...
Puasa Rajab
Source: Krjogja

Mulai Besok! Ini Niat Puasa Rajab yang Wajib Kamu Ketahui

Linamasa.com – Puasa Rajab menjadi salah satu ritual ibadah yang dilaksanakan oleh umat Muslim selama bulan Rajab. Menurut kalender Hijriyah, bulan Rajab adalah bulan ketujuh dari total 12 bulan dalam satu tahun. Umat Muslim dijadwalkan memasuki bulan Rajab 1445 Hijriah pada Sabtu, 13 Januari 2024 besok.

Meskipun puasa bulan ini dapat dilakukan kapan saja selama bulan tersebut, disarankan untuk tidak menjalankannya secara penuh satu bulan karena dapat merubah statusnya dari sunnah menjadi makruh.

Berdasarkan penanggalan Hijriyah, awal bulan Rajab 1444 H jatuh pada tanggal 23 Januari 2023, sehingga umat Muslim sudah dapat melaksanakan puasa ini sejak saat itu.

Periode yang diutamakan untuk melaksanakan Puasa ini adalah pada ayyamul bidh atau pertengahan bulan. Puasa juga bisa dilakukan setiap hari Senin, Kamis, dan Jumat, atau secara selang-seling, satu hari berpuasa dan satu hari tidak, sepanjang bulan Rajab.

Bagi umat Muslim yang memiliki utang puasa di bulan Ramadan dan bermaksud menggantinya, diperbolehkan untuk meng-qadha-nya bersamaan dengan menjalankan puasa sunah Rajab.

Selain itu, dalam menjalankan ibadah puasa ini, umat Muslim diingatkan untuk membuat niat terlebih dahulu. Niat dapat dilafalkan dengan lisan atau diucapkan dalam hati, dan sebaiknya dilakukan pada malam hari sebelum masuk waktu imsak.

Baca juga: Panduan Pendaftaran Beasiswa LPDP 2024, Persyaratan dan Cara Daftar

Niat Puasa Beserta Artinya

نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ رَجَبَ سُنَّةً لِلّٰهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma Rajaba sunnatan lillâhi ta’âlâ.

Artinya: “Aku berniat puasa Rajab, sunnah karena Allah ta’âlâ.”

Niat puasa ini juga bisa dibaca pada saat siang harinya jika orang lupa niat pada malam hari. Niat ini bisa dibaca dari pagi hari sampai sebelum tergelincirnya matahari selagi seseorang belum melakukan hal-hal yang dapat membatalkan puasa.

Jadwal Puasa

Melaksanakan puasa sunnah di bulan Rajab sangat dianjurkan sebanyak mungkin, mengingat berbagai keutamaan yang terkandung di dalamnya. Sunnah ini merupakan anjuran langsung dari Nabi Muhammad SAW, sebagaimana yang tercatat dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Dawud dan sumber-sumber lainnya.
صُمْ مِنْ الْحُرُمِ وَاتْرُكْ صُمْ مِنْ الْحُرُمِ وَاتْرُكْ صُمْ مِنْ الْحُرُمِ وَاتْرُكْ

Artinya: “Berpuasalah pada bulan-bulan mulia dan tinggalkanlah! Berpuasalah pada bulan-bulan mulia dan tinggalkanlah! Berpuasalah pada bulan-bulan mulia dan tinggalkanlah!” (HR Abu Dawud dan yang lainnya).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google Berita.

About Nuriyah Nofasari

Check Also

Legolas Rompies

Profil Legolas Rompies, Anak Sulung Vincent Rompies yang Diduga Terlibat Perundungan

Linamasa.com – Nama Legolas Rompies mendadak menjadi sorotan publik setelah dugaan keterlibatannya dalam kasus perundungan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Seraphinite AcceleratorOptimized by Seraphinite Accelerator
Turns on site high speed to be attractive for people and search engines.