Christiano Ronaldo
Getty Images/Alex Pantling

Ronaldo Putus Kontrak dengan MU, Ini 3 Kerugian MU

Linamasa.com – Christiano Ronaldo dikabarkan sudah mengajukan permintaan untuk pemutusan kontraknya pada klub yang menaunginya yakni Manchester United.

Namun, dibalik dari pemutusan kontrak tersebut, terdapat beberapa kerugian yang membayangi setan merah, jika pemutusan kontrak benar – benar terjadi.

Ronaldo hingga kini masih mempunyai sisa kontrak selama satu musim ke depan bersama Manchester United. Namun kondisi CR7 yang ada di bursa transfer saat ini memang tidak bisa dipastikan.

Manajemen Manchester United sudah menegaskan bahwa mereka menginginkan Christiano Ronaldo tetap bertahan bersama tim dan menjadi bagian dari proyek baru bersama dengan Erik Ten Hag.

Namun siapa sangka, kegagalan Man United bisa lolos ke level Liga Champions digadang – gadang menjadi salah satu faktor yang menyebabkan CR7 ingin segera hengkang.

Situasi menjadi semakin rumit kala Christiano Ronaldo izin untuk tidak ikut hadir dalam gelaran tur pramusim bersama Manchester United karena alasan keluarga.

Hal ini tentu saja bisa dianggap sebagai sinyal kuat bahwa Christiano Ronaldo mempunyai keseriusan untuk mempertimbangkan lebih lanjut terkait niatnya hengkang dari Old Trafford.

“Dia saat ini sedang tidak bersama kami, karena ada alasan pribadi. Kami pun mempunyai rencana untuk terus bersama Christiano Ronaldo sepanjang musim ini, itu saja,” ungkap Ten Hag.

Jika dilihat dari sisi Ten Hag, dengan tidak hadirnya Christiano Ronaldo di pra musim, membuat ia tak punya banyak waktu lagi untuk bisa menyusun strategi terhadap timnya dengan adanya Christiano Ronaldo di dalamnya.

Setelah sempat melakukan diskusi yang panjang pada hari Rabu, 27 Juli 2022, ada kabar terbaru jika Christiano Ronaldo ternyata mengajukan pemutusan kontraknya dari klub Manchester United tersebut.
Kerugian yang Membayangi MU

Berikut sederet kerugian jika Manchester United benar – benar menyetujui permintaan pemutusan kontrak yang diajukan Christiano Ronaldo :

1.Uang Transfer dari Ronaldo Hangus

Dengan memberikan persetujuan terkait dengan pengajuan pemutusan kontrak yang dilakukan oleh Christiano Ronaldo, berarti Manchester United juga harus siap jika tak mendapatkan uang transfer dari Christiano Ronaldo.

Setelah dinyatakan selesai, Christiano Ronaldo akan menjadi pemain bebas transfer, jadi klub mana saja yang menginginkannya, tak perlu membayar biaya transfer pemain karena berstatus bebas.

Dari sini Christiano Ronaldo akan mempunyai kebebasan untuk bisa menentukan masa depannya sendiri dan memilih klub mana saja yang ia sukai.

Status bebas transfer juga dianggap lebih memudahkan klub lain yang tertarik dengan Christiano Ronaldo. Ditambah lagi mereka juga tak berkewajiban menggelontorkan sejumlah dana.

Jika mengutip dari media transfermarkt, harga Christiano Ronaldo jika masuk bursa transfer setidaknya mencapai 30 juta Euro. Jumlah tersebut sangat lumayan jika digunakan sebagai tambahan untuk mendapatkan pemain bidikan.

2.Tak Ada Banyak Waktu untuk Cari Pemain Pengganti

Selain harus merelakan dana transfer yang hangus, Manchester United juga tak punya banyak waktu lagi untuk mencari pemain pengganti jika menyetujui pemutusan kontrak yang diajukan oleh Christiano Ronaldo.

Melihat jadwal Liga Inggris sendiri sudah dimulai pada tanggal 6 Agustus 2022 mendatang. Meskipun di sisi lain bursa transfer baru akan ditutup pada tanggal 1 September 2022, Manchester United akan diburu waktu. Dengan adanya sisa waktu yang sempit, mereka pun pasti akan buru – buru.

Resiko terbesarnya adalah memicu pengambilan keputusan yang serampangan sehingga memungkinkan mendapatkan pemain pengganti yang tak sesuai harapan.

Belum lagi proses perekrutan yang pastinya tidak akan berjalan mulus, dikarenakan banyak klub yang sudah punya rencana jangka panjang seiring dengan dimulainya musim baru.

Alhasil, harga dari transfer pemain pun bisa jadi meningkat berkali – kali lipat jika dibandingkan dengan harga normalnya.

3.Pengaruh pada Merchandise dan Tiket

Tak bisa dimungkiri, dengan adanya Christiano Ronaldo di tengah – tengah Manchester United, tentu saja bisa menjadi magnet bagi para penggemar sepak bola.

Meskipun saat ini Christiano Ronaldo sudah menginjak usia 37 tahun, pesonanya masih luar biasa hebat.

Dengan adanya Christiano Ronaldo, penjualan Merchandise untuk tim Manchester United pun bisa dijadikan sebagai salah satu sumber keuangan yang menggiurkan.

Hal tersebut sudah terbukti di awal musim ini, yang mana kostum bertuliskan nama Christiano Ronaldo, menjadi produk paling laris dan diburu.

Ditambah lagi dengan penjualan tiket yang selalu habis dan bangku di Old Trafford selalu terisi penuh berkat adanya Christiano Ronaldo. Ini tentu juga bisa dijadikan sebagai lahan subur untuk mendatangkan keuntungan.

Pemain yang Untung Jika Christiano Ronaldo Jadi Hengkang

Meskipun Manchester United akan mendapatkan banyak kerugian dengan hengkangnya Christiano Ronaldo, di sisi lain ada beberapa pemain yang justru malah diuntungkan dan mempunyai kesempatan untuk bersinar serta bisa menjadi maskot Manchester United.

Berikut beberapa pemain yang akan mendapatkan keuntungan jika Christiano Ronaldo jadi hengkang :

1.Anthony Martial

Selama pramusim di Australia dan Thailand, Anthony Martial mulai kembali menemukan gol – golnya. Striker asal perancis ini berhasil mendapatkan 3 gol dari total empat laga yang dilakoninya.

Hengkangnya Christiano Ronaldo bisa membuatnya menjadi pilihan utama untuk bisa jadi penyerang di Manchester United.

2.Jadon Sancho

Kedatangan Christiano Ronaldo membuat Jadon Sancho digeser ke sayap kiri dan diklaim menjadi posisi yang tidak ia sukai.

Hengkangnya Christiano Ronaldo, bisa membuat Jadon Sancho menjadi lebih leluasa dan memiliki pergerakan yang dinamis, mulai dari ditempatkan di sisi kanan serangan maupun sisi tengah serangan.

3.Bruno Fernandez

Sebelumnya, Bruno Fernandez punya catatan yang bagus bersama Manchester United, dengan kehadiran Christiano Ronaldo, membuatnya menjadi lebih redup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google Berita.

About Redaksi

Check Also

logo emas antam

Harga Emas dan Dollar Hari Ini, Senin 08 Agustus 2022

Linamasa.com – Harga emas cenderung mendapatkan sentiment yang negatif dari adanya penguatan dollar Amerika Serikat. …