...
Ikan Buntal
Source: alodokter

Ibu dan 2 Anaknya Meninggal Usai Konsumsi Telur Ikan Buntal, Ini Fakta Ikan Buntal dan Cara Mengatasi Keracunan

Linamasa.com – Tragedi yang menimpa seorang ibu dan kedua anaknya yang masih balita telah mengejutkan banyak orang mereka diduga keracunan telur ikan buntal beracun. Kejadian tragis ini menyisakan duka mendalam bagi keluarga dan masyarakat sekitar.

Kejadian tersebut mengingatkan kita akan bahaya yang tersembunyi di balik keindahan alam. Telur ikan buntal yang dianggap sebagai santapan yang lezat ternyata bisa menjadi racun mematikan jika tidak diolah dengan benar. Mari kita telusuri fakta-fakta penting yang perlu kita ketahui tentang ikan buntal.

  1. Sangat Beracun

Ikan buntal terkenal karena racun yang dimilikinya. Racun yang disebut tetrodotoksin ini mampu mengganggu sistem saraf dan bisa berakibat fatal bagi manusia. Sejumlah kasus keracunan ikan buntal di berbagai belahan dunia telah membuktikan betapa mematikannya racun ini.

Mengonsumsi bahkan sejumlah kecil racun tetrodotoksin saja sudah bisa berujung pada kematian. Gejala keracunan ikan ini meliputi mati rasa di mulut, mual, dan muntah. Masyarakat Jepang, di mana jenis ikan ini dianggap sebagai hidangan yang lazat, juga mengalami sejumlah kasus keracunan yang mengakibatkan kematian.

  1. Harus Dibersihkan dengan Hati-hati

Sebelum dikonsumsi, ikan buntal harus dibersihkan secara teliti. Racun tetrodotoksin terutama terdapat di hati, kelenjar kelamin, dan kulit ikan. Organ-organ ini harus dibuang dengan hati-hati agar daging ikan tidak terkontaminasi oleh racun.

Oleh karena itu, ikan tersebut bukanlah jenis ikan yang dianjurkan untuk diolah di rumah. Sebaiknya, ikan ini disajikan di restoran khusus yang memiliki koki terlatih dalam mengolah ikan buntal.

  1. Racun Tetap Ada Meski Dimasak

Salah satu fakta yang penting untuk diketahui adalah bahwa racun tetrodotoksin tidak akan hilang meskipun ikan buntal dimasak atau dibekukan. Jika tidak diolah dengan benar, racun ini masih bisa tersebar dan terakumulasi di daging ikan.

Inilah sebabnya mengapa penting untuk memastikan bahwa ikan ini diolah oleh ahli yang terlatih dan memiliki pengetahuan tentang cara membersihkan dan mengolahnya dengan benar.

Mengatasi Keracunan Ikan Buntal

Sayangnya, hingga saat ini belum ditemukan obat yang efektif untuk mengatasi keracunan tetrodotoksin akibat mengonsumsi ikan ini. Namun, yang pasti, penderita keracunan harus segera mendapatkan perawatan medis di rumah sakit.

Di rumah sakit, dokter akan melakukan berbagai prosedur untuk membantu pasien, mulai dari memberikan oksigen, melakukan pengosongan lambung, memberikan arang aktif untuk membersihkan lambung, hingga melakukan cuci darah jika diperlukan.

Kejadian tragis yang menimpa ibu dan kedua anaknya adalah pengingat bagi kita semua akan bahaya yang terkandung dalam telur ikan tersebut. Penting bagi kita untuk selalu waspada dan memahami risiko yang mungkin terjadi saat mengonsumsi jenis makanan tertentu.

Untuk menghindari risiko keracunan, sebaiknya konsumsi ikan jenis ini dilakukan di tempat yang terpercaya, di mana ikan tersebut diolah oleh ahli yang terlatih. Kesehatan dan keselamatan kita adalah prioritas utama. Mari kita jaga agar tragedi serupa tidak terulang lagi di masa depan.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google Berita.

About Nuriyah Nofasari

Check Also

PPG Prajabatan 2024

Pendaftaran PPG Prajabatan 2024 Dibuka! Ini Persyaratan dan Tata Cara Pendaftarannya

Linamasa.com – Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi kembali membuka seleksi calon Mahasiswa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Seraphinite AcceleratorBannerText_Seraphinite Accelerator
Turns on site high speed to be attractive for people and search engines.