...
koper topi
Freepik

5 Cara Memilih Koper yang Awet dan Murah untuk Liburan

Linamasa.com – Melakukan perjalanan jauh, salah satu barang yang tidak boleh dilupakan yakni tas atau koper. Koper merupakan pilihan yang tepat sebagai tempat untuk menyimpan barang-barang selama perjalanan.

Koper umumnya memiliki ukuran dan daya tampung barang yang besar. Koper juga lebih mudah untuk dibawa ke mana-mana karena di bagian bawahnya sudah dilengkapi dengan ban. Jadi, kita tidak perlu mengangkatnya saat berjalan.

Ada banyak jenis koper untuk perjalanan yang tersedia di pasaran, mulai dari ukuran kecil hingga besar. Kualitasnya pun bervariasi, ada yang berkualitas bagus hingga yang biasa-biasa saja.

Namun, perlu diperhatikan saat memilih koper untuk liburan agar perjalanan semakin nyaman. Berikut ini beberapa trik cerdas saat ingin memilih tas atau koper ketika ingin liburan.

Cara Memilih Koper yang Awet

Tidak boleh sembarangan dalam memilih sebuah koper ketika akan melakukan perjalanan jauh.
Pastikan Anda sudah memilih jenis koper yang tepat, baik dari segi ukuran, kapasitas dan fleksibilitasnya. Adapun cara memilih koper untuk liburan selengkapnya, sebagai berikut:

1. Sesuaikan dengan Kebutuhan

Saat memilih koper untuk perjalanan, pastikan Anda sudah memilihnya sesuai kebutuhan. Perhatikan barang apa saja yang ingin Anda bawa selama liburan, kemudian cocokkan dengan ukuran koper yang ingin digunakan.

Jangan sampai kapasitas koper tidak cukup untuk memuat semua barang bawaan selama liburan. Selain itu, perhatikan juga ukuran koper apakah sudah muat pas di bagasi atau tidak.

Bukan hanya untuk bagasi mobil, tetapi juga ukuran bagasi yang ada di pesawat, jika perjalanan Anda menggunakan jasa pesawat.

Kelebihan muatan koper akan mengharuskan Anda mengeluarkan biaya tambahan. Hal ini tentunya akan semakin memperbesar pengeluaran yang harus Anda gunakan untuk liburan.

2. Pilih Ukuran Koper yang Tepat

Masih ada hubungannya dengan hal di atas, di sini kamu juga perlu memperhatikan ukuran koper. Di pasaran ada beragam pilihan koper dengan daya tampungnya masing-masing.

Pastikan Anda memilih koper dengan daya tampung yang besar agar bisa memuat semua barang bawaan.

Saat ingin membeli koper, di masing-masing barang biasanya sudah tertera ukurannya dalam hitungan dimensi (panjang x lebar x tinggi).

Adapun beberapa ukuran koper yang dijual di pasaran saat ini, antara lain:

  • Koper ukuran 16” atau dengan dimensi 30cm x 17cm x 47cm.
  • Koper ukuran 20” atau dengan dimensi 37cm x 22cm x 56cm.
  • Koper ukuran 22” atau dengan dimensi 38cm x 22cm x 48cm.
  • Koper ukuran 24” atau dengan dimensi 43cm x 23cm x 63cm.
  • Koper ukuran 28” atau dengan dimensi 47cm x 32cm x 73cm.
  • Koper ukuran 32” atau dengan dimensi 51 cm x 35cm x 81cm.

3. Perhatikan Kualitas Bahan dari Koper

Trik lain yang juga tidak boleh Anda sepelekan yakni soal kualitas bahan dari koper tersebut. Beberapa jenis koper biasanya dibuat dari bahan dengan kualitas yang berbeda-beda.

Pastikan Anda sudah memilih jenis koper dengan kualitas bahan terbaik agar koper lebih kuat dan nyaman untuk menyimpan barang. Salah satu jenis bahan untuk pembuatan koper yang bisa dijadikan pilihan yakni polycarbonate.

Bahan ini mirip seperti material plastik yang cukup kuat namun ringan. Koper dengan jenis hard case seperti ini biasanya juga dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau.

Selain itu, jenis bahan lain yang bisa dijadikan pilihan yakni nylon atau polyester. Kedua jenis bahan pembuatan koper ini diklaim sangat nyaman saat dibawa selama perjalanan. Kedua jenis bahan tersebut juga bisa lebih mudah masuk ke dalam kabin pesawat atau bagasi.

4. Memastikan Roda dan Pengaman Koper Berfungsi Baik

Roda di koper dibutuhkan untuk semakin memudahkan Anda saat membawanya. Jadi, Anda tidak perlu lagi menggotong atau mengangkatkan selama perjalanan.

Namun, terdapat beberapa jenis koper yang kualitas rodanya tidak cukup baik. Roda cepat rusak bahkan saat baru pertama kali dicoba.

Selain itu, pastikan Anda memilih koper dengan jenis roda spinner (roda empat) agar lebih mudah bergerak.

Tidak hanya roda, bagian kunci pengaman pada koper juga perlu Anda perhatikan. Kunci pengaman dengan kualitas terbaik akan memastikan barang-barang penting yang ada di dalam koper dalam keadaan aman.

5. Memilih Toko yang Tepat

Saat ingin membeli koper untuk perjalanan, sebaiknya Anda mengunjungi toko yang kredibel dan profesional.

Toko seperti ini akan sangat memperhatikan kualitas barang yang dijualnya, termasuk untuk sebuah koper.

Toko yang kredibel hanya akan menjual produk koper dengan kualitas terbaik. Tidak hanya dari segi kualitas, toko yang kredibel biasanya juga menyediakan promo dan diskon besar-besaran bagi pelanggan setianya. Jadi, Anda bisa lebih menghemat pengeluaran untuk perjalanan Anda.

Itulah tadi beberapa 5 Cara Memilih Koper yang Awet dan Murah untuk Liburan. Bikin liburan menjadi lebih aman dan nyaman dengan pilihan koper yang tepat. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google Berita.

About Redaksi

Check Also

Bully

Kamu Wajib Tahu! Ini 6 Cara Menghadapi Bullying

Linamasa.com – Bully atau perundungan tidak mengenal batasan gender atau status sosial. Baik perempuan maupun …