to be attractive for people and search engines.