parkir mobil
Freepik/jcomp

Usaha Rental Mobil, Tips, Keuntungan dan Kerugiannya

Linamasa.com – Semakin berkembangnya dunia transportasi, menawarkan berbagai kemudahan dalam bermobilitas.

Hal ini tentu juga mendukung berbagai sektor bisnis untuk ikut mengalami perkembangan yang pesat. Ditambah lagi dengan adanya dukungan teknologi yang mumpuni, segala bentuk akses menajadi semakin mudah.

Melihat berbagai peluang yang ada saat ini, usaha rental mobil bisa jadi salah satu pilihan terbaik. Namun, untuk bisa terjun di dalamnya, diperlukan pengetahuan lebih agar prosesnya pun bisa berjalan dengan lancar.

Tips Buka Usaha Rental Mobil

Sebelum memutuskan untuk membuka usaha layanan jasa rental mobil, ada baiknya memperhatikan terlebih dahulu beberapa tips di bawah ini :

1.Pilih Jenis dan Tipe Mobil Paling Diminati

Sebelum memutuskan untuk belanja unit mobil, ada baiknya jika Anda melakukan analisa pasar terlebih dahulu.

Jenis dan tipe mobil seperti apa sih yang paling diminati saat ini. Selain itu, pemilihan warna juga menjadi salah satu poin yang harus diperhatikan ya.

Misalnya saja seperti Toyota Avanza, Toyota Kijang Innova, Daihatsu Xenia, Toyota Agya, Mitsubishi Xpander dan lain sebagainya.

2.Hindari Pembelian Unit Mobil Bekas

Penggunaan unit mobil bekas untuk menjalankan usaha rental mobil sangat tidak disarankan. Mengapa? Karena kondisi dari mobil bekas yang dibeli, kondisinya tidak bisa kita pastikan.

Selain itu, latar belakang dari mobil tersebut pun tidak jelas. Kondisi unit mobil yang tidak baik, tentu akan meninggalkan pengalaman tak menyenangkan bagi para konsumen.

Anda tentu tak ingin bukan image buruk melekat pada usaha rental mobil yang Anda jalani?

3.Bisa Beli Mobil dengan Cara Kredit

Beli unit mobil untuk memulai usaha rental mobil, tak harus cash kok, Anda bisa memilih cara kredit agar tak mengeluarkan modal yang besar di awal buka usaha tersebut. Seiring berjalannya waktu, Anda bisa melakukan penambahan unit mobil secara bertahap.

4.Tetapkan Regulasi Pada Usaha Rental Mobil

Sebelum menjalankan usaha rental mobil, Anda harus menetapkan regulasinya terlebih dahulu. Mengingat resiko yang ditimbulkan bisa sangat besar seperti kerusakan mobil hingga kehilangan mobil itu sendiri.

Regulasi yang bisa ditetapkan seperti, membuat surat perjanjian penyewaan bermaterai, sistem jaminan dengan kartu tanda penduduk atau identitas lain, pengisian formulir yang berisi informasi pribadi dari para penyewa hingga melakukan pemasangan alat GPS pada setiap unit kendaraan yang disewakan.

Seiring dengan perkembangan usaha rental mobil yang Anda jalankan, direkomendasikan untuk mulai membangun aplikasi khusus yang bisa memudahkan proses transaksi.

5.Jangan Lupa Ikut Asuransi Kendaraan

Namanya mobil disewakan, pasti memiliki beragam resiko selama penggunaannya. Terlebih lagi tak semua penyewa memiliki tingkat keahlian yang mumpuni dalam mengendarai mobil.

Untuk itu, dalam upaya memberikan perlindungan lebih pada semua unit mobil yang disewakan, sangat disarankan untuk mendaftarkannya di layanan asuransi mobil (resiko kecelakaan dan resiko kehilangan).

6.Pengaturan Strategi Marketing yang Baik untuk Pengembangan Usaha Rental Mobil

Tak hanya cukup dengan menginvestasikan uang Anda pada pembelian unit mobil saja, selanjutnya Anda juga harus menetapkan strategi marketing untuk menunjang keberlangsungan usaha tersebut agar bisa berkelanjutan.

Misalnya saja dengan menerapkan 4P :

  • People, orang yang hendak membantu menjalankan usaha rental mobil.
  • Place, dimana lokasi paling tepat untuk menjalankan usaha rental mobil.
  • Price, penentuan harga sewa pada masing – masing unit mobil yang hendak disewakan.
  • Promotion Tools meliputi sosial media, website, iklan google, kerjasama dengan influencer dan lain sebagainya.

7.Atur Sistem Pengelolaan Keuangan Usaha Rental Mobil

Semua usaha agar dikatakan sehat harus memiliki sistem pengelolaan keuangan yang baik. Begitu juga pada usaha rental mobil.

