UGM
Litbang Kementerian Dalam Negeri

Universitas di Jogja yang Ada Jurusan Hukum

Linamasa.com – Jurusan ilmu hukum diketahui memang menawarkan prospek kerja yang cukup bagus dan cakupannya pun luas. Prospek kerja bagus inilah yang mendorong dan menjadi salah satu alasan mengapa banyak diminati oleh para calon mahasiswa.

Jika Anda punya daya tarik dan berminat untuk terjun di bidang ilmu hukum, beberapa kampus di Jogja menawarkan kualitas pendidikan hukum yang baik serta bisa Anda jadikan sebagai referensi.

Nantinya, di Fakultas Hukum Anda akan belajar banyak hal yang berkaitan dengan hukum yang tertuang di dalam perundang – undangan seperti halnya hukum konstitusi, hukum perdata, hukum pidana, hukum dagang dan masih banyak lagi.

Para mahasiswa jurusan ilmu hukum harus mempunyai kemampuan menghafal, komunikatif, berpikir logis, berpikir kritis dan bisa menyampaikan pendapatnya secara lugas.

Sebagai kota pelajar, Jogja memang selalu menarik banyak minat calon mahasiswa untuk bisa mengenyam pendidikan tinggi disana. Berikut terdapat beberapa referensi Fakultas Hukum terbaik yang ada di kampus Yogyakarta.

1.Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas Gadjah Mada (UGM) tak hanya tercatat sebagai salah satu universitas terbaik di Jogja saja, melainkan juga menjadi salah satu perguruan tinggi negeri di deretan teratas terbaik di ruang lingkup nasional.

Dosen – dosen pengajar yang tergabung bersama Universitas Gadjah Mada (UGM) berasal dari kalangan – kalangan berkualitas.

Banyak latar belakang pendidik dengan jenjang pendidikan doktor hingga professor yang dikenal hingga ke mancanegara.

Yang paling penting, fasilitas terkait dengan pembelajaran ilmu hukum di Universitas Gadjah Mada (UGM) sudah sangat lengkap.

Mahasiswa yang berhasil lolos di Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (UGM) juga akan diarahkan untuk bisa mempunyai penguasaan tentang dasar – dasar hukum dan ditargetkan harus bisa menguasai salah satu dari konsentrasi minat terkait dengan Ilmu Hukum tersebut.

Fakultas Hukum di Universitas Gadjah Mada (UGM) saat ini menyediakan 13 konsentrasi tentang Ilmu Hukum seperti Hukum Internasional, Hukum Pidana, Hukum Perdata, Hukum Pajak, Hukum Tata Negara dan lain sebagainya.

Fakultas Hukum di Universitas Gadjah Mada (UGM) menyediakan beberapa program pendidikan seperti Program Sarjana, Program Pascasarjana hingga Program Doktoral. Yang paling penting untuk memastikan kualitas pendidikannya, Fakultas Hukum di Universitas Gadjah Mada (UGM) sudah memiliki Akreditasi A dari pihak BAN PT dan mengantongi sertifikat internasional AUN.

2.UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (UINSUKA)

Kurikulum yang ditetapkan oleh UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (UINSUKA) ialah Kurikulum KKNI dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi yang sudah menginterkoneksikan serta mengintegrasikan ilmu hukum dengan ilmu berbasis keislaman. Fakultas Hukum yang ada di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (UINSUKA) terdiri dari Fakultas Syari’ah dan Hukum.

Fakultas Syari’ah dan Hukum yang ada di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (UINSUKA) menyediakan program studi seperti Al Ahwal Al Syakhisyiyyah (Hukum Keluarga), Perbandingan Madzhab, Siyasah (Hukum Ketatanegaraan Islam), Muamalat (Hukum Perdata dan Bisnis Islam).

Semua program studi yang ada di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (UINSUKA) sudah mengantongi Akreditasi A dari pihak BAN PT.

3.Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menjadi salah satu perguruan tinggi swasta yang memiliki Fakultas Hukum terbaik yang ada di daerah Yogyakarta. Moto yang dipertahankan hingga kini oleh Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) adalah Unggul dan Islami.

Terdapat banyak dosen yang berperan aktif di Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dengan kualitas terbaik yang bisa dibuktikan melalui prestasi, publikasi hingga karya jurnalnya.

Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) juga menyediakan banyak fasilitas memadai yang mana bisa digunakan untuk mendukung dan memperlancar semua proses pembelajaran para mahasiswa.

