...
lampu mobil mewah
Pexels/Mathias Reding

5 Cara Liburan dengan Mobil yang Hemat dan Menyenangkan

Linamasa.com – Kalian pasti sangat setuju kalau liburan merupakan aktivitas yang paling menyenangkan untuk dilakukan. Liburan akan membuat pikiran lebih tenang dan terhindar dari penat karena aktivitas harian yang melelahkan.

Berbagai tempat liburan bisa kita kunjungi, namun yang paling menyenangkan yakni mengunjungi wisata bernuansa alam.

Liburan bersama teman atau keluarga lebih nyaman lagi jika membawa kendaraan sendiri, misalnya saja menaiki mobil.

Hanya saja, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat ingin liburan dengan membawa mobil sendiri.

Ini bertujuan agar liburan menjadi lebih menyenangkan dan aman pastinya. Adapun tips liburan dengan mobil sendiri selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

[irp posts=”100″ name=”6 Tips Perjalanan Wisata Alam yang Berguna saat Liburan”]

Cara Liburan dengan Mobil

Daripada harus menggunakan jasa transportasi umum, membawa mobil sendiri saat liburan dianggap lebih nyaman. Kita bisa dengan bebas mengunjungi tempat liburan manapun tanpa takut tidak ada tumpangan.

Meski demikian, beberapa tips liburan dengan mobil ini perlu Anda perhatikan agar liburan menjadi lancar dan aman. Adapun cara tersebut, antara lain:

1. Mengecek Kondisi Mobil

Sebelum berangkat liburan, sebaiknya Anda lakukan pemeriksaan terhadap beberapa komponen mobil. Pastikan semuanya dalam kondisi baik sehingga tidak menimbulkan berbagai masalah saat sedang liburan.

Pastinya sangat menyebalkan jika harus memperbaiki mobil saat perjalanan liburan. Beberapa komponen mobil yang harus dicek kondisinya yakni ban, radiator, dan juga karburator. Jika memang agak ragu, memilih untuk membawa komponen cadangan agar lebih aman dan tenang.

2. Perhatikan Barang Bawaan Liburan

Kurang lengkap tentunya jika liburan tidak membawa barang bawaan untuk keperluan di perjalanan atau tempat wisata. Namun, pastikan barang bawaan tersebut tidak over, sehingga membuat mobil terasa penuh dan sesak.

Hal ini tentunya akan membuat perjalanan menjadi kurang nyaman, apalagi untuk perjalanan jauh. Sebaiknya Anda bawa barang yang diperlukan saja, seperti baju pengganti, alas kaki dan perlengkapan lainnya.

Taruhlah barang-barang utama tersebut di bagasi mobil. Sementara untuk barang-barang ringan, seperti tisu, snack, atau minuman bisa ditaruh di dalam mobil yang mudah dijangkau.

[irp posts=”2897″ name=”5 Cara Memilih Koper yang Awet dan Murah untuk Liburan”]

3. Selalu Memantau Lalu-Lintas

Saat ini kita bisa lebih mudah memantau lalu-lintas secara mudah dan cepat hanya melalui smartphone. Anda bisa memanfaatkan Google Maps untuk memandu perjalanan Anda agar lebih cepat dan nyaman. Sebaiknya Anda rutin mengecek lalu-lintas melalui Google Maps tersebut.

Pastikan Anda memilih jalan yang tidak terlalu macet agar perjalanan bisa lebih nyaman. Di Google Maps biasa jalan yang sedang terjadi macet diberi tanda warna merah. Sebaiknya Anda hindari untuk melewati jalan tersebut agar tidak terjebak macet juga.

Tetapi, saat memilih jalan lain, pastikan jalan tersebut bukan merupakan jalan yang rawan. Pasalnya, sekarang ini masih marak terjadi pembegalan atau perampokan yang dilakukan oleh pelaku tidak bertanggung jawab.

4. Mengetahui Rute Perjalanan dengan Baik

Tips lain agar liburan nyaman dan lancar yakni dengan mengetahui rute perjalanan dengan baik. Pastikan Anda sudah menentukan mana saja tempat yang ingin dikunjungi selama perjalanan.

Pastikan juga Anda mengerti betul soal rute ke tempat-tempat yang ingin dikunjungi tersebut. Jika memang belum paham soal rute perjalanan, Anda bisa memanfaatkan peta agar tidak tersesat.

Tidak perlu membawa peta fisik, karena sekarang sudah ada smartphone yang akan membantu memudahkan perjalanan Anda. Anda bisa memanfaatkan Google Maps untuk memandu perjalanan hingga ke tempat tujuan liburan.

[irp posts=”809″ name=”5 Rekomendasi Aplikasi Android Yang Wajib Dimiliki Oleh Pengendara”]

5. Memasang Charger di Mobil

Dan tips terakhir saat liburan membawa mobil sendiri yakni dengan menyiapkan charger khusus di mobil. Hal ini sangat penting, pasalnya smartphone akan memudahkan setiap perjalanan Anda.

Misalnya menggunakan smartphone sebagai pemandu perjalanan, pastinya hal tersebut akan sangat menguras baterai. Adanya charger khusus di mobil akan membantu mengisi daya baterai di smartphone.

Meskipun sekarang ini sudah ada yang namanya PowerBank, tapi penggunaannya dibilang kurang maksimal.

PowerBank sendiri kapasitasnya tidak terlalu besar dan butuh waktu lama untuk mengisi dayanya hingga penuh.

Itulah tadi beberapa 5 cara liburan dengan mobil yang hemat dan menyenangkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google Berita.

About Redaksi

Check Also

Bully

Kamu Wajib Tahu! Ini 6 Cara Menghadapi Bullying

Linamasa.com – Bully atau perundungan tidak mengenal batasan gender atau status sosial. Baik perempuan maupun …