...
buah kiwi di mangkuk
Freepik/jcomp

6 Manfaat dan Fungsi Vitamin C Bagi Tubuh Anda

Linamasa.com – Asam askorbat atau yang lebih dikenal vitamin C sudah dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Yang mana manfaat dari vitamin C itu sendiri memiliki peran sebagai senyawa pembentukan kolagen.

Kolagen merupakan protein yang sangat berperan penting untuk pembentukan tulang, sendi, jaringan kulit dan lain sebagainya.

Vitamin C ini biasanya paling banyak terdapat pada buah-buahan seperti jeruk, mangga, kiwi, nanas, stroberi dan masih banyak buah lainnya.

Sesuai beberapa penelitian menjelaskan bahwa manfaat dari vitamin C juga bisa digunakan untuk menurunkan kolesterol.

Vitamin C juga bisa memproduksi bahan kimia yang ada pada otak. Agar Anda lebih memahami lebih jelas tentang manfaat dan fungsi vitamin C berikut ini penjelasannya.

Manfaat dan Fungsi dari Vitamin C yang Perlu Anda Ketahui

1.Melawan Kanker

Perlu diketahui bahwa vitamin C juga dapat melawan kanker. Jika seseorang mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C seperti buah-buahan dan sayuran yang segar.

Yang pasti akan memiliki resiko yang sangat rendah untuk terserang kanker seperti kanker payudara, serviks, prostat dan masih banyak lagi. Ada riset menyatakan bahwa vitamin C bisa dijadikan racun untuk melawan sel kanker tertentu.

2.Menurunkan Resiko Serangan Jantung

Vitamin C juga berfungsi untuk menghilangkan aterosklerosis yang ada di dalam jantung. Yang dimaksud aterosklerosis adalah dimana salah satu kondisi arteri jantung mengalami penebalan.

Yang mana bila terjadi penebalan maka akan meningkatkan resiko serangan jantung akibat aliran darah tidak lancar.

3.Mengobati Asma

Makanan yang banyak mengandung Vitamin C juga baik dikonsumsi bagi Anda yang menderita sakit asma. Makanan yang banyak mengandung vitamin C menurut para ahli juga bisa mengurangi resiko sesak nafas.

Oleh sebab itu bagi yang menderita sakit sesak nafas sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C.

Buah yang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi ialah Jeruk, Mangga. Nanas, Kiwi dan masih banyak lagi.

4.Mengobati Infeksi Miss V (BV)

Infeksi yang terjadi pada miss v biasanya disebabkan oleh keputihan, karena punya masalah keputihan abnormal biasanya menimbulkan bau tak sedap.

Hasil penelitian menemukan dengan memberikan kapsul vitamin C bacterial vaginosis (BV) bisa diobati. Yang dimaksud diobati disini ialah agar Ph pada organ kewanitaan yang tinggi bisa kembali normal.

5.Meningkatkan Mood

Sekarang banyak orang yang sangat mudah sekali mengalami stress yang disebabkan kekurangan vitamin C karena perubahan psikologis. Penelitian yang dilakukan McGill University dengan memberikan suplemen vitamin C pada orang yang dalam keadaan stress. Akan sangat membantu untuk meningkatkan suasana hati mereka agar cepat kembali normal.

6.Memperbaiki Kulit

Kebutuhan kulit akan antioksidan yang sangat banyak bisa didapatkan dari vitamin C. Fungsi vitamin C pada kulit dapat menetralkan radikal bebas yang menumpuk karena pacaran sinar matahari dan faktor usia.

Agar mendapatkan hasil yang maksimal vitamin C juga dapat dikombinasikan dengan bahan lainnya. Dengan melakukan ini dapat mencegah tanda-tanda penuaan dini, menjaga warna kulit, tekstur kulit, serta pigmentasi yang tidak merata. Selain itu ternyata vitamin C merupakan salah satu makanan yang berfungsi sebagai pendukung detoksifikasi hati.

Demikian pembahasan tentang manfaat dan fungsi vitamin C yang perlu diketahui dan semoga pembahasan ini bermanfaat bagi Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google Berita.

About Redaksi

Check Also

Anemia Aplastik

Mengenal Anemia Aplastik: Pengertian, Penyebab dan Gejalanya

PadLinamasa.com – Anemia aplastik merupakan kondisi kesehatan yang mengakibatkan kurangnya sel darah, baik itu trombosit, …