...
monumen tugu yogya
Flickr/PCPM172 Temu Kangen

Kampus Kesehatan yang Ada di Jogja

Linamasa.com – Jurusan kesehatan yang meliputi keperawatan hingga kedokteran, saat ini masih ramai diburu oleh para calon mahasiswa pada umumnya.

Jurusan yang berhubungan dengan kesehatan mempelajari bidang ilmu yang luas. Selain kemampuan, semua mahasiswanya juga harus memiliki ilmu medis yang mumpuni sebelum terjun ke dunia kerja.

Salah satu kota paling populer dan menyediakan banyak kampus kesehatan berkualitas adalah Yogyakarta.

Sebagai kota pelajar, Yogyakarta memang mempunyai sederet kampus kesehatan unggulan yang bisa Anda jadikan sebagai rekomendasi.

Apa saja rekomendasi kampus kesehatan di Jogja terbaik?

1.Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas Gadjah Mada (UGM) sebagai salah satu universitas bergengsi di Yogyakarta dan di nusantara, menyediakan banyak bidang ilmu kesehatan yang berada di bawah FKKMK (Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan) yakni jurusan Pendidikan Dokter, Ilmu Keperawatan dan Ilmu Gizi untuk program studi Sarjana.

Sedangkan untuk program studi pendidikan Pasca Sarjana, Universitas Gadjah Mada (UGM) menyediakan 20 program studi.

Kemudian untuk program studi Master terdapat enam program studi. Terakhir, program studi Doktoral terdapat 1 progam studi saja.

Begitu lengkapnya jurusan dan program studi yang disediakan, bisa menunjukkan bahwa kualitas pendidikan kesehatan di Universitas Gadjah Mada (UGM) tak diragukan lagi dan mampu mencetak sumber daya manusia berbakat sesuai bidangnya.

Sebagian besar jurusan kesehatan di Universitas Gadjah Mada (UGM) sudah mendapatkan akreditasi A dari BAN PT. Anda bisa menemukannya di Jalan Farmako, Senolowo, Sekip Utara, Depok, Sleman, Yogyakarta.

2.Universitas Islam Indonesia (UII)

Universitas Islam Indonesia (UII) sebagai salah satu rekomendasi kampus terbaik untuk belajar ilmu kesehatan, menyediakan banyak jurusan.

Jurusan yang bisa Anda pilih meliputi Biokimia & Gizi, Mikrobiologi, Farmakologi, Patologi Klinik, Ilmu Kesehatan Masyarakat, Anatomi, Histologi & Biologi, Fisiologi dan lain sebagainya.

Perlu Anda ketahui, bahwa sebagian besar jurusan kesehatan yang terdapat di kampus ini sudah mengantongi Akreditasi A dari BAN PT, jadi dari segi kualitas pun tak perlu diragukan lagi.

Untuk program studi yang disediakan juga sangat lengkap meliputi 2 program studi D3, 3 program studi untuk jenjang Sarjana Terapan, 26 program studi untuk jenjang Sarjana, 13 program studi untuk jenjang Magister, 5 program studi untuk jenjang Doktoral dan 3 program studi untuk profesi.

Anda bisa menemukan kampus ini di Jalan Kaliurang, Krawitan, Umbulmartani, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta.

3.Universitas Ahmad Dahlan (UAD)

Universitas Ahmad Dahlan (UAD) juga direkomendasikan untuk Anda jadikan pilihan memperdalam bidang ilmu kesehatan.

Salah satu program pendidikan kesehatan paling populer adalah Kesehatan Masyarakat yang menyediakan 6 program studi antara lain Promosi Kesehatan, Kesehatan & Keselamatan Kerja, Kesehatan Lingkungan, Manajemen Rumah Sakit, Kesehatan Reproduksi, Epidemiologi & Penyakit Tropik.

Universitas Ahmad Dahlan (UAD) bidang kesehatan, sebagian besar juga telah mengantongi Akreditasi A dari BAN PT. Anda bisa menemukan kampus ini di alamat Jalan Jenderal Ahmad Yani, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta.

4.Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menjadi rekomendasi kampus kesehatan terbaik selanjutnya yang bisa dijadikan sebagai pilihan. Program studi yang bisa Anda pilih mulai dari Keperawatan hingga Kedokteran.

Lulusan Keperawatan di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dididik untuk bisa menjadi individu yang holistic, tak hanya bisa menunjukkan kemampuan fisik saja, melainkan juga mengatur emosi, sosial budaya, psikologis, spiritual, relasi dan lingkungannya.

Kemudian untuk mahasiswa yang ingin menyandang gelar dokter, setidaknya harus menyelesaikan dua program studi terlebih dahulu yakni Program Sarjana Kedokteran dan Program Profesi Dokter.

