buah alpukat
Freepik/dashu83

Puasa Tetap Lancar, Berikut Sajian Menu Sahur Bagi Penderita Diabetes

Linamasa.com – Bulan suci Ramadhan selalu ditunggu – tunggu oleh setiap muslim. Tak hanya bisa meningkatkan keimanan, tetapi juga dari segi kesehatan. Namun, khusus untuk penderita Diabetes Melitus, harus memperhatikan baik – baik pola makan dan tak boleh sembarangan.

Selama menjalankan ibadah puasa, kadar gula dalam darah harus tetap bisa dikontrol dengan baik. Jangan sampai terlalu rendah maupun terlalu tinggi. Solusinya adalah dengan memilih menu yang tepat untuk dikonsumsi selama Ramadhan. Terutama pada menu sahur yang memang harus diperhatikan dan dipertimbangkan bagi penderita diabetes.

Kadar darah sangat rentan dan berpotensi naik, jika pola makan benar – benar tidak diperhatikan. Makanan yang mengandung gula tinggi, ada baiknya untuk dikonsumsi, baik itu saat sedang sahur maupun saat sedang buka puasa.

Rekomendasi Menu Sahur Bagi Anda Penderita Diabetes

1.Buah – Buahan

Buah – buahan juga mempunyai kandungan karbohidrat yang bisa dijadikan sebagai sumber energi. Pada umumnya, karbohidrat pada buah – buahan lebih tinggi jika dibandingkan dengan sayuran. Selain itu, kandungan nutrisi lain yang dibutuhkan oleh tubuh seperti serat, vitamin dan mineral bisa terpenuhi dari mengkonsumsi buah – buahan.

Beberapa buah yang direkomendasikan bagi penderita diabetes antara lain seperti pir, ceri, stroberi, alpukat, mangga, jeruk, kiwi, dan apel. Ada baiknya untuk menghindari jenis buah yang dikeringkan, karena memiliki rasa yang lebih manis jika dibandingkan dengan buah – buahan yang masih segar.

2.Nasi Merah

Nasi merah terbukti ampuh dalam menjaga hingga menurunkan kadar gula dalam darah karena mengandung serat yang tinggi. Jika dibandingkan dengan nasi putih biasa, nasi merah memiliki nutrisi dan juga indeks glikemik yang lebih baik.

Indeks glikemik merupakan tolok ukur yang cepat atau lambatnya suatu makanan dalam mempengaruhi kadar gula dalam darah. Indeks glikemik dari nasi putih mencapai 89, sedangkan nasi merah mencapai 50.

Agar lebih nikmat, nasi merah bisa dikonsumsi dengan sayur bayam, ayam, tahu dan pepes ikan. Ada baiknya selama Ramadhan tidak mengkonsumsi mie, nasi putih dan sereal yang memicu peningkatan kadar gula dalam darah.

3.Kurma

Seperti anjuran nabi Muhammad SAW, kurma menjadi sajian wajib saat Ramadhan. Kurma juga bisa dikonsumsi oleh para penderita diabetes sebagai menu sahur. Memang dari segi rasa sangat manis, namun itu alami. Dari hasil penelitian, indeks glikemik pada buah kurma terbukti sangat rendah, jadi sangat aman untuk dikonsumsi penderita diabetes.

[irp posts=”633″ name=”5 Khasiat Buah Pisang untuk Kesehatan dan Kecantikan, Kaya Nutrisi!”]

Meskipun diperbolehkan, tetap saja ya harus membatasi maksimal 3 buah saja. Indeks glikemik yang rendah jika dikonsumsi dalam jumlah banyak, tetap akan memberikan pengaruh pada peningkatan gula dalam darah.

Selanjutnya yang perlu diketahui adalah tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsi minuman manis setelah makan kurma.

4.Mengkonsumsi Makanan Berprotein

Protein sangat baik dalam membantu menjaga sistem imun, sumber energi hingga memperbaiki jaringan tubuh. Namun jika mengkonsumsi dalam jumlah berlebih, ternyata bisa memicu terjadinya kerusakan ginjal.

Ini pun berlaku pada penderita diabetes agar membatasi konsumsi protein agar kadar gula tetap aman. Beberapa makanan yang mengandung protein untuk menu sahur seperti susu rendah lemak, telur, makanan laut, dada ayam (tanpa kulit), kacang merah, kacang hitam, tahu, edamame hingga kacang polong.

[irp posts=”880″ name=”Atasi Berbagai Penyakit, Ini 8 Manfaat Buah Mahoni untuk Kesehatan!”]

Nah itulah beberapa menu sahur paling direkomendasikan untuk dikonsumsi selama Ramadhan bagi para penderita diabetes. Dengan mengatur pola makan dan mengimbanginya dengan olahraga rutin, gula darah pun akan cenderung dalam kondisi yang aman.

Originally posted 2022-04-03 14:00:33.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google Berita.

Check Also

Pantai Nglambor Yogyakarta

Menikmati Sensasi Snorkeling di Pantai Nglambor Yogyakarta

Linamasa.com – Pantai Nglambor merupakan salah satu pantai terasik untuk snorkeling. Lokasi pantai ini sangat …