kunyit
Freepik/wirestock

Ini 7 Manfaat Kunyit Asam Bagi Kesehatan, Bisa Redakan Nyeri Haid!

Linamasa.com – Kunyit asam adalah ramuan tradisional atau jamu yang diracik dengan dua jenis rempah, yaitu asam jawa dan kunyit. Sejak dulu kunyit asam dikenal sebagai minuman yang mempunyai berbagai khasiat yang baik bagi kesehatan tubuh.

Jamu kunyit asam sendiri sudah lama dipercaya sebagai minuman yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh tanpa memberikan efek samping berlebihan.

Bahkan, berkat kandungan yang dimiliki kunyit dan asam jawa, minuman kunyit asam mampu mengobati berbagai penyakit. Ingin tahu apa saja manfaat kunyit asam bagi kesehatan? Simak ulasannya berikut ini!

Meredakan Nyeri Akibat Haid

Kunyit asam sudah lama menjadi salah satu obat rahasia wanita dalam meredakan nyeri akibat haid. Manfaat kunyit asam bisa dirasakan karena terdapat kandungan kurkumin di dalam kunyit.

Fungsi kurkumin sendiri yaitu bisa menahan produksi hormon yang dapat memicu peradangan dan rasa nyeri. Dengan begitu, kontraksi rahim pun bisa mereda dan menurunkan rasa nyeri haid.

Meringankan Peradangan

Berkat kandungan kurkumin di dalamnya, kunyit mempunyai efek anti radang yang bisa mengurangi peradangan dan nyeri penyebab penyakit tertentu.

Seperti penyakit autoimun dan radang sendi. Namun, efek samping dan efektivitas pemakain kunyit sebagai obat untuk peradangan masih perlu diteliti lebih lanjut.

Mencegah dan Menurunkan Resiko Kanker

Di dalam kunyit terdapat kandungan kurkumin yang mempunyai khasiat untuk mencegah penyakit kanker. Selain itu, kurkumin juga berguna sebagai antioksidan dan anti peradangan, sehingga bisa mencegah resiko mutasi sel kanker pada tubuh.

Mengurangi Kadar Gula Darah

Kunyit asam mampu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Sehingga kamu bisa terhindar dari resiko obesitas dan kelebihan berat badan yang drastis.

Tidak hanya itu, kunyit juga mempunyai enzim alpha-amilase yang bisa menghentikan penyerapan karbohidrat. Maka dari itu, kunyit asam sering disarankan bagi penderita diabetes.

Mengurangi Kolesterol

Sejumlah studi mengungkapkan bahwa orang yang mengkonsumsi kunyit atau suplemen kurkumin secara rutin akan membuat kadar kolesterol jahat menurun.

Hal ini sangat bagus untuk mencegah penyakit jantung dan mengurangi kadar kolesterol bagi orang yang mempunyai kolesterol tinggi.

Baca Juga:  Aneka Manfaat Kulit Manggis Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi kunyit asam dengan teratur.

Pasalnya, kunyit asam mempunyai kandungan anti peradangan dan anti bakteri. Sehingga secara tidak langsung, minuman herbal ini juga bisa membantu meningkatkan imun tubuh dalam melawan penyakit

Membuat Kulit Wajah Lebih Cerah dan Sehat

Untuk mendapatkan kulit wajah yang lebih cerah dan sehat, kamu bisa mendapatkannya dengan rutin mengkonsumsi kunyit asam. Khasiat ini bisa kamu dapatkan sebab adanya pengaruh vitamin C dan antioksidan yang dimiliki kunyit asam. Masalah kulit kusam pun bisa kamu atasi dengan rutin mengkonsumsi kunyit asam.

Mengatasi Jerawat Pada Wajah

Masalah jerawat di wajah memang sering dialami oleh banyak orang. Apalagi, perempuan biasanya akan timbul jerawat hormonal di wajah saat menjelang masa haid.

Namun, semua itu dapat diatasi dengan mengkonsumsi kunyit asam secara teratur. Minuman kunyit asam bisa membantu meredakan peradangan dan mencegah jerawat timbul karena memiliki kandungan vitamin C dan A di dalamnya.

Baca Juga:  5 Khasiat Buah Pisang untuk Kesehatan, Kaya Nutrisi!

Ternyata selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh, kunyit asam juga memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan wajah. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua!

Originally posted 2022-03-28 10:00:25.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google Berita.

Check Also

bibir lipstik

9 Cara Mengatasi Bibir Kering Yang Terbukti Ampuh Dan Alami

Linamasa.com – Bibir kering dan pecah-pecah terkadang cukup mengganggu bagi seseorang. Bibir kering serta pecah-pecah …