...
Android

Tips Android: 7 Trik Fitur Rahasia Android Tersembunyi yang Wajib Kalian Coba!

Linamasa.com – Sekarang ini, teknologi semakin berkembang pesat, termasuk smartphone Android yang memiliki berbagai kelebihan dan kecanggihan.

Namun, tahukah kalian bahwa smartphone Android yang kalian gunakan memiliki sejumlah fitur tersembunyi yang keren dan bermanfaat?

Maka dari itu, di artikel kali ini akan membahas 7 fitur rahasia di Android yang mungkin belum kalian ketahui. Berikut 7 fitur rahasia yang ada di android.

  1. Menulis dengan “OK Google”

Cara pertama untuk menggunakan fitur ini adalah masuk ke Google Chrome, kemudian ketik google.com. Selanjutnya, klik ikon pengaturan di pojok kiri bawah dan pilih “Setelan Penelusuran”. Gulir ke bawah hingga menemukan bagian “Tulis Tangan” dan aktifkan fitur ini. Dengan fitur ini, kalian bisa menulis di layar ponsel tanpa mengetik, cukup dengan mencoret-coret di layar.

  1. Gerakan Cerdas

Untuk mengaktifkan fitur ini, masuk ke pengaturan atau setelan ponsel kalian. Cari bagian “Gerakan Cerdas” dan aktifkan fitur yang diinginkan. Misalnya, aktifkan gerakan huruf “W” untuk membuka aplikasi WhatsApp. Saat layar mati, gambar huruf “W” dan ponsel otomatis membuka WhatsApp. Fitur ini sangat membantu untuk akses cepat ke aplikasi favorit kalian.

  1. Mengetik Menggunakan Suara

Fitur ini cocok untuk kalian yang malas mengetik dengan tangan. Di aplikasi seperti WhatsApp, klik ikon mikrofon di pojok kanan atas keyboard dan mulai bicara. Misalnya, ucapkan “jangan lupa subscribe” dan teks tersebut akan muncul di layar. Fitur ini juga bisa digunakan di berbagai aplikasi lainnya.

  1. Menyalin dan Menerjemahkan Teks dengan Google Lens

Untuk menggunakan fitur ini, tahan tombol home beberapa saat, lalu klik ikon kotak di sebelah kanan. Pilih menu terjemahan, arahkan kamera ke teks yang ingin diterjemahkan, dan foto teks tersebut. Kalian bisa menyalin teks dan menempelkannya di tempat lain tanpa harus mengetik satu per satu.

  1. Aksesibilitas

Masuk ke pengaturan ponsel, cari “Pengaturan Lainnya”, lalu pilih “Aksesibilitas”. Aktifkan fitur ini dengan menekan ikon orang di pojok kanan bawah. Fitur aksesibilitas menyediakan berbagai kemudahan, seperti tombol power, volume, dan pengaturan kecerahan layar, yang mempermudah penggunaan ponsel kalian.

  1. Easy Touch

Untuk mengaktifkan fitur ini, masuk ke Control Center ponsel dan aktifkan “Easy Touch”. Fitur ini mirip dengan aksesibilitas, tetapi lebih sederhana. Kalian bisa mengakses screenshot, melihat latar belakang, mengatur volume, dan banyak lagi dengan mudah.

Baca juga: Apple Resmi Umumkan iOS 18, Ini Daftar iPhone dan Fitur yang Diperbaharui

  1. Menyalin Teks secara Instan

Gunakan fitur split screen dengan menggeser layar menggunakan tiga jari. Pilih teks yang ingin disalin, misalnya dari browser ke Facebook, dan geser teks tersebut. Teks akan otomatis muncul di aplikasi tujuan tanpa perlu menyalin dan menempel secara manual.

Itulah tujuh trik fitur rahasia di Android yang bisa kalian coba. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google Berita.

About Nuriyah Nofasari

Check Also

Handphone

Fakta dan Mitos tentang Pengisian Daya Baterai Handphone

Linamasa.com – Di artikel kali ini akan membahas tentang baterai dan charger handphone. Topik ini …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *