...
cpns 2024
Source: tribunnews.com

Rekrutmen CPNS 2024 Dibuka, Ini Cara Daftar dan Beberapa Tahapannya

Linamasa.com – Pada tahun ini, Pemerintah Indonesia telah mengumumkan rencana untuk membuka seleksi CPNS 2024.

Pengumuman ini disampaikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas.

Anas menekankan bahwa dalam seleksi CPNS 2024, tenaga guru dan kesehatan menjadi prioritas utama. Upaya ini sejalan dengan komitmen pemerintah untuk memperkuat sektor pendidikan dan kesehatan di Indonesia.

Selain itu, diberikan perhatian khusus kepada para fresh graduate dengan memberikan lebih banyak peluang bagi mereka untuk berpartisipasi.

Meskipun informasi resmi mengenai pembukaan seleksi CPNS 2024 belum diterbitkan, detikers yang berminat dapat mempersiapkan diri dengan mempelajari teknis penyeleksian dan prosedur pendaftaran yang kemungkinan akan dilakukan secara daring.

Proses pendaftaran CPNS pada tahun-tahun sebelumnya dilakukan melalui sistem daring. Calon peserta harus mendaftar dan membuat akun secara online. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk mendaftar seleksi CPNS:

Cara Dafttar

  1. Buka laman SSCASN di https://sscasn.bkn.go.id
  2. Pilih opsi Daftar
  3. Isi informasi data pribadi yang diminta
  4. Tekan “Lanjutkan”
  5. Klik “Proses Pendaftaran Akun”

Bagi yang sudah memiliki akun, lengkapi seluruh data pribadi untuk kelancaran administrasi dan lanjutkan dengan pendaftaran CPNS.

Setelah mendaftar, peserta akan melewati sejumlah tahapan seleksi yang melibatkan berbagai jenis ujian.

Tahapan Pendaftaran

  1. Seleksi Administrasi: Tahap awal yang dilakukan secara daring melalui laman SSCASN.
  2. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD): Melibatkan Tes Wawasan Kebangsaan, Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).
  3. Seleksi Kompetensi Bidang (SKB): Menyesuaikan dengan bidang yang dipilih peserta, termasuk tes potensi akademik, bahasa asing, fisik, psikotes, dan praktik kerja.
  4. Pengumuman Kelulusan dan Pemberkasan: Detikers yang lulus akan mendapatkan pengumuman melalui situs resmi SSCASN dan diharapkan untuk mengikuti proses pemberkasan sesuai format instansi yang dipilih.

Meskipun proses seleksi CPNS memerlukan perjuangan, melalui persiapan yang matang dan semangat belajar yang tinggi, detikers dapat mencapai kesuksesan. Semoga informasi ini membantu dan memberikan panduan bagi mereka yang berminat mengikuti seleksi CPNS 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google Berita.

About Nuriyah Nofasari

Check Also

PPG Prajabatan 2024

Pendaftaran PPG Prajabatan 2024 Dibuka! Ini Persyaratan dan Tata Cara Pendaftarannya

Linamasa.com – Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi kembali membuka seleksi calon Mahasiswa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Seraphinite AcceleratorBannerText_Seraphinite Accelerator
Turns on site high speed to be attractive for people and search engines.