gedung pemerintah kota tangerang
tangerang.go.id

Universitas Jogja yang Ada Jurusan Ilmu Pemerintahannya

Linamasa.com – Bagi sebagian orang, terjun ke ranah pemerintahan dianggap bisa menjanjikan masa depan yang cerah.

Hal ini bisa dilihat dari antusiasme masyarakat saat dibukanya tes CPNS yang setiap tahunnya selalu ramai peminat.

Untuk itu salah satu jurusan yang banyak dipilih untuk tujuan tersebut adalah jurusan ilmu pemerintahan.

Jurusan ini nantinya akan mempelajari berbagai permasalahan yang berhubungan dengan organisasi, manajemen, administrasi hingga kepemimpinan dalam pelaksanaan operasional organisasi, badan publik maupun semua hal yang ada kaitannya langsung dengan kekuasaan negara. Yang mana semua itu sudah tertuang di dalam peraturan perundang – undangan.

Selama menjalani masa perkuliahan, setiap mahasiswa akan dibekali dengan keterampilan untuk berkomunikasi dan bernegosiasi.

Sebagai referensi buat Anda, di bawah ini terdapat beberapa rekomendasi universitas di Jogja yang menyediakan jurusan ilmu pemerintahan seperti :

1.Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas Gadjah Mada (UGM) menjadi salah satu kamu populer dan terbaik di Indonesia memang sudah tak diragukan lagi kualitas pendidikan yang ditawarkan.

Sebagian besar program studi yang ada di Universitas Gadjah Mada (UGM) sudah mengantongi akreditasi A yang dikeluarkan oleh BAN PT. Jadi tak perlu diragukan lagi, termasuk pada program studi Ilmu Pemerintahan yang selalu banyak peminat.

Untuk bisa menempuh pendidikan pada program studi Ilmu Pemerintahan di Universitas Gadjah Mada (UGM), Anda harus berjuang dan bersaing dengan banyak calon mahasiswa terlebih dahulu.

Jurusan Ilmu Pemerintahan di Universitas Gadjah Mada (UGM) berada di bawah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIPOL) bersama dengan jurusan lain seperti Ilmu Sosiatri dan Sosiologi, Ilmu Komunikasi, Ilmu Hubungan Internasional, dan Ilmu Administrasi Negara.

Dalam ruang lingkup masyarakat, FISIPOL di Universitas Gadjah Mada (UGM) ikut aktif berpartisipasi dan berperan langsung dalam pengembangan ilmu politik dan ilmu sosial serta memberikan kontribusi nyata untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat hingga negara.

Jurusan Ilmu Pemerintahan di Universitas Gadjah Mada (UGM), menyediakan program pendidikan mulai level Sarjana, Magister hingga Doktor. Bagi Anda yang ingin memperdalam pengetahuan di bidang Ilmu Pemerintahan, Universitas Gadjah Mada (UGM) menjadi salah satu rekomendasi terbaik yang patut diperhitungkan.

2.Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa (APMD)

Selanjutnya ada Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa (APMD) yang menyediakan jurusan Ilmu Pemerintahan.

Di kampus ini nantinya Anda tak hanya diajarkan tentang teori – teorinya saja, melainkan juga praktik langsung ke lapangan dengan mengikuti berbagai kegiatan di lingkungan pemerintahan. Mulai dari lingkungan pemerintah desa hingga level yang lebih tinggi sesuai kebutuhan.

Kegiatan – kegiatan yang seringkali dilakukan untuk menunjang proses pembelajaran seperti mencermati rencana kerja pemerintah desa / kelurahan, pendampingan penyusunan rencana kerja pemerintah desa / kelurahan, birokrasi pelayanan masyarakat hingga penelitian kolaboratif yang dilakukan bersama dengan dosen program studi Ilmu Pemerintahan.

Fasilitas yang disediakan juga lumayan lengkap seperti Laboratorium Ilmu Pemerintahan, Perpustakaan, Sarana Olahraga, Poliklinik hingga Ruang Seminar. Tak perlu khawatir, untuk akreditasinya sendiri adalah A dari pihak BAN PT.

Untuk proses pendaftarannya, Anda bisa langsung datang ke alamat Jalan Timoho, No 317, Baciro, Gondokusuman, DIY atau dengan cara online dengan langsung mengunjungi website resmi dari Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa (APMD) ip.apmd.ac.id.

3.Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

Rekomendasi berikutnya ada Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yang menyediakan jurusan ilmu pemerintahan dengan akreditasi A dari BAN PT.

Para Alumni dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) juga sudah banyak yang sukses berkecimpung di dunia pemerintahan.

