sakit pinggang
Freepik/Racool_studio

Cara Jitu Mengobati Sakit Pinggang, Simak Tipsnya di Sini!

Linamasa.com – Sakit pinggang merupakan masalah kesehatan yang bisa dialami oleh siapa saja. Biasanya sakit pinggang sering terjadi bagi orang-orang dari kalangan orang tua dan dewasa. Umumnya, sakit pinggang disebabkan karena bertambahnya usia atau faktor pola hidup yang kurang baik.

Sakit pinggang sebenarnya adalah hal yang wajar, terutama bagi mereka yang memasuki usia paruh baya. Selain karena faktor usia, masalah sakit pinggang juga kebanyakan disebabkan oleh ketegangan atau keseleo sebab penggunaan yang berlebihan, kegiatan yang tidak biasa, kecelakaan, serta mengangkat barang yang berat.

Meski sakit pinggang bukanlah hal yang mengancam nyawa dan bisa diobati dengan mudah di rumah. Tetapi, sakit pinggang bisa mempengaruhi aktivitas sehari-hari.

Oleh karena itu, untuk membantu mengobati sakit pinggang yang dialami. Berikut kami punya sejumlah cara untuk mengatasi sakit pinggang yang bisa kamu lakukan dengan mudah di rumah.

Hindari Berbaring Terlalu Lama

Banyak yang menganggap bahwa dengan berbaring di tempat tidur bisa mengurangi rasa sakit pinggang. Padahal, nyeri pinggang akan terasa sakit lebih intens jika terlalu lama menghabiskan waktu di tempat tidur.

Kamu harus tetap bergerak supaya otot tidak kaku. Namun, tetap berhati-hati saat ingin melakukan gerakan untuk membantu proses penyembuhan sakit pinggang.

Berdiri Sejenak

Jika kamu sering menghabiskan waktu dengan posisi duduk hingga berjam-jam saat bekerja, tips satu ini wajib kamu terapkan. Postur tubuh yang membungkuk di atas kursi bisa meningkatkan resiko sakit pinggang.

Oleh sebab itu, sempatkan waktu untuk berdiri sejenak setiap 20 menit dan lakukan peregangan tubuh. Kalau perlu, atur posisi duduk agar tidak perlu membungkuk ketika bekerja di depan komputer.

Regangkan Otot Paha Belakang

Otot paha bagian belakang yang tegang bisa menjadi faktor terjadinya sakit pinggang. Karenanya, peregangan otot paha belakang perlu kamu lakukan untuk mengobati sakit pinggang yang dirasa.

Namun, lakukan peregangan otot paha belakang secara perlahan demi mengurangi rasa sakit di pinggang. Kamu bisa menerapkan tips ini setidaknya sekali sehari.

Kompres Dingin dan Panas

Setelah cedera pinggang, sebaiknya gunakan kompres dingin, bukan panas. Ini bisa membantu meredakan rasa nyeri di pinggang dan mencegah pembengkakan.

Tetapi, sekitar 48 jam setelah nyeri, gunakan bantalan pemanas ke area yang nyeri untuk meredakan rasa sakit tersebut. Sensasi hangatnya dapat menenangkan dan mengendurkan otot yang menegang, serta membantu proses penyembuhan.

Baca Juga:  3 Cara Jitu Perawatan Tubuh Untuk Menjadi Sehat dan Awet Muda

Gunakan Krim Pereda Nyeri Punggung

Kini, ada banyak krim pereda nyeri yang bisa dicoba dan ampuh untuk mengobati sakit pinggang di rumah. Pilihlah krim yang memiliki kandungan capsaicin, bahan yang biasanya terdapat dalam cabai.

Pasalnya, krim yang mengandung capsaicin dinilai efektif untuk mengatasi nyeri osteoarthritis. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan krim yang mengandung menthol. Karena rasa sejuk dan dingin dari menthol bisa meredakan rasa nyeri pinggang sementara.

Melakukan Aktivitas Fisik

Olahraga bukan hanya bisa menjaga kekebalan tubuh, namun juga bisa membuat otot menjadi lebih lentur dan menurunkan resiko cedera. Maka dari itu, cara terbaik untuk mengobati sakit pinggang adalah dengan melakukan aktivitas fisik.

Kamu bisa melakukan olahraga minimal 20-30 menit. Jenis olahraga yang bisa kamu lakukan adalah latihan kekuatan, aerobik, dan fleksibilitas.

Olahraga juga harus difokuskan ke bagian punggung dan perut sebab kedua bagian itu menopang tulang belakang bagian bawah. Melakukan olahraga air seperti berenang juga menjadi aktivitas fisik yang ampuh untuk mengobati masalah sakit pinggang.

Berhenti Merokok

Seperti yang kita tahu bahwa merokok bisa merusak paru-paru. Tapi, ternyata merokok juga bisa memberikan tekanan pada punggung.

Ada sebuah penelitian yang diterbitkan oleh American Journal of Medicine, menunjukkan bahwa perokok dan mantan perokok lebih mudah mengalami sakit punggung dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah merokok. So, untuk mencegah terjadinya sakit punggung, sebaiknya kurangi atau berhenti merokok dari sekarang.

Baca Juga:  Cara Kembali Bugar Saat Sembuh Dari Sakit

Itu dia informasi seputar tips mengobati sakit pinggang yang bisa kami berikan untuk kalian. Semoga tips-tips tadi bisa bermanfaat bagi para pembaca semua.

Originally posted 2022-04-05 10:00:48.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google Berita.

Check Also

bibir lipstik

9 Cara Mengatasi Bibir Kering Yang Terbukti Ampuh Dan Alami

Linamasa.com – Bibir kering dan pecah-pecah terkadang cukup mengganggu bagi seseorang. Bibir kering serta pecah-pecah …