...
Cryptarithm
Source: popmama

Ini Dia Pengertian, Sejarah dan Cara Mengerjakan Cryptarithm

Linamasa.com – Cryptarithm Game menjadi tantangan yang dihadapi oleh Tim Sandy vs Tim Jessica di Ruangguru Clash of Champions episode keempat.

Tanpa ampun, Sandy membabat habis tim Jessica tanpa memberikan kesempatan untuk melawan. Jadi, apa sebenarnya Cryptarithm Game itu?

Melansir berbagai sumber, inilah serba-serbi Cryptarithm Game!

Pengertian Cryptarithm

Cryptarithm adalah sebuah teka-teki matematika di mana setiap angka digantikan dengan huruf.

Dalam game ini, setiap huruf mewakili satu angka yang berbeda. Tujuan dari teka-teki ini adalah untuk mencari angka yang sesuai dengan setiap huruf sehingga operasi matematika yang diberikan dapat diselesaikan dengan benar.

Operasi matematika yang dapat digunakan dalam game ini meliputi penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, akar, dan lain-lain.

Cryptarithm sering kali digunakan sebagai permainan teka-teki atau sebagai tantangan dalam kompetisi matematika.

Sejarah Cryptarithm

Cryptarithm pertama kali muncul di Amerika Serikat pada tahun 1864, meskipun ada bukti yang menunjukkan bahwa jenis teka-teki ini telah ditemukan jauh sebelumnya, terutama di Tiongkok Kuno.

Cryptarithm asli dari Tiongkok sebagian besar adalah tipe Hindu. Soal ini menjadi viral baru-baru ini setelah muncul dalam acara Clash of Champions yang diselenggarakan oleh Ruangguru pada tahun 2024.

Dalam acara tersebut, tim-tim peserta berkompetisi dalam memecahkan teka-teki ini untuk meraih poin kemenangan.

Dalam cryptarithm, soal-soal yang muncul berupa perhitungan matematika dengan menggunakan huruf dan angka.

Peserta harus mencari solusi yang tepat dengan menggantikan huruf-huruf dengan angka-angka yang sesuai.

Cryptarithm menarik karena menggabungkan elemen logika, matematika, dan kreativitas.

Manfaat dan Tantangan

Cryptarithm dapat menjadi tantangan yang menarik dan melatih kemampuan pemecahan masalah serta berpikir kritis.

Selain itu, memecahkan cryptarithm juga dapat meningkatkan pemahaman tentang operasi matematika dan hubungan antara angka-angka.

Waktu untuk Menyelesaikan

Waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan game ini dapat bervariasi tergantung pada tingkat kesulitan soal, kemampuan pemecahan masalah individu, dan pengalaman dalam memecahkan jenis teka-teki ini.

Beberapa orang mungkin dapat menyelesaikan soal ini dengan cepat, sementara yang lain mungkin membutuhkan waktu lebih lama.

Di acara Clash of Champions yang diselenggarakan oleh Ruangguru, beberapa peserta seperti Axel, Hanif, dan Yesaya telah menunjukkan kemampuan luar biasa dalam memecahkan soal tersebut dengan cepat.

Cara Mengerjakan

Identifikasi huruf

Catat semua huruf yang muncul dalam persamaan. Ini adalah huruf-huruf yang perlu Anda temukan nilainya.

Pencocokan angka

Cobalah untuk memasangkan setiap huruf dengan angka dari 0 sampai 9. Pastikan tidak ada angka yang digunakan lebih dari sekali.

Periksa keabsahan

Periksa apakah angka-angka yang kamu pasangkan menghasilkan operasi aritmatika yang valid (sesuai dengan operasi yang digunakan dalam persamaan, misalnya penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan lain-lain).

Koreksi dan ulangi

Jika pencocokan awal tidak menghasilkan solusi yang valid, cobalah kembali dengan memasangkan angka yang berbeda ke huruf-huruf tersebut.

Lakukan proses ini hingga kamu menemukan kombinasi angka yang menghasilkan persamaan aritmatika yang benar.

Nah, itu dia tentang game ini yang jadi salah satu tantangan di Clash of Champions. Semoga informasi ini bermanfaat dan menambah wawasanmu tentang game ini!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google Berita.

About Nuriyah Nofasari

Check Also

Unair

Kamu Ingin Masuk Kedokteran UNAIR? Ini Biaya Pendidikan Jalur Mandirinya!

Linamasa.com – Universitas Airlangga (Unair) telah mengumumkan rincian biaya pendidikan untuk program sarjana (S1) bagi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *