penyakit kulit Psoriasis
Hellosehat

Ketahui Gejala, Penyebab dan Pengobatan Psoriasis

Linamasa.com – Psoriasis adalah penyakit umum, kondisi kronis di mana kulit mengembangkan merah, gatal dan kulit tebal, sisik keperakan. Autoimunitas diduga sebagai masalah inti dan perjalanan penyakit yang biasanya melibatkan periode rasa terbakar dan gejala bergantian dengan periode remisi.

Psoriasis dapat berkembang menjadi parah serta menjengkelkan untuk diatasi. Dan pada kesempatan kali ini kita akan coba mengulas lebih jauh mengenai penyakit ini, serta bagaimana cara penanganan dan pengobatan Psoriasis.

Gejala Psoriasis

Ciri dari psoriasis adalah munculnya satu atau lebih potongan kulit tebal pada siku, lutut atau punggung. Pada bagian-bagian ini umumnya tidak menyebabkan rasa sakit, tetapi mereka mudah terlihat dan sering mempengaruhi penampilan.

Korban psikologis bisa sangat parah, dengan interaksi sosial terganggu dan masalah citra diri yang sering menyertai penyakit ini.

Ada lima jenis utama psoriasis, masing-masing memiliki gejala yang spesifik :

  • Eritroderma: intens merah, mengupas ruam yang meliputi area luas dari tubuh
  • Guttate: kecil, luka merah muda kemerahan atau bintik-bintik pada badan, lengan, kaki, dan / atau kulit kepala
  • Inverse: halus bercak kemerahan dan iritasi pada kulit ketiak dan selangkangan
  • Plak: tebal, bercak merah pada kulit ditutupi dengan kulit putih keperakan; ini adalah bentuk paling umum dari psoriasis
  • Pustular: lecet dikelilingi oleh kulit yang teriritasi; juga dapat menyebabkan demam, menggigil dan kelelahan.

Psoriasis juga dapat menyebabkan psoriasis arthritis, yang menghasilkan komplikasi, kuku berubah warna dan bengkak, nyeri sendi.

Faktor Penyebab Psoriasis

Psoriasis dianggap oleh banyak untuk menjadi gangguan autoimun di mana sel-sel kekebalan tubuh menyerang sel-sel kulit normal. Sel-sel yang ditargetkan terbentuk dan tumbuh di bawah kulit, dan biasanya naik ke permukaan kulit selama satu bulan.

Pada psoriasis, laju pertumbuhan sel-sel baru yang dipercepat, sehingga sel-sel kulit mati membangun pada permukaan kulit. Penyebab pasti dari penyakit ini belum diketahui, tetapi mungkin termasuk kombinasi genetika dan lingkungan.

Faktor-faktor tertentu tampaknya memicu psoriasis :

  • Infeksi, seperti sakit tenggorokan
  • Cedera, seperti terbakar sinar matahari, luka, atau goresan
  • Udara kering atau dingin
  • Stress
  • Kurangnya sinar matahari
  • Merokok
  • Konsumsi alkohol berat
  • Obat-obat tertentu, seperti lithium, beta blocker, dan obat anti malaria

Psoriasis biasanya diderita oleh mereka yang berusia 10 sampai 40, dan paling sering terjadi pada orang dengan penyakit dalam riwayat keluarganya. BAgi penderita HIV / AIDS dan anak-anak dengan infeksi berulang seperti radang tenggorokan memiliki resiko yang lebih tinggi. Kelebihan berat badan meningkatkan kemungkinan mengembangkan psoriasis inverse.

Dokter seringkali dapat mendiagnosis psoriasis dengan melakukan pemeriksaan fisik dan riwayat kesehatan. Dalam beberapa kasus, dokter mungkin mengambil sampel kulit kecil (biopsi) untuk menyingkirkan kondisi yang sama seperti eksim.

Pengobatan Psoriasis

Tujuan pengobatan konvensional untuk psoriasis adalah untuk mengontrol gejala dan mencegah komplikasi. Perawatan tergantung pada keparahan kondisi dan Diantaranya:

  • Obat Topikal. Selain pelembab, berbagai krim dan salep dapat digunakan untuk mengobati psoriasis ringan sampai sedang atau dikombinasikan dengan obat oral atau terapi cahaya untuk psoriasis yang lebih parah. Pilihan topikal diantaranya adalah analog vitamin D, steroid, tar batubara serta retinoid topikal.
  • Obat-Obatan Oral. Obat oral yang digunakan untuk mengobati psoriasis berat atau keras kepala termasuk retinoid, siklosporin, metotreksat, hidroxiurea, dan immunomodulators lainnya.Terapi cahaya. Alam dan buatan cahaya, termasuk cahaya ultraviolet, dapat digunakan untuk mengobati psoriasis. Terapi terbaru yang dikembangkan menggunakan ultraviolet B, yang efektif tanpa harus mengambil obat yang meningkatkan sensitivitas terhadap sinar matahari.

Hal-Hal Yang Perlu Dilakukan Jika Anda Menderita Psoriasis :

  • Mengubah pola makan: Ikuti diet anti-inflamasi, pastikan untuk mendapatkan banyak buah-buahan dan sayuran segar, terutama yang kaya akan karotenoid (mangga, jagung, ubi jalar, wortel dan labu, serta sayuran hijau dan tomat).
  • Olahraga: Kegiatan fisik yang dilakukan secara teratur dapat membantu.
  • Olah Pikiran / tubuh: Pelajari latihan pernapasan, yoga atau visualisasi, atau membuat jurnal rekaman pengalaman, perasaan, dan gejala kulit. Karena kulit sangat responsif terhadap sugesti hipnotis, hipnoterapi pasti perlu ditelusuri.

Demikianlah tadi ulasan kita tentang cara penanganan dan pengobatan Psoriasis. Semoga informasi tadi bisa menambah referensi dan wawasan kita, jangan lupa untuk selalu mendiskusikannya dengan dokter. Semoga bermanfaat.

Originally posted 2022-03-22 06:00:51.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google Berita.

Check Also

pegang kaki

7 Obat Asam Urat yang Efektif Redakan Nyeri Sendi, Cek Rekomendasinya!

Linamasa.com – Asam urat adalah penyakit radang pada sendi yang sering terjadi di lutut, telapak …