Diperlukan kontrol secara berkelanjutan terhadap semua transaksi yang masuk, dimana meliputi laba rugi usaha tersebut.

Sehingga kondisi tersebut bisa dijadikan sebagai acuan dalam proses pengambilan keputusan untuk strategi usaha di masa yang akan datang.

Anda bisa juga menggunakan layanan jasa konsultan hingga berbagai layanan jasa software keuangan yang saat ini banyak tersedia untuk membantu mempermudah pengelolaan keuangan pada usaha rental mobil Anda.

8.Manfaatkan Mobil untuk Memperoleh Income Tambahan

Saat ini, perkembangan media periklanan kian pesat, tak hanya melulu berbentuk papan reklame yang terpampang di pinggir jalan.

Banyak perusahaan yang bekerjasama dengan pelaku usaha sewa kendaraan untuk beriklan. Inilah peluang yang bisa Anda ambil untuk mendapatkan income tambahan.

Semua unit mobil Anda bisa dijadikan sebagai wadah untuk menampilkan iklan dengan menjalin kerjasama dari banyak perusahaan.

Keuntungan Menjalankan Usaha Rental Mobil

1.Keuntungan yang Lumayan Menggiurkan

Keuntungan yang ditawarkan dari usaha rental mobil memang lumayan menggiurkan. Keberadaan mobil saat ini sudah bukan lagi kebutuhan tersier atau bahkan sekunder, namun sudah berubah menjadi kebutuhan primer.

Sebagian besar orang modern saat ini butuh yang namanya mobil, entah untuk kebutuhan pribadi maupun untuk menunjang kegiatan bisnisnya.

2.Salah Satu Usaha yang Mudah Dikelola

Usaha rental mobil menjadi salah satu usaha yang mudah untuk dikelola. Anda bisa melakukan kontrol secara langsung dari rumah.

Namun, jika tak ingin repot, Anda juga bisa menyewakan unit mobil yang dimiliki kepada pihak penyedia jasa rental mobil yang sudah besar dan punya nama.

Jika Anda memilih cara ini, biasanya akan menerapkan sistem bagi hasil sesuai dengan kesepakatan awal.

3.Jangkauan Pasar Lebih Luas

Meskipun fakta di lapangan menjalankan usaha rental mobil lumayan ketat, namun peluang untuk memasarkan usaha tersebut masih terbuka lebar, mengingat kebutuhan akan kendaraan pribadi kian meningkat seiring berjalannya waktu.

Ditambah lagi dengan jangkauan pasarnya yang cukup luas. Asalkan Anda bisa memberikan pelayanan yang lebih baik dan menawarkan banyak program hingga promo, pasti banyak konsumen yang memilih layanan jasa Anda serta memilih untuk setia.

4.Memungkinkan Meski Dijalankan Tanpa Modal Sekalipun

Tak semua usaha rental mobil membutuhkan modal yang besar. Hal ini tergantung target level usaha rental usaha yang Anda inginkan.

Jika ingin memiliki tempat penyewaan yang besar dengan unit lengkap dengan pembelian semua unit cash, tentu akan membutuhkan modal yang sangat besar.

Berbeda jika Anda memutuskan untuk kredit mobil, hanya dengan uang muka 5 juta hingga 10 juta saja sudah bisa bawa pulang unit mobil.

Kemudian pilihan lainnya yang bahkan tak memerlukan modal adalah bekerja sama dengan mitra yang memiliki mobil dan Anda berperan sebagai wadah penghubung antara penyewa dengan pemilik kendaraan. Seiring berjalannya waktu, Anda bisa mengembangkannya menggunakan aplikasi sewa kendaraan.

Kerugian Menjalankan Usaha Rental Mobil

Selain Anda bisa memperoleh keuntungan dari usaha rental mobil, ada beberapa kerugian yang harus Anda ketahui sebelum memutuskan untuk terjun langsung.

Tanpa penerapan regulasi yang tepat resiko kerusakan, kehilangan, hingga dibawa kabur akan semakin besar.

Pada umumnya, unit mobil yang memiliki jam terbang sewa yang tinggi akan lebih rentan terjadi kerusakan karena penggunanya pun bermacam – macam.

Sifat acuh tak acuh dan berlaku sembarangan seringkali menjadi faktor utama kerusakan pada mobil dalam waktu singkat.

Intinya menggunakan kendaraan pribadi milik sendiri dengan milik rental pasti akan berbeda perlakuannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google Berita.

About Redaksi

Check Also

mobil

Pabrikan Jepang Ini Ciptakan Mesin Bahan Bakar Hidrogen

Linamasa.com – Saat ini kian banyak produsen mobil bersaing dan berlomba – lomba untuk terus …