Beberapa fasilitas yang ada di Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) antara lain seperti fasilitas perlombaan, ruang peradilan anak, ruang peradilan umum, hingga perpustakaan.

Program studi Ilmu Hukum yang ada di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) sudah mengantongi Akreditasi A dari pihak BAN PT.

4.Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY)

Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) sebagai salah satu kampus swasta terbaik di Jogja, semakin hari semakin dikenal oleh masyarakat. Terlebih lagi sudah banyak Fakultas disana yang mendapatkan Akreditasi A dari BAN PT seperti salah satunya adalah Fakultas Hukum.

Fakultas Huku Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) mempunyai tujuan utama yakni mencetak para lulusan Ilmu Hukum yang berpedoman pada integritas, moral tinggi dan profesionalitas selama berkecimpung di bidang hukum.

Fakultas Hukum Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) menyediakan 6 konsentrasi minat seperti Hukum Kesejahteraan Sosial, Hukum Hubungan Internasional, Hukum Ketatanegaraan dan Pemerintahan, Hukum Pertanian dan Lingkungan Hidup, Hukum Ekonomi dan Bisnis.

Sedangkan untuk fasilitas yang disediakan oleh Fakultas Hukum Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah laboratorium hukum (dilengkapi dengan dokumen hukum skala nasional dan internasional, pusat bantuan dan konsultasi hukum, ruang praktek peradilan, pusat dokumentasi hukum dan ruang diskusi.

5.Universitas Islam Indonesia (UII)

Universitas Islam Indonesia (UII) menjadi salah satu perguruan tinggi yang mendirikan Fakultas Hukum di Indonesia.

Universitas Islam Indonesia (UII) juga masuk dalam kategori universitas swasta dengan Fakultas Hukum terbaik di daerah Yogyakarta.

Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (UII) sudah mendapatkan berbagai sertifikat profesional baik dari ruang lingkup nasional maupun internasional.

Program Studi Ilmu Hukum Universitas Islam Indonesia (UII) sudah mendapatkan Akreditasi A dari BAN PT, sedangkan untuk sertifikat dari level internasional sudah mengantongi AUN QA (level program studi Sarjana).

Selain itu, para tenaga pengajar di Universitas Islam Indonesia (UII) juga berasal dari background kampus ternama baik dari dalam negeri dan luar negeri.

6.Universitas Janabadra

Universitas Janabadra merupakan salah satu perguruan tinggi swasta (PTS) yang didirikan pada tahun 1959. Mengingat Fakultas Hukum sangatlah penting, Universitas Janabadra juga mendirikannya di tahun yang sama dengan tahun berdirinya universitas.

Fakultas Hukum Universitas Janabadra saat ini sudah bekerjasama dengan banyak instansi hingga lembaga pemerintah maupun swasta.

Beberapa contoh kerjasama yang telah dilakukan oleh Universitas Janabadra antara lain dengan Pengadilan Agama, Bursa Efek Surabaya, Advokat, Notaris, DPRD Sleman, PERADI, IKADIN, Mahkamah Konstitusi, Mahkamah Agung RI, Departemen Kehakiman dan HAM.

Untuk konsentrasi minat yang disediakan oleh Fakultas Hukum Universitas Janabadra seperti Hukum Keperdataan Dagang, Hukum Internasional, Hukum Administrasi Negara, Hukum Tata Negara, Hukum Pidana, dan Hukum Keperdataan BW.

7.Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta (UNJANI)

Sebagai salah satu universitas terbaik di Yogyakarta yang menyediakan Fakultas Hukum, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta (UNJANI) bisa dikatakan berbeda dengan universitas pada umumnya.

Meski pembelajaran yang diberikan hampir sama dengan pembelajaran hukum di kampus lain, yang membuatnya unik adalah adanya tambahan kajian terkait dengan bidang Hukum Militer.

Mata kuliah yang memberikan kajian Hukum Militer di Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta (UNJANI) antara lain Diplomasi dan Resolusi Konflik, Hukum Acara Peradilan Militer, Perbandingan Hukum Militer, dan Hukum Kemanusiaan.

Bidang Hukum Militer ini menjadi ciri khas dari Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta (UNJANI).

Karena berdirinya Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta (UNJANI) sendiri terinspirasi langsung dengan sepak terjang serta perjuangan pahlawan nasional Jendral Ahmad Yani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google Berita.

About Redaksi

Check Also

logo mercu buana

Jurusan yang Ada di Universitas Mercu Buana

Linamasa.com – Universitas Mercu Buana menjadi salah satu universitas favorit yang tak hanya menawarkan kualitas …