...
berpuasa

Kamu Wajib Tahu! Ini Tips Ampuh Mencegah Lemas Saat Berpuasa Ramadhan

Linamasa.com – Berpuasa selama bulan Ramadhan merupakan salah satu ibadah yang dijalankan umat Muslim dengan penuh kesungguhan.

Namun, menjaga stamina dan kesehatan tubuh selama berpuasa tidak selalu mudah. Salah satu masalah yang sering dihadapi adalah rasa lemas dan kekurangan energi.

Dikutip Linamasa.com dari Youtube Hello Sehat, pada 1 April 2024, untuk mencegah hal ini, berikut adalah beberapa tips ampuh:

Konsumsi Cairan Secukupnya

Jaga agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Minumlah setidaknya 8 gelas air setiap hari, terutama saat berbuka dan sahur. Pola minum yang direkomendasikan adalah dua gelas saat berbuka, empat gelas sepanjang malam, dan dua gelas saat sahur.

Pilih Makanan Berkualitas

Saat sahur, pilihlah makanan yang kaya akan protein agar energi tubuh tetap terjaga sepanjang hari. Contohnya adalah telur, daging, dan susu rendah lemak. Hindari makanan yang mengandung banyak gula dan lemak jenuh, karena dapat membuat cepat lapar dan lemas.

Tambahan Nutrisi

Jika diperlukan, tambahkan suplemen seperti vitamin C, vitamin B kompleks, dan zat besi setelah santap sahur. Hal ini dapat membantu menjaga daya tahan tubuh dan kesehatan secara keseluruhan selama berpuasa.

Baca juga: Ini Dia Pengertian Paskah dan Mengapa Identik dengan Telur?

Atur Waktu Tidur

Pastikan untuk mendapatkan tidur yang cukup setiap hari. Tidur yang cukup membantu tubuh untuk tetap segar dan bugar selama menjalani ibadah puasa. Usahakan untuk tidur sekitar 7-8 jam setiap malam.

Hindari Aktivitas Melelahkan

Selama berpuasa, hindari melakukan aktivitas yang terlalu melelahkan atau berat. Jika memungkinkan, atur jadwal aktivitas di luar ruangan pada waktu yang lebih sejuk, seperti pagi atau sore hari.

Dengan menerapkan tips-tips di atas, diharapkan kamu dapat menjalani ibadah puasa Ramadan dengan nyaman dan tetap menjaga kesehatan tubuh. Jangan lupa untuk tetap mengonsumsi makanan bergizi, istirahat yang cukup, dan menjaga pola hidup sehat secara keseluruhan. Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadan!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google Berita.

About Nuriyah Nofasari

Check Also

The First Omen

Tayang Hari Ini! Ini Sinopsis Film Horor The First Omen, Kelahiran Anak Keturunan Iblis

Linamasa.com – Para penggemar film horor, persiapkan diri kamu karena film horor terbaru yang dinanti-nanti, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Seraphinite AcceleratorBannerText_Seraphinite Accelerator
Turns on site high speed to be attractive for people and search engines.