Bill Russell
pbs.org

Bill Russell, Sosok Legendaris NBA yang Telah Tutup Usia

Linamasa.com – Kabar duka kini sedang menyelimuti para penggemar basket dunia karena harus kehilangan sosok legendaris NBA yakni Bill Russell yang diketahui sudah tutup usia di usianya yang sudah menginjak 88 tahun pada hari Minggu, 31 Juli 2022 waktu setempat.

Seperti dilansir dari unggahan media Reuters, bahwa terkait dengan kabar meninggalnya Bill Russell diketahui dari sumber terpercaya yakni akun twitter resmi miliknya.

Namun detail informasi mengenai lokasi meninggal hingga penyebab kematian dari Bill Russell tak dijelaskan lebih lanjut.

Mantan pemain dari klub Boston Celtics tersebut memang menjadi salah satu kiblat bagi sebagian besar para pecinta olahraga basket.

“Bill Russell, merupakan sosok pemenang yang dianggap paling produktif sepanjang sejarah olahraga yang diselenggarakan di Amerika Serikat, hari ini telah tutup usia dengan tenang di usianya yang mencapai 88 tahun bersama dengan istri, Jeannine di sisinya,” itulah isi dari pernyataan yang diunggah di akun resmi pribadi milik Bill Russell.

Melihat flashback dari Bill Russell, ia adalah seorang pemain yang mempunyai paling banyak gelar di NBA sepanjang sejarah olahraga basket di Amerika Serikat. Pada masa kejayaan Boston Celtics, ia mampu mengukuhkan total 11 gelar yang bisa didapatkannya.

Bill Russell juga tercatat pernah sebanyak lima kali berhasil terpilih sebagai Most Valuable Player (MVP) NBA dan setidaknya 12 kali terpilih dalam kategori tim All Star.

Selain sibuk di dunia olahraga basket, ia juga dikenal sebagai sosok yang sangat rajin dalam mendukung dan menyuarakan keadilan sosial di sepanjang hidupnya.

Perjalanan karirnya yang sangat gemilang, membuat nomor punggung enam milik Bill Russell harus dipensiunkan. Dimana nomor punggung enam tersebut, ke depannya tidak akan digunakan kembali oleh pemain lain.

Pada saat masih bermain di dunia olahraga basket, Bill Russell dikenal sebagai salah satu pemain yang memiliki kemampuan bertahan yang sangat kuat.

Bermodalkan kekuatan yang dimilikinya itu, bisa berhasil membawanya ke puncak kejayaan pada masanya.

Sepanjang karirnya, Bill Russell mencatatkan rata – rata poin di setiap permainan yakni 22,5 poin dan 21.620 rebound selama perjalanannya di 13 musim mulai dari tahun 1956 hingga tahun 1969.

Nama Bill Russell sendiri menjadi yang pertama kali masuk dalam daftar Hall of Fame (kategori pemain di tahun 1975) dan selanjutnya disusul pada tahun 2021 sebagai seorang pelatih.

Terkini, dengan banyaknya warisan prestasi yang ditinggalkannya, nama besar sosok legendaris Bill Russell diabadikan menjadi sebuah trofi MVP Final NBA.

Ungkapan Belasungkawa dari Mantan Presiden AS Barack Obama

Tak selang lama, unggahan pemberitahuan atas meninggalnya Bill Russell disusul ucapan yang diberikan langsung oleh Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama.

Barack Obama mengungkapkan bahwa kepergian Bill Russell menjadi momen kehilangan yang begitu besar bagi dunia olahraga khususnya basket di Amerika Serikat.

“Hari ini, kami harus kehilangan sosok raksasa. Yang tingginya setinggi Bill Russell saat tengah berdiri, warisan yang ditinggalkannya meningkat begitu pesat dan jauh lebih tinggi, baik dari sisi pemain maupun dari sisi pribadi,” tulis unggahan yang dilakukan oleh Barack Obama di akun twitter pribadinya.

“Mungkin bisa dianggap melebihi siapapun, Bill Russell sangat paham betul hal apa saja yang dibutuhkan untuk bisa mendapatkan kemenangan dan hal apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi seorang pemimpin,” lanjut unggahan dari Barack Obama.

Selain itu, Barack Obama juga tak lupa memaparkan sepak terjang Bill Russell di masa lalu. Dimana seorang Bill Russell menjadi orang paling aktif dalam mempelopori hak – hak sipil di negeri Paman Sam.

“Di dalam lapangan, ia merupakan juara terbesar dan tak terkalahkan sepanjang sejarah olahraga basket. Di luar dari sepak terjangnya di dunia basket, ia adalah sosok yang turut andil dalam mempelopori hak – hak sipil. Yang mana ia turut berbaris bersama dengan Martin Luther King Jr hingga bersama Muhammad Ali,” demikian pernyataan lengkap yang disampaikan oleh Barack Obama.

Barack Obama bukanlah satu – satunya tokoh penting yang memberikan ucapan belasungkawa langsung hingga mengenang berbagai warisan prestasi yang pernah ditorehkan oleh sosok legendaris Bill Russell.

Ucapan belasungkawa juga datang dari berbagai pihak seperti Jaylen Brown (pemain Boston Celtics), Adam Silver (Komisaris NBA) dan beberapa pemain basket lainnya yakni DeMarcus Walker (atlet American Football) dan Pau Gasol.

Ungkapan Belasungkawa dari Komisaris NBA Adam Silver

“Bill berdiri menjadi sesuatu yang lebih besar jika dibandingkan dengan olahraga. Di dalam DNA Liga kami, telah berhasil disusupi segala hal positif yang Bill Russell berikan seperti rasa hormat, nilai – nilai kesetaraan, hingga inklusi yang sama. Pada puncak kejayaannya, Bill Russell tak mau diam saja dengan memberikan semangat juang yang tinggi terhadap advokasi hak – hak sipil dan juga keadilan sosial. Ini adalah sebuah warisan yang sangat berharga yang ia berikan kepada generasi pemain NBA yang memang sudah mengikuti jejaknya,” kata Adam Silver (Komisaris NBA).

“Melalui berbagai ancaman, kesulitan, ejekan yang sebelumnya tak pernah terpikirkan, Bill Russell berhasil bangkit di atas segalanya dan selalu setia serta berpegang teguh pada pendiriannya bahwa setiap orang pantas diperlakukan dengan cara terhormat dan bermartabat,” lanjut penjelasan Adam Silver.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google Berita.

About Redaksi

Check Also

logo emas antam

Harga Emas dan Dollar Hari Ini, Senin 08 Agustus 2022

Linamasa.com – Harga emas cenderung mendapatkan sentiment yang negatif dari adanya penguatan dollar Amerika Serikat. …