pulau samalona
Instagram/samalonaisland

3 Hal Menarik Dari Eksotisnya Pulau Samalona Sulawesi Selatan

Linamasa.com – Ada wisata alam menarik di Indonesia bagian timur, tepatnya di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Jika selama ini kota tersebut terkenal akan keindahan Pulau Losari, ternyata ada satu tempat tersembunyi yang belum banyak orang tahu. Coba tebak, apa nama tempatnya?. Pulau Samalona mungkin masih asing di telinga masyarakat Indonesia.

Pulau kecil ini terletak di Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar. Luasnya diperkirakan sekitar 2 hektar lebih. Untuk menuju area pulau, wisatawan harus menempuh perjalanan selama 30 menit dengan menggunakan perahu motor. Harga sewanya sendiri bervariasi, tergantung kesepakatan antara pemilik dengan si penyewa. Biasanya harga yang ditawarkan Rp 50.000 atau lebih untuk pribadi. Kalau menyewa secara berkelompok, tentu harganya beda lagi.

Karena jarang terjamah oleh tangan manusia, kondisi alamnya masih benar-benar asri. Airnya saja sangat jernih sekali, sampai-sampai keindahan terumbu karang di bawah lautnya bisa dilihat secara jelas dengan mata telanjang. Bukan hanya itu saja, warna pasirnya berbeda dari pantai-pantai lainnya. Di Pulau Samalona, pasirnya berwarna putih bersih dan belum tercemar oleh limbah apa pun.

Meskipun ukurannya tidak luas, tetapi fasilitas yang disediakan sangat lengkap. Mulai dari penginapan, fasilitas snorkling, kedai, tempat berjemur, toilet, musala, dan masih banyak lagi. Alangkah baiknya mengunjungi Pulau Samalona pas cuaca sedang cerah-cerahnya. Dengan begitu perjalanan tidak akan terhambat oleh gelombang air laut. Ada banyak hal menarik yang bisa wisatawan jumpai di Pulai Samalona. Daripada berlama-lama, ini dia 3 Hal Menarik Dari Eksotisnya Pulau Samalona Sulawesi Selatan.

1. Kelembutan Pasir Putihnya

Duduk bersantai di tepi pantai sambil memandangi keindahan langit biru dengan suasana yang tenang tanpa adanya hiruk pikuk adalah hal menarik pertama yang ditawarkan oleh Pulau Samalona. Bagi orang-orang yang sedang merasa stres, tempat ini sangat cocok untuk menenangkan diri.

Baca Juga:  Resep Semur Ayam Paling Nikmat dengan Beragam Rempah

Uniknya lagi, saat kaki menyentuh hamparan pasir putihnya, sensasinya sangat berbeda dengan pasir yang ada di pantai lainnya. Rasanya itu sangat lembut sehalus sutera. Para wisatawan pun bebas berjemur di tepi pantai sembari menikmati hembusan semilir angin yang meniup dedaunan pohon kelapa.

2. Kekayaan Bawah Laut yang Sangat Melimpah

Hal menarik berikutnya berupa kekayaan bawah laut yang sangat melimpah ruah. Di sini berjejer-jejer ribuan terumbu karang yang merupakan rumah bagi berbagai macam jenis ikan. Jikalau ingin menikmati keindahan bawah laut, wisatawan dapat menyewa alat-alat snorkling dengan kisaran harga Rp 50.000 – Rp 100.000.

Melansir dari beberapa sumber, katanya di bawah laut tersimpan banyak kapal perang milik penjajah Jepang yang digunakan semasa perang dunia II. Kurang lebih ada sekitar tujuh bangkai kapal yang tenggelam di Pulau Samalona. Bila ingin melihatnya dalam jarak dekat, tentunya harus menyelam ke dasar laut yang agak dalam.

3. Kemiripan Wajah Penduduk Samalona

Keunikan lainnya yang dimiliki oleh Pulau Samalona adalah kemiripan wajah penduduknya. Konon katanya, mereka terlahir dari satu keturunan yang sama, makanya wajah dan fisiknya hampir terlihat sama. Penduduk di sini itu kebanyakan berprofesi sebagai pengurus tempat wisata. Ada yang berjualan souvenir, makanan, minuman, dan lain-lain.

Kebanyakan tempat-tempat penginapan di pulau itu adalah rumah milik warga yang disewakan kepada turis asing. Mereka juga terkenal ramah dengan turis asing. Hal itulah yang membuat para wisatawan merasa seperti di rumah sendiri. Jumlah penduduk yang menetap di Pulau Samalona tidaklah banyak. Perkiraan hanya sekitar 82 juta jiwa yang tinggal di sana.

Itulah beberapa cerita singkat mengenai 3 hal menarik dari eksotisnya Pulau Samalona Sulawesi Selatan. Tidak ada salahnya memasukkan tempat wisata ini dalam booked list perjalanan wisata akhir tahun. Tapi ingat, selalu jaga kebersihan dan taati semua peraturan yang ada di tempat wisata. Supaya perjalanan menjadi aman, nyaman, dan lancar.

Baca Juga:  Keindahan Pantai Carocok di Painan Sumatera Barat

Originally posted 2022-03-15 06:00:41.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google Berita.

Check Also

jagung bose

Liburan Ke Labuan Bajo, Deretan Kuliner Ini Tak Boleh Terlewatkan

Linamasa.com – Membahas soal tempat wisata menarik, tanah air merupakan surganya tempat wisata yang tak …