...
mobil suzuki ertiga hybrid
Suzuki Indomobil Sales

Harga Rp 300 Jutaan, Suzuki Indonesia Bersaing dengan Ertiga Hybrid

Linamasa.com – Pihak perusahaan otomotif raksasa Suzuki Indonesia telah mengumumkan jika mereka mulai melakukan proses produksi XL7 dan Ertiga yang mengusung teknologi hybrid di Indonesia. Menurut keterangan pihak Suzuki Indonesia, peluncuran mobil berteknologi hybrid tersebut akan segera dilakukan dalam waktu dekat yang dibanderol dengan harga Rp 300 jutaan.

“Saat ini, kami sudah mulai melakukan proses produksi untuk XL7 dan Ertiga Hybrid,” kata Soebronto Laras (Presiden Komisaris Indomobil Sukses Internasional) saat ditemui di gelaran acara bergengsi Indonesia International Motor Show Hybrid 2022 yang diselenggarakan pada hari Kamis, 31 Maret 2022 di Kemayoran, Jakarta Pusat.

Di beberapa mobil MPV dan juga Low SUV menerapkan teknologi yang mengutamakan keramahan lingkungan. Untuk merealisasikan teknologi ramah lingkungan tersebut, pihak Suzuki menggelontorkan dana investasi sebesar Rp 1,2 triliun.

Komitmen yang disampaikan oleh pihak Suzuki, sebelumnya juga telah diumumkan oleh Agus Gumiwang (Menteri Perindustrian). Namun Agus Gumiwang sempat mengungkapkan terkait dengan rencana produksi mobil Ertiga Hybrid yang akan mulai digarap tahun ini. Kemudian untuk versi XL7 berlanjut pada tahun depan.

Soebronto menjelaskan dengan mengadopsi teknologi hybrid di kedua jenis mobil tersebut, dianggap sebagai langkah yang tidak sulit untuk dilakukan. Alasannya adalah, jika dilihat dari segi platform tidak mempunyai terlalu banyak perbedaan.

Hanya saja dari segi teknologi yang diterapkan, jelas – jelas berbeda. Besar kemungkinan akan menggunakan produk luncuran tahun 2017 silam yakni Ertiga Mild Hybrid di Indonesia. Berdasarkan keterangannya lebih lanjut, akan memadukan dapur pacu bensin.

Lebih lanjut, Soebronto tidak memberikan rincian penjelasan mengenai teknologi hybrid yang disematkan pada Ertiga Hybrid terbaru dan juga versi XL 7.

Ertiga Diesel Hybrid

Pada tahun 2017 lalu, pihak Suzuki Indonesia pernah memasarkan jenis diesel hybrid dengan menerapkan konsep Mild Hybrid. Hanya saja, rentang waktu penjualannya tidak berlangsung lama dan berakhir pada bulan April 2018. Alasan utama penghentiannya adalah karena generasi kedua dari Ertiga mulai diluncurkan di Indonesia.

Untuk detail teknologi yang disematkan ialah Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS). Dimana teknologi ini menggunakan sistem kerja energi listrik dalam menunjang kinerja mesin secara keseluruhan. Sistem ini tidak bisa berjalan sepenuhnya menggunakan energi listrik saja, melainkan butuh dukungan langsung dari mesin diesel.

[irp posts=”818″ name=”Jakarta Autoweek, Sukses Jual Hingga Nyaris 6 Ribu Unit Mobil Baru”]

Komponen yang ada pada teknologi SHVS diketahui bernama Integrated Starter Generator yang mana mempunyai sistem kerja sebagai pengganti dari alternator mobil jenis konvensional. Teknologi SHVS juga sudah dilengkapi dengan keberadaan baterai Lithium Ion sebagai pendukung sistem kelistrikan.

Perkiraan Harga Jual Rp 300 Jutaan

Menurut keterangan yang diberikan oleh Soebronto, estimasi harga jual kendaraan tersebut sudah pasti akan di atas harga mobil konvensional pada umumnya. Soebronto pun memperkirakan harga jualnya berkisar di angka Rp 300 jutaan.

[irp posts=”174″ name=”4.000 Mobil Terbakar di Kapal Kargo, Volkswagen Rugi Rp 4,8 Triliun”]

Sedangkan untuk harga jual kendaraan Suzuki Ertiga versi konvensionalnya rata – rata adalah Rp 224,1 juta hingga Rp 269,8 juta dan untuk jenis Sport dipasarkan mulai Rp 269,6 juta hingga Rp 280,1 juta. Sedangkan untuk Suzuki XL7 dipasarkan mulai dari Rp 251,8 juta hingga Rp 290,1 juta dan untuk jenis XL7 Alpha FF dipasarkan mulai Rp 294,2 juta hingga Rp 305,2 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google Berita.

Check Also

Surat suara Pemilu 2024

Pemilu 2024 Semakin Dekat, Ini 5 Warna Surat Suara Pemilu 2024

Linamasa.com – Ada hal yang perlu diperhatikan secara khusus dalam proses pemilihan ini, yaitu penggunaan …