wanita sakit gigi
Freepik/shurkin_son

Mudah Dicoba, Ini 5 Cara Ampuh Mengatasi Sakit Gigi!

Linamasa.com – Sakit gigi merupakan masalah kesehatan pada gigi dan mulut yang sangat menyiksa. Karena sakit gigi bukan hanya membuat kamu kesulitan makan, tapi juga bisa mempengaruhi suasana hati dan kesehatan secara menyeluruh.

Solusi terbaik untuk mengatasi sakit gigi yaitu dengan berobat ke dokter gigi. Biasanya dokter gigi akan memberikan obat pereda nyeri dan menyarankan pasien untuk kembali di lain waktu saat rasa nyeri mereda.

Namun, tidak sedikit orang yang lebih memilih cara mengatasi sakit gigi yang bisa dilakukan di rumah. Selain lebih praktis, cara lain ini juga bisa meredakan rasa nyeri di gigi sebelum kamu pergi ke dokter gigi.

Berikut adalah sejumlah cara yang bisa kamu lakukan untuk membantu mengatasi sakit gigi di rumah paling mudah dan ampuh.

Kompres dengan Es Batu

Ketika sakit gigi menyerang biasanya ada yang mengalami pipi bengkak akibat sakit gigi. Oleh karena itu, untuk mengatasi kondisi tersebut, kamu bisa mengompres pipi yang bengkak menggunakan es batu. Ini adalah cara paling mudah, praktis, dan ampuh untuk mengurangi pembengkakan di pipi.

Selain membantu meredakan bengkak, mengompres dengan es batu juga bisa mengurangi nyeri dan perdarahan ke dalam jaringan gusi. Kamu bisa mengompres dingin dengan cara membungkus sejumlah keping es batu di dalam handuk kecil. Setelah itu, tempelkan di area pipi yang bengkak akibat sakit gigi.

Biarkan hingga 15 menit-20 menit. Lakukan cara ini setidaknya tiga kali sehari atau sampai pembengkakan di pipi mereda.

Teh Peppermint

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa peppermint memiliki kandungan senyawa antioksidan dan antibakteri. Mentol yang merupakan bahan aktif dalam peppermint juga mempunyai efek mati rasa ringan di area sensitif. Maka dari itu, peppermint bisa membantu mengurangi rasa sakit gigi.

Baca Juga:  10 Cara Menyembuhkan Radang Tenggorokan Secara Alami

Kamu bisa memanfaatkan kantong teh peppermint untuk menghilangkan rasa sakit dan merilekskan gusi yang sensitif. Cara penggunaannya, tinggal masukan kantong teh peppermint ke dalam freezer selama beberapa menit agar dingin, lalu tempelkan kantong tersebut ke gigi yang sakit.

Kumur Pakai Air Garam

Berkumur dengan air larutan garam memang sudah menjadi cara yang umum dilakukan bagi penderita sakit gigi. Air garam terbukti bisa membantu meredakan peradangan dan rasa sakit di gigi serta gusi.

Namun, sebelum berkumur menggunakan air garam, ada baiknya lakukan flossing gigi terlebih dahulu agar tidak ada sisa makanan yang menempel di gigi. Jika sudah, siapkan 1-2 sendok makan garam dapur, kemudian larutkan ke dalam gelas air hangat. Kumur-kumurlah selama 30 detik, lalu buang.

Ekstrak Vanili

Kamu juga bisa meredakan sakit gigi dengan menggunakan ekstrak vanili. Pasalnya, ekstrak vanili mengandung alkohol yang bisa meredakan rasa nyeri akibat sakit gigi. Sifat antioksidan dalam ekstrak vanili juga membuatnya bisa menjadi obat penyembuh rasa sakit yang manjur.

Untuk menggunakannya, cukup dengan mengoleskan ekstrak vanili sedikit dengan bola kapas atau jari. Oleskan langsung ke gigi yang sakit beberapa kali sehari.

Menggunakan Bawang Putih

Salah satu bahan dapur ini ternyata bisa menjadi obat pereda sakit gigi yang efektif dan sederhana. Hal ini karena bawang putih mengandung senyawa allicin yang mempunyai efek antibakteri kuat yang mampu membunuh bakteri dalam mulut yang mengakibatkan sakit gigi dan gigi berlubang.

Cara mengatasi sakit gigi dengan bawang putih yang bisa dilakukan yaitu dengan mengunyah satu siung bawang putih, lalu biarkan berada di gigi yang sakit untuk membantu meredakan nyeri.

Baca Juga:  Tekanan Darah Tinggi dengan Diet Rendah Sodium

Itulah cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah sakit gigi. Selain ampuh meredakan sakit gigi, berbagai cara di atas juga mudah dicari dan dilakukan. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat bagi para pembaca semua.

Originally posted 2022-04-07 10:00:18.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google Berita.

Check Also

bibir lipstik

9 Cara Mengatasi Bibir Kering Yang Terbukti Ampuh Dan Alami

Linamasa.com – Bibir kering dan pecah-pecah terkadang cukup mengganggu bagi seseorang. Bibir kering serta pecah-pecah …