berat timbangan pria
Freepik/drobotdean

4 Cara Menggemukkan Badan Secara Alami Tanpa Obat

Linamasa.com – Selain berat badan berlebih, berat badan yang kurang dari standar juga menyebabkan seseorang kurang percaya diri. Masalah berat badan yang kurang juga terkait beberapa hal. Bisa karena keturunan, hormonal atau bahkan karena gaya hidup kurang sehat.

Kasus kekurangan nutrisi juga menjadi penyebab utama berat badan yang jauh dibawah standar. Namun, menaikan berat badan cenderung lebih mudah dari menurunkan berat badan. Akan tetapi Anda tidak mesti menambah jumlah makan saja untuk menaikan berat badan.

Yang perlu diperhatikan adalah asupan nutrisi dan kalorinya. Banyak yang salah kaprah bahwa menaikan berat badan mesti banyak mengkonsumsi makanan berlemak. Padahal cara ini menyebabkan efek samping tertentu atau banyak yang menggunakan jalan pintas dengan mengkonsumsi pil penambah berat badan.

Efeknya memang instan, namun memiliki resiko efek samping tertentu. Maka cobalah menaikan berat badan secara alami yang tanpa efek tertentu. Berikut ini ulasan selengkapnya.

Tips Menaikkan Berat Badan

1. Konsumsi makanan tinggi nutrisi

Menaikan bobot tubuh bukan dengan menambah porsi makan. Hal ini masih menjadi salah kaprah yang umum disekitar kita. Salah satu yang harus dilakukan adalah menambah jumlah nutrisi agar berat badan lebih stabil.

Mengkonsumsi makanan tinggi lemak memang menyebabkan tubuh gemuk namun efeknya sangat berbahaya bagi kesehatan. Cukupi asupan nutrisi Anda dengan mengkonsumsi karbohidrat, lemak, protein, dan aneka vitamin dengan porsi tepat.

2. Makan lebih sering

Pemilik badan kurus cenderung cepat merasa kenyang. Maka dari itu cobalah sedikit memaksa tubuh untuk makan lebih sering. Tidak perlu yang berporsi besar, cukup porsi kecil saja, maka tubuh akan memperoleh nutrisi yang cukup.

Lambung juga tidak terasa kosong dan terdapat cadangan energi serta lemak secara cukup. Konsumsi makanan dalam porsi kecil 5-6 kali setiap hari. Imbangi dengan camilan sehat untuk menambah asupan nutrisi Anda.

3. Mengkonsumsi smoothies

Smoothies adalah minuman berbahan dasar buah yang diblender hingga halus kemudian dicampur dengan susu dan yoghurt. Smoothies lebih kental dari jus biasa dan fungsinya menambah asupan nutrisi yang cukup bagi tubuh.

Bagi yang berprogram meningkatkan berat badan sangat disarankan mengkonsumsi smoothies secara teratur.

Buah yang cocok dijadikan smoothies antara lain kurma, alpukat, pisang, strawberry. Hindari minuman rendah gizi, seperti soda, kopi, alkohol agar berat badan Anda ideal.

4. Tambahkan kalori

Kalori merupakan sumber energi dalam tubuh. Banyak yang menyalah artikan lemak sama dengan kalori. Setiap orang memiliki kebutuhan energi yang berbeda.

Asupan kalori yang cukup akan menambah berat badan secara alami. Banyak contoh makanan yang kaya kalori, seperti roti, biji-bijian, nasi, dan lain-lain.

Meskipun Anda harus menambahkan asupan kalori, sebaiknya hindari jangan sampai berlebihan karena akan beresiko menyebabkan diabetes.

Demikianlah beberapa cara menaikan berat badan secara alami. Imbangi dengan olahraga dan periksa ke dokter untuk mengetahui penyebab berat badan yang terlalu kecil.

Originally posted 2022-04-06 10:00:05.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google Berita.

Check Also

pegang kaki

7 Obat Asam Urat yang Efektif Redakan Nyeri Sendi, Cek Rekomendasinya!

Linamasa.com – Asam urat adalah penyakit radang pada sendi yang sering terjadi di lutut, telapak …