...
Realme 2C1Y
Realme

Review Smartphone Realme C21Y Bagian 2

Linamasa.com – Software Realme C21Y sudah Android 11 dengan Realme UI R Edition. Realme UI versi sederhana dengan tampilan yang hampir mirip Android Stock atau Android murni. Karena sangat sederhana, beberapa fitur ekstra seperti Screen Recording dan Dual Messenger tidak di temukan disini. Keunggulannya smartphone jadi lebih enteng dan memory tidak terbebani.

Kameranya cukup bagus untuk smartphone kelas entry level. Di bagian belakang ada triple kamera dimana kamera utamanya 13MP hasilnya sudah bagus selama diambil pada kondisi pencahayaan cukup. Untuk sekadar foto pemandangan, kameranya sudah mencukupi saat diambil pada kondisi cahaya yang cukup terang. baru terasa pada malam hari apalagi di smartphone ini tidak disediakan Mode Malam.

Sementara kamera depan 5MP untuk sekadar foto selfie, selama diambil pada kondisi cahaya yang memadai. Resolusi maksimal Full HD atau 1080p di 30fps. Tidak ada stabilizer seperti pada smartphone entry-level pada umumnya sehingga kurang stabil ketika dipakai merekam sambil berjalan. Kamera depannya juga sudah cukup proper untuk kebutuhan video conference. Resolusinya sudah bisa support sampai High Definition atau HD.

Hanya saja untuk kebutuhan belajar online smartphone ini memang lebih terpakai saat on face di video conference semacam Zoom meeting. Sudah support High Definition hasilnya relatif lebih tajam dibanding on face memakai kamera bawaan di laptop yang rata-rata kualitasnya tidak begitu bagus.

Dengan kapasitas baterai 5000 mAh Realme C21Y sanggup tahan sampai 1 hari penuh. Beberapa aplikasi video streaming, seperti YouTube, Netflix dan juga Zenius bahkan Pahamify. Total bisa didapatkan Screen On Time sekitar 11 hingga 12 jam. Baterainya tergolong awet apalagi untuk media belajar online yang kebanyakan membutuhkan akses internet. Sementara untuk proses pengisian daya tidak bisa dibilang cepat. Karena charger bawaan hanya dibekali 10W.

Mengisi daya selama sekitar 1 jam dari 10%, baterai terisi 52%. Butuh waktu sekitar 3 jam dan 6 menit untuk mengisi daya hingga 100 persen.

[irp posts=”518″ name=”Review Lengkap Realme C21Y”]

Walaupun terbatasnya fitur kamera untuk keperluan belajar online tapi SoC cukup kencang di gadget harga Rp 2 jutaan. Jelas menjadi pertimbangan yang menarik mengingat tidak banyak smartphone entry-level yang performa sekencang ini. Tak hanya itu saja, fingerprint scanner plus Face Unlock yang cepat. Untuk keamanan smartphone juga menjadi faktor lain, kenapa Realme C21Y sangat direkomendasikan pada harganya sekarang.

Itulah review lengkap smartphone entry level Realme C21Y. Semoga ulasan ini dapat membantu para pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google Berita.

Check Also

Handphone

Fakta dan Mitos tentang Pengisian Daya Baterai Handphone

Linamasa.com – Di artikel kali ini akan membahas tentang baterai dan charger handphone. Topik ini …