buah mahoni
Wikipedia

Atasi Berbagai Penyakit, Ini 8 Manfaat Buah Mahoni untuk Kesehatan!

Linamasa.com – Pohon mahoni mempunyai bentuk kayu yang besar dan tinggi. Bagian kayunya sering digunakan sebagai bahan dasar furniture karena memiliki serat kayu yang halus dan daya tahan yang sangat stabil.

Namun, tidak hanya kayunya, ada banyak manfaat lain dari buah mahoni yang bisa kamu dapatkan. Berkat kandungan yang dimilikinya, buah mahoni sudah lama dipilih sebagai obat tradisional oleh banyak orang.

Buah mahoni dipercaya bisa digunakan untuk membantu mengatasi sejumlah masalah kesehatan sampai penyakit kronis. Kandungan senyawa yang terdapat dalam biji dan buah mahoni mempunyai sifat anti-peradangan, anti-kanker, anti-malaria, anti-mikroba, anti-diabetik, antioksidan, dan antitumor.

Tidak sampai disitu, biji mahoni juga mengandung berbagai nutrisi seperti protein, saponin, phytochemical, flavonoid, dan serat.

Dengan banyaknya kandungan nutrisi dan senyawa didalamnya, membuat buah mahoni dipercaya memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Berikut adalah manfaat buah mahoni yang perlu kamu ketahui.

Manfaat Buah Mahoni untuk Kesehatan

1. Mengobati Diabetes

Menerapkan pola makan yang tepat sebenarnya bisa membantu mengontrol gula darah dalam tubuh. Tetapi, kamu juga bisa mengkonsumsi buah mahoni karena dipercaya mempunyai manfaat yang serupa.

Kamu bisa mengandalkan ekstrak buah mahoni untuk obat herbal diabetes. Dalam jurnal Heliyon, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa buah mahoni memiliki anti diabetes seperti obat sintetis dan tidak menimbulkan efek toksik jika digunakan.

2. Mengatasi Malaria

Manfaat buah mahoni selanjutnya adalah bisa mengatasi penyakit malaria. Malaria sendiri merupakan penyakit infeksi parasit yang bisa menular lewat gigitan nyamuk.

Kandungan yang terdapat dalam biji dan buah mahoni terkenal bisa mengatasi penyakit malaria. Sebab kandungan senyawa buah mahoni memiliki sifat antimalaria.

3. Membunuh Sel Kanker

Ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa biji mahoni bisa membunuh sejumlah jenis sel kanker, seperti sel kanker payudara dan sel kanker kolorektal. Sehingga ekstrak biji mahoni diyakini memiliki khasiat untuk pengobatan kanker.

4. Menambah Nafsu Makan

Mengkonsumsi buah mahoni ternyata bisa membantu mengatasi selera makan yang berkurang bagi anak-anak maupun orang dewasa.

Pasalnya, buah mahoni memiliki khasiat yang bisa menambah nafsu makan, dan merangsang nafsu makan agar lebih meningkat bagi anak-anak yang sulit makan.

5. Melawan Infeksi

Manfaat buah mahoni lainnya yaitu mampu melawan infeksi. Senyawa yang terkandung di dalam buah mahoni bersifat antibakteri, antivirus, dan antijamur. Itulah kenapa buah mahoni bisa digunakan sebagai obat untuk melawan infeksi.

Baca Juga:  Ini 7 Manfaat Kunyit Asam Bagi Kesehatan, Bisa Redakan Nyeri Haid!

Menurut penelitian, hal ini dibuktikan berkat kemampuan biji mahoni dalam melawan pertumbuhan berbagai jamur dan bakteri penyebab penyakit, mulai dari yang mengakibatkan diare, pneumonia, sampai infeksi saluran kemih.

6. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Senyawa aktif yang dimiliki buah mahoni kaya akan antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas, sehingga bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
Senyawa ini juga dapat melindungi tubuh dari berbagai serangan virus dan bakteri. Jadi, dengan mengkonsumsi buah mahoni daya tahan tubuh kamu akan meningkat dan tidak mudah sakit.
7. Menurunkan Tekanan Darah

Salah satu khasiat buah mahoni yang sering digunakan sebagai obat herbal adalah untuk menurunkan tekanan darah bagi penderita hipertensi.

Hal ini dikarenakan buah mahoni mengandung flavonoid sebagai senyawa utama yang sudah terbukti mempunyai efek antihipertensi.

Bukan hanya itu, biji mahoni juga memiliki banyak kandungan kalium dan sedikit natrium. Dengan begitu, biji mahoni bisa membantu menjaga tekanan darah tetap normal.

Selain penderita hipertensi, manfaat ini juga bisa meningkatkan fungsi sistem saraf dan kardiovaskuler.

8. Mengatasi Nyeri Haid

Mengatasi rasa sakit saat haid bisa dilakukan dengan mengkonsumsi obat herbal dari buah mahoni. Mengkonsumsi buah mahoni pada awal siklus haid dipercaya bisa mengurangi rasa nyeri tersebut.

Demikian ulasan tentang manfaat buah mahoni bagi kesehatan yang sudah kita simak bersama diatas. Meski buah mahoni memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh, ada baiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter terkait konsumsi buah mahoni sebagai obat herbal tambahan untuk kondisi yang kamu alami.

Baca Juga:  Aneka Manfaat Kulit Manggis Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan manfaat buah mahoni dengan aman tanpa membuat pengobatan yang sedang kamu jalani terganggu.

Originally posted 2022-04-03 06:45:37.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google Berita.

Check Also

bibir lipstik

9 Cara Mengatasi Bibir Kering Yang Terbukti Ampuh Dan Alami

Linamasa.com – Bibir kering dan pecah-pecah terkadang cukup mengganggu bagi seseorang. Bibir kering serta pecah-pecah …