...
mental block
Source: pexel

Waspada! Ciri-ciri Mental Block, Salah Satunya Rasa Tidak Percaya Diri!

Linamasa.com – Mental block merujuk pada kondisi mental yang menghasilkan ketidakyakinan dari pikiran bawah sadar yang ditransfer ke dalam pikiran sadar. Ketika seseorang mengalami mental block, hal tersebut secara tidak langsung menghambat segala aktivitasnya.

Berikut adalah beberapa tanda seseorang mengalami mental block, seperti yang dikutip Linamasa.com melalui akun Instagram @wiemkyfarrel pada tanggal 18 Desember 2023:

  1. Rasa Tidak Aman (Insecure)

Insecure secara umum adalah perasaan tidak aman yang timbul akibat faktor lingkungan atau ketidakmampuan individu itu sendiri. Meskipun merupakan pengalaman yang wajar, perasaan insecure dapat menjadi hambatan jika terus dipelihara, membuat seseorang merasa tidak layak dalam berbagai hal.

Meskipun seharusnya digunakan sebagai alarm untuk memperhatikan kemungkinan kelebihan yang dapat dikembangkan, insecure saat ini cenderung memunculkan perasaan negatif yang menggerus kepercayaan diri.

  1. Perfectionism (Kepedulian Akan Kesempurnaan)

Perfectionism termanifestasi dalam menunggu segala sesuatu menjadi sempurna sebelum melangkah atau memulai sesuatu. Meskipun memiliki rencana yang terperinci adalah hal baik, menunggu kesempurnaan bisa menghambat kemajuan. Aksi nyata perlu dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kualitas kesempurnaan yang diinginkan dapat tercapai.

Baca juga: Daftar Artis yang Pernah Jadi Korban Bully

  1. Keragu-raguan (Indecision)

Indecision mencakup perasaan takut, bimbang, dan keraguan besar terhadap kemampuan diri untuk membuat keputusan. Walaupun keragu-raguan adalah hal yang wajar karena ketakutan akan risiko, lebih baik mempercayai diri sendiri daripada menghindari peluang baru hanya karena keraguan yang mungkin tidak terbukti benar.

  1. Tunnel Vision (Pandangan Terbatas)

Tunnel vision mencakup rasa takut untuk berinteraksi dengan banyak orang dan lebih suka menyendiri. Ketakutan terhadap perubahan dalam kerumunan juga termasuk dalam kategori tunnel vision.

Untuk mengatasi pembekuan ide, penting untuk melakukan pertukaran pendapat dengan orang lain, baik itu orang baru atau yang sudah dikenal.

Melibatkan orang lain dalam proses pembentukan diri dapat membantu melebarkan pandangan dan membuka diri terhadap ide-ide baru yang mungkin bermanfaat.

 

Sumber:  Instagram @wiemkyfarrel

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google Berita.

About Nuriyah Nofasari

Check Also

ucapan tahun baru

9 Ucapan Tahun Baru dalam Bahasa Inggris yang Bisa Kamu Kirim ke Orang Terdekat

Linamasa.com – Tidak ada waktu yang lebih tepat untuk memulai hal-hal baru daripada memberikan ucapan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Seraphinite AcceleratorBannerText_Seraphinite Accelerator
Turns on site high speed to be attractive for people and search engines.