6 Tips Gaya Hidup Sehat Sederhana, Mulai dari Sekarang, yuk!

Linamasa.com – Rahasia umur panjang adalah dengan hidup sehat dan bahagia. Semakin bahagianya seseorang, makin besar juga peluang mereka untuk hidup lebih lama. Oleh karena itu, salah satu cara sederhana untuk hidup lebih sehat dan bahagia adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat.

Melakukan gaya hidup sehat umumnya tidak terlalu sulit, yang terpenting konsisten dan rutin melakukannya. Penerapan gaya hidup sehat bisa dilakukan oleh siapa saja dan dimana saja.

Dengan menerapkan pola hidup sehat, kamu juga secara tidak langsung ikut menyebarkan kebaikkan ini bagi orang sekitar. Contohnya, dengan mengajaknya berolahraga, menjaga kesehatan, dan masih banyak lagi. Yuk, terapkan gaya hidup sehat mulai sekarang dengan tips berikut ini.

1. Atur Pola Makan Sehat

Makanan yang masuk kedalam tubuh tentu akan mempengaruhi bagaimana fungsi tubuh bekerja. Maka dari itu, penting bagi kamu untuk memperhatikan setiap asupan makan yang dikonsumsi untuk mewujudkan gaya hidup sehat. Penuhi gizi yang seimbang dengan mencakup serat, protein, lemak baik, dan karbohidrat.

Jangan lupa untuk memperhatikan porsi makan setiap hari untuk mencegah tubuh mengalami kegemukan dan terkena berbagai penyakit kronis. Karena sesuatu yang berlebihan itu tidak baik bagi tubuh.

Selain itu, kamu juga perlu bijak dalam mengolah makanan. Hindari terlalu sering mengolah makanan dengan cara digoreng. Kamu bisa mengolahnya dengan cara yang lebih sehat, seperti ditumis, dikukus, atau direbus. Dengan cara-cara ini, kamu bisa mengatur pola makan yang lebih sehat.

2. Kurangi Asupan Gula

Makanan manis seperti brownies, cupcake, dan es krim memang sangat menggugah selera. Namun, mulai sekarang cobalah untuk mengurangi atau menghindari berbagai makanan manis tersebut demi gaya hidup yang lebih sehat. Pasalnya, terlalu banyak mengkonsumsi gula bisa memicu penyakit diabetes. Jika terkena diabetes, kamu akan lebih mudah terjangkit penyakit kronis di kemudian hari, seperti penyakit jantung.

Tidak hanya makanan manis, kamu juga perlu mengurangi asupan gula dari minuman manis. Jika biasanya kamu minum teh dengan dua sendok gula, sekarang cobalah untuk menggunakan satu sendok gula saja. Kalau sudah terbiasa, perlahan-lahan kamu bisa menghilangkan asupan gula dalam cangkir teh yang kamu minum.

3. Perbanyak Minum Air Putih

Kebutuhan cairan dalam tubuh harus selalu terpenuhi setiap hari. Memastikan asupan cairan terpenuhi dengan baik bukan hanya mencegah terjadinya dehidrasi, namun juga membuat kamu bisa mengurangi mengkonsumsi minuman manis setiap hari.

Agar kebutuhan cairan kamu selalu terpenuhi, cobalah untuk menyediakan air putih di botol minum kemanapun kamu pergi. Membawa air minum dari rumah tentu jauh lebih sehat dan hemat.

Saat di rumah, kamu bisa menyediakan air putih di gelas bertutup di atas meja kerja, meja belajar, atau di dekat tempat tidur agar mudah dijangkau.

4. Luangkan Waktu untuk Berolahraga

Agar tips gaya hidup sehat kamu lebih optimal, tentu harus dibarengi dengan olahraga secara rutin. Ada banyak jenis olahraga yang bisa kamu terapkan.

Baca Juga:  3 Cara Jitu Perawatan Tubuh Untuk Menjadi Sehat dan Awet Muda

Untuk kegiatan olahraga di sekitar rumah, kamu bisa memilih jenis olahraga bersepeda, jogging, yoga, atau zumba. Dijamin tubuh kamu akan terasa lebih bugar setelah berolahraga.

Dengan rutin berolahraga, kamu akan mencapai gaya hidup yang lebih sehat, baik untuk kesehatan pikiran, jiwa, dan tubuh.

5. Hindari Stres

Stres adalah suatu gangguan penyebab tekanan dalam pikiran atau perasaan seseorang. Stres seringkali dialami banyak orang saat sedang mengalami suatu masalah, mulai dari masalah percintaan, masalah keluarga, akademik, hingga pekerjaan.

Perlu diingat, bahwa stres yang berkepanjangan tidak baik bagi kesehatan. Karena, selain bisa melemahkan imun, stres juga bisa mengganggu fisik seseorang.

Oleh sebab itu, dibutuhkan suatu usaha untuk mengatasi stres tersebut. Memberi waktu sejak bagi diri kita dari segala aktivitas yang bikin stres adalah hal yang wajar.

Namun, kamu juga bisa memberi waktu untuk mengatur nafas secara perlahan sampai merasa nyaman dan rileks. Cara ini telah terbukti bisa menurunkan kadar kortisol yang bisa membantu mengurangi kecemasan dan stres.

Kamu juga dapat melakukan kegiatan yang bisa bikin kamu lebih nyaman, seperti melukis, memasak, menonton film, jalan-jalan ke mall, membaca buku, atau kegiatan lainnya yang bisa mengelola stres dengan baik.

6. Tidur yang Cukup

Tidur merupakan suatu kebutuhan paling penting untuk mencapai pola hidup sehat. Dengan memiliki waktu tidur yang cukup, kamu bisa memelihara kesehatan tubuh dengan baik. Jika waktu tidur kamu berkurang, maka bisa berdampak pada kesehatan tubuh.

Dampaknya, fungsi kekebalan tubuh akan menurun, suasana hati jadi berkurang, dan membuat tubuh mudah terkena penyakit. Tentunya hal ini bisa mempengaruhi kualitas kamu saat beraktivitas.

Waktu tidur malam yang ideal adalah sekitar 8 jam per hari, tubuh akan terasa bugar kembali untuk beraktivitas keesokannya. Sekiranya itulah tips gaya hidup sehat yang bisa kami berikan untuk langkah kamu dalam mencapai gaya hidup lebih sehat.

Originally posted 2022-03-07 12:00:47.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google Berita.

Check Also

kkn di desa penari

Tembus 1 Juta Penonton, Film KKN di Desa Penari Baru Tayang 4 Hari

Linamasa.com – Baru tayang 4 hari, film KKN di Desa Penari tercatat sudah tembus angka …