...
jerawat pada pria
Freepik

4 Cara Mengobati Jerawat Batu dengan Bahan Alami

Linamasa.com – Jerawat, siapa yang tidak kenal penyakit kulit yang satu ini. Jerawat memang menjadi masalah utama yang selalu dihadapi manusia karena berkaitan dengan kecantikan dan penampilan seseorang. Sebab, dengan adanya jerawat membuat kesempurnaan penampilan kita menjadi terganggu.

Berbicara Jerawat, kita sering mengenal jerawat batu atau dalam bahasa latin dikenal dengan Cystic Acne. Cystic Acne adalah jerawat yang memiliki ukuran yang lebih besar dari pada jerawat biasa pada umumnya. Hal tersebut dikarenakan peradangan yang lebih hebat.

Seperti namanya, Jerawat batu cenderung memiliki bentuk yang lebih keras dan lebih sakit jika disentuh. Untuk Anda yang menderita jerawat batu, berikut ini ada beberapa cara alami yang bisa Anda lakukan untuk mengobatinya. Mari kita simak bersama sama.

Penyebab Jerawat Batu

1. Keturunan

Faktor keturunan dapat menjadi salah satu sebab utama bagi penderita jerawat batu. Adanya gen dari ayah atau ibu yang dulunya memiliki riwayat menderita jerawat batu dikhawatirkan akan membawa bibit jerawat batu yang dapat menurun pada generasi selanjutnya

2. Tumbuh Sel Kulit Tidak Normal

Lambatnya kulit dalam beregenerasi juga dapat menyebabkan timbulnya jerawat – jerawat baru. Sel sel kulit yang sudah mati jika tidak cepat tumbuh dan beregenerasi dalam waktu tidak seperti biasanya akan menjadi ladang yang subur bagi jerawat untuk tumbuh dan muncul.

Baca juga artikel mengenai Jerawat punggung di sini.

3. Sensitivitas Kulit

Jenis kulit pada setiap orang berbeda, jenis kulit yang memang sensitif terhadap peradangan sangat rentan untuk terkena jerawat batu. Apabila sedikit saja terkena kotoran atau salah dan tidak cocok dalam memakai produk kecantikan, maka akan langsung tumbuh jerawat batu yang mengganggu dan tentunya menyebalkan karena dapat mengganggu penampilan anda.

Cara mengobati Jerawat Batu

Tanaman Mahkota Dewa

Tanaman mahkota dewa ini memiliki khasiat untuk mengobati peradangan kulit yang disebabkan oleh jerawat batu. Caranya adalah siapkan buah mahkota dewa beserta daun-daunnya.

Kemudian tumbuk menjadi satu sampai halus. Setelah halus, kemudian tempelkan pada kulit yang berjerawat. Lakukanlah secara teratur.

Daun Sidaguri

Daun sidaguri memiliki khasiat yang sangat efektif dalam menghilangkan jerawat batu. Caranya cukup sederhana, Anda hanya perlu ambil beberapa helai daun sidaguri kemudian tambahkan dengan daun mahkota dewa.

Rebuslah dedaunan tersebut dengan 2 gelas air. Kemudian gunakan uap rebusan tadi untuk dioleskan pada area kulit yang berjerawat. Lakukan secara teratur setiap hari agar jerawat cepat hilang

Mengkudu

Mengkudu merupakan buah yang memiliki manfaat yang sangat banyak dan salah satunya adalah untuk mengobati penyakit jerawat. Mengkonsumsi jus mengkudu secara teratur dapat menghilangkan segala jenis jerawat.

Caranya adalah dengan memblender buah mengkudu kemudian dicampurkan dengan gula batu. Minum secara teratur untuk hasil yang lebih maksimal

Bawang Putih

Siapa sangka bumbu dapur yang satu ini dapat mengobati jerawat. Ya, caranya adalah dengan menumbuk bawang putih sampai halus untuk kemudian di oleskan ke bagian yang terkena jerawat.

Bawang putih ini akan mengeringkan jerawat sebelum terjadi peradangan. Lakukan lah selama 3 hari berturut turut

Nah, beberapa cara di atas bisa dilakukan untuk menghilangkan jerawat batu yang sedang Anda hadapi. Anda hanya perlu melakukannya secara rutin untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google Berita.

About Redaksi

Check Also

sakit pinggang

Penyakit pada Tulang Belakang Bengkok, Skoliosis

Linamasa.com – Skoliosis merupakan salah satu kelainan pada tulang belakang. Penyakit skoliosis ditandai dengan munculnya …