Tak perlu khawatir, bidang ilmu kesehatan di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) sudah terakreditasi A dari BAN PT.

Anda bisa menemukannya di alamat Jalan Lingkar Selatan, Geblagan, Tamantirto, Bantul, Yogyakarta.

5.Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW)

Selanjutnya ada Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) dengan kualitas pendidikan kesehatan

terbaik. Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) juga menyediakan program studi kedokteran dan program studi keperawatan yang sudah mengantongi akreditasi A dari BAN PT.

Jadi Anda bisa pilih sesuai kebutuhan, bakat dan minat yang diinginkan untuk mendalami bidang ilmu kesehatan lebih lanjut.

Anda bisa menemukannya di alamat Jalan dr Wahidin Sudirohusodo, No 5-25 Yogyakarta.

6.Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bethesda Yakkum

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bethesda Yakkum fokus pada program studi pendidikan Diploma 3 Keperawatan dan program studi pendidikan Sarjana Keperawatan. Kampus ini sudah mendapatkan Akreditasi dari BAN PT.

Untuk bisa menemukan kampus ini, Anda bisa datang langsung ke alamat Jalan Johar Nurhadi No 6, Kotabaru, Gondokusuman, Yogyakarta.

7.Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Wira Husada

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Wira Husada menawarkan sistem pembelajaran yang lebih intens jika dibandingkan dengan kampus lain. Setiap mata kuliah yang diajarkan, akan dibagi menjadi tiga kelompok kecil.

Yang mana setiap kelompok mempunyai masing – masing mentor. Jadi para mahasiswa diharapkan bisa lebih paham terkait dengan semua materi yang diajarkan.

Seperti deretan kampus terbaik lainnya, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Wira Husada juga sudah mengantongi Akreditasi dari BAN PT.

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Wira Husada juga menyediakan fasilitas cukup lengkap dengan dukungan berbagai peralatan yang memadai sehingga kemampuan para mahasiswa lebih matang lagi. Selain itu, pada setiap semester, mahasiswa juga akan dibekali dengan pendalaman soft skill.

Dengan berbagai pembekalan tersebut, diharapkan bisa membantu dalam membentuk karakter para mahasiswa menjadi seorang perawat yang profesional dan juga terampil.

Untuk bisa menemukan kampus ini, Anda bisa datang langsung ke alamat Jalan Babarsari, Glendongan, Caturtunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta.

8.Akademi Keperawatan YKY Yogyakarta

Akademi Keperawatan YKY Yogyakarta menyediakan program studi keperawatan diploma 3 yang menggunakan kurikulum 2014 sesuai dengan Keputusan Menteri Pendidikan Nomor 232 / U / 2000 dan Nomor 045 / U / 2002. Kampus ini juga sudah mendapatkan Akreditasi dari BAN PT.

Untuk menemukannya, Anda bisa datang ke alamat Jalan Patangpuluhan, Sonosewu, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta.

9.Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Al Islam Yogyakarta

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Al Islam Yogyakarta yang juga berfokus mempelajari ilmu kesehatan, hanya menyediakan tiga program studi saja antara lain program studi Sarjana Ilmu Keperawatan, Diploma 3 Keperawatan serta Diploma 3 Analis Farmasi dan Makanan.

Sebagai salah satu rekomendasi kampus kesehatan terbaik yang ada di Yogyakarta, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Al Islam Yogyakarta juga sudah mendapatkan Akreditasi dari BAN PT.

Untuk bisa menemukan kampus ini, Anda bisa datang ke alamat Jalan Bantul No 1221, Gedongkiwo, Mantrijeron, Yogyakarta.

10.Akademi Perawatan Karya Bakti Husada Yogyakarta

Akademi Perawatan Karya Bakti Husada Yogyakarta yang sudah mendapatkan Akreditasi dari BAN PT, layak Anda jadikan sebagai salah satu pilihan untuk mendalami bidang ilmu kesehatan.

Kampus yang terletak di Jalan Parangtritis Km 5 Manding, Sabdodadi, Bantul, Yogyakarta ini fokus pada bidang kesehatan saja.

Jadi diharapkan para mahasiswa bisa lebih matang, baik segi skill maupun pengetahuan medis yang dimiliki. Untuk program studi yang disediakan hanya Diploma 3 Keperawatan saja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google Berita.

About Redaksi

Check Also

SNBP

Kamu Ingin Daftar SNBP 2024 di UNPAD? Ini 5 Prodi UNPAD yang Paling Diminati di SNBP 2023 yang Wajib Kamu Ketahui

Linamasa.com – Jika kamu tengah mempersiapkan diri untuk mendaftar Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2024 …