Program studi Ilmu Pemerintahan di kampus ini juga mempunyai sejumlah dosen berkualitas dan kompeten di bidangnya yang sudah mempunyai banyak karya mulai dari jurnal, publikasi hingga prestasi lainnya.

Untuk fasilitas yang disediakan seperti Digital Laboratory & Research Centre, Laboratorium Komputer, Lapangan Bintang, University Residence, Asri Medical Center, Sportorium, Café 1912, Fasilitas Olahraga hingga Public Space.

Program studi Ilmu Pemerintahan di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dianggap sangat representatif untuk kebutuhan dunia kerja saat ini.

Karena setiap mata kuliah yang diajarkan sangat aplikatif di dunia kerja dan mendapatkan dukungan langsung dengan adanya berbagai kegiatan yang mampu mengasah soft skill setiap mahasiswa.

Dimana juga akan mengarahkan setiap mahasiswa untuk melakukan sejumlah kegiatan praktik sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan pada dunia kerja pada umumnya.

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) bisa ditemukan di alamat Jalan Brawijaya, Kasihan, Bantul, DIY. Proses pendaftarannya bisa Anda lakukan secara online dengan mengunjungi laman website resminya di ip.umy.ac.id.

4.Universitas Amikom Yogyakarta

Universitas Amikom Yogyakarta bisa ditemukan di alamat Jalan Ring Road Utara, Condong Catur, Sleman, DIY. Proses pendaftarannya bisa Anda lakukan langsung dengan cara online di situs ilmupemerintahan.amikom.ac.id.

Selama proses pembelajaran berlangsung, kampus ini seringkali melakukan kolaborasi dengan kampus lain dari program studi yang sama yakni Ilmu Pemerintahan.

Dengan demikian, para mahasiswa menjadi lebih banyak mendapatkan pengalaman dan bisa leluasa bertukar pemikiran.

Selain itu, dukungan digitalisasi yang mumpuni, membuat proses pembelajaran menjadi lebih mudah. Mengingat semua administrasi pemerintahan saat ini sebagian besar sudah memanfaatkan keberadaan teknologi.

Sebagai langkah nyata untuk menciptakan lulusan yang kompeten di bidang ilmu ini, pihak kampus seringkali mengikutsertakan para mahasiswa dalam proses launching E- GOV. Hal ini dilakukan dalam upaya mendukung Demokrasi Berbasis Digital.

Tak perlu ragu, Universitas Amikom Yogyakarta sudah mengantongi akreditasi A dari BAN PT yang menunjukkan bahwa kualitas pendidikannya memang layak untuk dipilih.

Pemilihan kampus dengan akreditasi A, menawarkan peluang yang sangat besar untuk bisa lolos seleksi administratif.

Karena saat ini, pihak pemerintah sendiri, banyak mensyaratkan latar belakang pendidikan yang memiliki akreditasi A sebagai upaya untuk bisa menjaring sumber daya manusia berkualitas sehingga bisa berperan langsung dalam proses pembangunan bangsa.

5.Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), untuk bisa mendapatkan pendidikan terkait dengan ilmu pemerintahan, Anda juga bisa memilih program studi Administrasi Publik.

Yang mana nantinya akan mempelajari berbagai bidang ilmu termasuk salah satunya mendalami ilmu pemerintahan.

Selain menyediakan tenaga pengajar (dosen) yang berkualitas, kompeten dan profesional, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) juga menawarkan banyak fasilitas yang bisa digunakan untuk menunjang proses pembelajaran selama perkuliahan.

Tak hanya sebatas teori saja yang diajarkan, namun semua mahasiswa dibekali dengan banyak pengalaman praktik kerja lapangan secara langsung.

Sistem perkuliahannya yang sangat aplikatif, sangat sesuai dengan kebutuhan dunia kerja saat ini. Jadi nantinya setelah lulus dari program studi Ilmu Pemerintahan, para mahasiswa tak lagi kebingungan dan siap bersaing di dunia kerja.

Tenang saja, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) sudah mendapatkan akreditasi A dari BAN PT, jadi dari segi kualitasnya pun jelas – jelas sudah sangat oke.

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) bisa Anda temukan di Jalan Colombo Yogyakarta No 1, Caturtunggal, Depok, Sleman, DIY.

Untuk proses pendaftaran calon mahasiswa baru, bisa Anda lakukan langsung melalui kanal resminya di uny.ac.id.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google Berita.

About Redaksi

Check Also

monumen tugu yogya

Kampus Kesehatan yang Ada di Jogja

Linamasa.com – Jurusan kesehatan yang meliputi keperawatan hingga kedokteran, saat ini masih ramai diburu oleh …