mie di mangkok
Freepik/jcomp

Ini Daftar Merk Produsen Mie Instan Kelas Dunia

Linamasa.com – Mie instan termasuk dalam kategori makanan cepat saji yang banyak diminati dan dikonsumsi oleh masyarakat. Tak hanya menawarkan cita rasa yang nikmat, tapi juga dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau.

Dalam kehidupan sehari – hari, mie Instan juga mudah didapatkan di seluruh penjuru dunia. Mulai dari anak – anak hingga orang dewasa, banyak yang menyukainya.

Berdasarkan data yang telah dirilis oleh pihak Euromonitor, nilai dari penjualan ritel mie instan di ruang lingkup global sepanjang tahun 2020 mencapai angka 3,15 miliar dollar Amerika Serikat.

Jumlah tersebut terjadi peningkatan yang cukup drastis dari tahun sebelumnya yakni tahun 2019 yang mana hanya 2,92 milyar dolar Amerika Serikat. Dari data tersebut bisa disimpulkan terjadi peningkatan 7,8 persen dari tahun 2019 ke tahun 2020.

Sementara untuk konsumsi mie instan di tanah air sepanjang tahun 2020 menempati posisi teratas level global sebanyak 12,6 miliar porsi.

Sementara untuk data yang dikeluarkan oleh World Instant Noodles Association (WINA0, sepanjang tahun 2020, Indonesia bertengger di posisi kedua sebagai negara dengan jumlah konsumsi mie instan paling banyak secara global.

Yang mana data tersebut menunjukkan 12,64 miliar bungkus di tahun 2020. Kemudian di posisi pertama ada gabungan antara China dan Hongkong dengan total 46,35 miliar bungkus.

Jika di Indonesia varian rasa paling digemari adalah rasa ayam, sayuran dan udang, di China dan Hongkong varian paling populer adalah varian babi.

Lantas siapa saja produsen mie instan yang memiliki pangsa pasar terbanyak di seluruh dunia?

1.Nissin Food Holdings

Nissin Food Holdings merupakan produsen mie instan yang asal Jepang yang berdiri sejak tanggal 4 September 1948 oleh pendirinya bernama Momofuku Ando. Produsen mie instan ini juga menjadi pelopor pertama diciptakannya mie instan di dunia. Saat ini, Nissin Food Holdings mempunyai kantor pusat di Osaka dengan penjualan bersih sepanjang 2022 tercatat mencapai 468,9 miliar yen. Di tanah air, Nissin Food Holdings juga populer dengan produk biskuit, mie instan hingga makanan ringan.

2.Nestle SA

Nestle SA dikenal sebagai salah satu produsen makanan dan minuman di banyak negara yang berkantor pusat di Swiss. Sejak tahun 2014 lalu, Nestle SA masih bertengger di posisi puncak sebagai produsen makanan dengan income terbesar di dunia.

Sepanjang tahun 2022, Nestle SA berhasil membukukan pendapatan mencapai 90,32 miliar dollar AS. Khusus produk mie instan keluaran dari Nestle SA yang paling populer ialah Maggi. Mungkin orang Indonesia sangat asing dengan mie instan Maggi, karena memang hanya dipasarkan dan populer di Eropa. Sedangkan produk Nestle SA paling populer di Indonesia adalah susu.

3.ITC Limited

ITC Limited juga menjadi salah satu produsen mie instan konglomerat asal India dengan kantor pusat di Kolkata. Tak hanya berhasil menguasai pangsa pasar mie instan saja, tetapi juga bisnis agrobisnis, kertas hingga perhotelan.

Sepanjang tahun 2022, ITC Limited berhasil membukukan pendapatan mencapai 517 miliar rupee. Yippee merupakan produk mie instan paling populer yang dipasarkan oleh ITC Limited.

4.Capital Food Pvt Ltd

Capital Food Pvt Ltd merupakan produsen mie instan asal India yang menjadi rival bisnis dari ITC Limited. Di Nahuli, Vapi, Negara Bagian Gujarat, Capital Food Pvt Ltd menjadi satu – satunya produsen terbesar mie instan disana.

Capital Food Pvt Ltd tak hanya memasarkan produknya di ruang lingkup lokal, tetapi juga ruang lingkup global dengan produk andalannya adalah Ching’s.

5.Ajinomoto Co Inc

Ajinomoto Co Inc selama ini mungkin dikenal sebagai produsen pembuat bumbu masakan yakni MSG atau penguat rasa pada makanan. Ternyata Ajinomoto Co Inc juga berhasil menjadi salah satu produsen mie instan terbesar di dunia yang berhasil menduduki peringkat kelima.

Deretan produk mie instan yang diproduksi oleh Ajinomoto Co Inc antara lain seperti Yakisoba, A & M, Oyakata, dan Yum Yum. Sepanjang tahun 2022, Ajinomoto Co Inc berhasil membukukan pendapatan mencapai 10,12 miliar AS.

6.Acecook Vietnam Joint Stock Company

Acecook Vietnam Joint Stock Company menjadi salah satu produsen mie instan terbesar di dunia yang berasal dari Vietnam. Selama mengembangkan produk mie instan, Acecook Vietnam Joint Stock Company dibantu oleh perusahaan asal Jepang .

Produk – produk mie instan paling laris di pasaran antara lain seperti DenHat, Pho Noodle, dan Hao – Hao.

7.Indofood Sukses Makmur Tbk

Di Indonesia, Indofood Sukses Makmur Tbk berhasil merajai pasar tanah air sebagai salah satu produse mie instan terbesar. Namun untuk ruang lingkup global, Indofood Sukses Makmur Tbk menempati posisi ketujuh sebagai produsen mie instan yang go internasional.

Sepanjang tahun 2022, Indofood Sukses Makmur Tbk berhasil membukukan pendapatan mencapai 4,7 miliar dollar AS. Deretan mie instan yang sangat digemari di Indonesia antara lain seperti Indomie, Sarimi, Supermi, Indomie Cup, Sakura, Pop Mie, Sarimi Gelas dan Mi Telur Cap 3 Ayam

8.Wings Food

Wings Food juga menjadi salah satu produsen mie instan yang merajai pasar tanah air dengan merek mie Sedaap.

Varian rasanya pun selalu dikembangkan dan menyesuaikan lidah masyarakat Indonesia dengan mengangkat masakan khas nusantara.

Selain mie Sedaap, ada juga mie Suksess isi 2 yang ikut booming di masyarakat. Dari semua varian rasa yang dijual bebas, varian rasa soto menempati posisi pertama dengan penjualan terbanyak. Hal ini disampaikan langsung oleh Jane (Brand Manager Mie Sedaap).

“Melihat pertumbuhan mie instan di pasar Indonesia, membuat Wings Food akan selalu berkomitmen untuk berinovasi dan excitement kepada para konsumen dengan berbagai varian rasa yang dimiliki, salah satu yang paling populer adalah varian rasa soto,” ungkap Jane (Brand Manager Mie Sedaap).

Itu dia daftar merk produsen mie instan kelas dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google Berita.

About Redaksi

Check Also

peralatan perkantoran pajak

Berikut Tugas Konsultan Pajak yang Perlu Anda Tahu

Linamasa.com – Ketika Anda berurusan dengan dunia perpajakan, mungkin merasa sedikit bingung tentang proses dan …