sepeda motor
Pexels/Sourav Mishra

Peluang Usaha Jual Beli Motor Bekas, Potensi Bisnis yang Yahud!

Linamasa.com – Jual beli motor bekas mempunyai potensi bisnis yang cukup menjanjikan bagi Anda. Akan tetapi tentu membutuhkan pemikiran yang matang dan perjuangan dalam merintis usaha ini. Peluang bisnis jual beli motor bekas ini dapat dikatakan bagus untuk dimanfaatkan karena memang dunia otomotif tidak ada habisnya untuk dicintai semua kalangan.

Peluang bisnis jual beli motor bekas pertama dapat dilihat dari harga motor yang relatif lebih murah jika dibandingkan dengan mobil dan itulah sebabnya peluang usaha jual beli motor bekas bersifat potensial. Dengan harga terjangkau tersebut, jumlah penjualan pun akan lebih besar. Walaupun motor bekas, namun tidak mengurungkan niat konsumen jika kualitas dari motor tersebut tetap terjaga.

Hambatan yang biasa muncul dalam menjalankan bisnis ini adalah berkaitan dengan besarnya modal yang harus disediakan. Akan tetapi, permasalahan tersebut dapat teratasi dengan meminjam modal terlebih dahulu. Jika Anda menjalankan usaha dengan sungguh-sungguh, modal yang dikeluarkan pun akan kembali bahkan mendapatkan keuntungan yang tidak sedikit. Dengan demikian, peluang bisnis jual beli motor bekas pun semakin terbuka lebar untuk Anda lakukan.

Dalam memulai usaha jual beli motor bekas, terdapat beberapa hal yang harus disiapkan dan juga diperhatikan oleh pengusaha yang ingin menggeluti usaha ini. Hal-hal yang dimaksud adalah sebagai berikut.

Memerhatikan Besaran Modal Yang Dibutuhkan Untuk Memulai Usaha Jual Beli Motor Bekas

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam usaha jual beli motor bekas adalah penyediaan modal yang dibutuhkan.

Dalam hal ini Anda harus melakukan analisis usaha yang berkaitan dengan modal awal, yang mana untuk ukuran showroom kecil setidaknya membutuhkan modal sebanyak Rp200.000.000,00. Modal awal juga harus dialokasikan untuk biaya operasional seperti penyediaan tenaga kerja, biaya listrik dan biaya cadangan.

Menyediakan Ruangan Sebagai Showroom Jual Beli Motor Bekas

Berkaitan dengan point sebelumnya, hal kedua yang harus diperhatikan dalam menjalankan usaha jual beli motor bekas adalah penyediaan ruang showroom tersebut. Dalam pelaksanaan usaha jual beli motor bekas ini, ruang showroom merupakan hal yang sangat penting untuk disediakan.
Hal ini dikarenakan showroom merupakan tempat memamerkan berbagai jenis motor bekas dan tempat bagi konsumen untuk menilai kendaraan tersebut. Showroom yang baik harus mempunyai kelayakan seperti strategis dan bersih.

Menyediakan Stok Kendaraan

Terakhir, hal yang harus disediakan dalam bisnis jual beli motor bekas adalah stok kendaraan yang ada di showroom. Stok kendaraan haruslah memenuhi permintaan para konsumen. Semakin banyaknya peminat motor bekas yang Anda sediakan, semakin banyak pula keuntungan yang Anda dapatkan.

Kesempatan memperbesar usaha pun akan terbuka lebar untuk Anda. Jadi dalam hal ini, Anda harus pintar dalam membaca peluang. Setelah memahami mengenai analisa usaha dan hal-hal apa saja yang harus Anda lakukan dalam menerapkan usaha jual beli motor bekas, selanjutnya Anda perlu menerapkan strategi usaha yang tepat agar usaha Anda berjalan lancar dan maju.

Menarik Minat Konsumen

Dalam memanfaatkan peluang usaha jual beli motor bekas, hal yang dapat dilakukan untuk menarik minat konsumen adalah dengan melakukan promosi penjualan melalui media online. Selain itu, Anda juga dapat memasang papan nama di depan showroom yang dapat memikat para konsumen.

Memasang Harga yang Miring

Maksudnya di sini adalah Anda harus memperhatikan harga yang akan diberikan untuk penjualan. Jika Anda memberikan harga yang miring, dalam artian murah tentunya akan lebih menarik perhatian konsumen.

Pemberitahuan harga miring ini pun dapat Anda pasang juga di depan showroom. Langkah ini tergolong ampuh untuk menciptakan citra kendaraan dengan harga yang murah dan menambah peluang penjualan motor bekas.

Melibatkan Peran Koperasi Pegawai

Strategi ketiga dalam memanfaatkan peluang bisnis jual beli motor bekas adalah melakukan penjualan dengan melibatkan peran koperasi pegawai. Langkah ini dapat dikatakan jitu untuk melakukan penjualan dengan cepat. Akhir kata, segera manfaatkan peluang usaha jual beli motor bekas dan raih kesuksesan usaha Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google Berita.

Check Also

Martabak-Manis

Peluang Usaha Berjualan Terang Bulan Mini

Linamasa.com – Martabak manis atau kue terang bulan memang sudah lama dkenal serta digemari oleh …