baterai motor listrik Gesits
Gesits Motors Indonesia

Ramaikan Pameran PEVS 2022, Total Ada 12 Merek Motor Listrik

Linamasa.com – Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 telah resmi digelar yang dijadwalkan berlangsung mulai tanggal 22 Juli 2022 hingga 31 Juli 2022 dan berlokasi di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Pameran bergengsi ini dihadiri tak hanya motor listrik saja, namun ada mobil listrik hingga bus listrik.

Mengerucut ke kendaraan roda dua, setidaknya terdapat 12 merek motor listrik yang ikut meramaikan pameran Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022.

Merek – merek motor listrik tersebut antara lain seperti Trolis, Smoot, Selis, Regen, Rakata, Nozomi, Niu, Gesits, Erolis, Davigo, Keeway, dan Benelli.

Kemudian untuk beberapa merek komponen pendukung yang digunakan Vixmo, Von Dutch, PMB, Police, Oyika, Groen, Evolusi 3D, Element, B & D, Birubatt, Camp, Alton, ACMIC, ABC Lithium, dan Smartby.

Menurut penjelasan yang diberikan oleh Moeldoko (Ketua Umum Periklindo Electric Vehicle Show) bahwa pameran ini bertujuan untuk menjadi pemicu hingga pemacu kepada masyarakat agar paham betul cara penggunaan hingga manfaat menggunakan kendaraan berbasis listrik yang dikenal ramah lingkungan (zero karbon).

“Ini bisa dijadikan sebagai pemicu banyak pihak yang hendak beralih menggunakan mobil listrik di dalam negeri. Dimana dari pemerintah mempunyai dua program unggulan yakni transisi dari kendaraan berbasis konvensional menuju ke arah kendaraan berbasis listrik dan konversi yang bisa dilakukan dari mobil existing menuju ke arah kendaraan berbasis listrik,” kata Moeldoko (Ketua Umum Periklindo Electric Vehicle Show) pada hari Minggu, 24 Juli 2022 lalu.

“Melalui Pameran Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 ini, juga bisa merubah pandangan masyarakat umum terkait dengan kemudahan penggunaan mobil listrik. Mungkin karena masa transisi, banyak masyarakat yang beranggapan saat menggunakan mobil listrik cenderung rumit, padahal nyatanya sangat mudah dan simpel, kata Moeldoko (Ketua Umum Periklindo Electric Vehicle Show) lebih lanjut.

Menurut keterangan Moeldoko (Ketua Umum Periklindo Electric Vehicle Show), kehadiran kendaraan listrik saat ini, bisa menjadi jawaban atas tantangan global yang ada hingga membuat banyak negara menjadi krisis.

Salah satu krisis yang tengah dialami oleh banyak negara adalah krisis energy. Dimana, saat ini bisa kita lihat sendiri bahwa harga komoditas energy kian meroket. Ditambah lagi dengan sejumlah pekerjaan rumah terkait dengan isu lingkungan.

“Dengan menggunakan kendaraan listrik, seluruh tantangan yang ada dalam ruang lingkup global bisa terjawab. Adanya motor dan mobil berbasis listrik, bisa berdampak sangat signifikan yakni efisiensi energy hingga menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan sehat,” ungkap Moeldoko (Ketua Umum Periklindo Electric Vehicle Show).

Selama berkunjung ke Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022, para pengunjung mempunyai kesempatan untuk bisa melakukan test drive.

Hanya saja, syarat yang diterapkan harus terpenuhi. Setiap pengunjung yang ingin test drive berbagai merek motor listrik, harus sudah mengantongi SIM C terlebih dahulu.

Selanjutnya, para pengunjung cukup mengisi surat pernyataan yang sudah disediakan, mau pilih unit mana yang hendak dicoba.

“Silahkan isi surat pernyataan untuk melakukan test ride ini. Pilih salah satu model saja yang ingin dicoba. Tapi nanti selanjutnya tetap bisa memilih model lainnya di luar model yang sudah dipilih sebelumnya,” ungkap salah satu petugas yang ada pada area test ride pameran Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022.

Selama test ride, para pengunjung tidak diperkenankan untuk mengendarai motor listrik dengan ugal – ugalan, berkendara di bawah pengaruh obat – obatan maupun minuman beralkohol hingga dalam kondisi yang kurang sehat.

Selain itu, semua pengunjung yang melakukan test ride, wajib menggunakan sepatu dan juga helm demi keamanan.

Gesits Produk Motor Listrik Lokal yang Turut Ramaikan Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS)
Seperti yang sudah kita ketahui bersama, bahwa motor listrik buatan dalam negeri Gesits, sudah mulai dikembangkan sejak tahun 2018 dan sudah dipasarkan hingga ke seluruh Indonesia.

Jika dilihat secara sekilas, motor listrik buatan Indonesia tersebut mempunyai tampilan yang menyerupai Honda Vario keluaran tahun 2017. Yang mana menunjukkan garis bodi sporty, trendi dan tegas.

Pada Pameran Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 kali ini, gesits memamerkan tiga varian warna yakni putih, hitam dan merah. Motor ini ditenagai oleh listrik dengan daya mencapai 5 Kw.

Yang mana saat baterainya dalam kondisi penuh, bisa menempuh jarak maksimal 50 km dengan penggunaan baterai tunggal. Sementara untuk jarak tempuh maksimal 100 km, harus menggunakan baterai ganda.

Proses pengisian daya hingga penuh pun tak butuh waktu lama, yakni hanya sekitar 3 jam hingga 4 jam saja. Awal kemunculannya, Gesits ditawarkan dengan harga mencapai Rp 29,8 juta.

Memiliki satu tipe dengan transmisi matik diharapkan bisa menambah kenyamanan selama berkendara. Bagi para pengunjung yang ingin membeli langsung motor listrik Gesits ini di Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022, bisa mendapatkan keuntungan diskon langsung sebesar Rp 1 juta. Jadi Anda hanya perlu membayar Rp 28 jutaan saja.

Produk Lokal Selis Juga Tak Mau Kalah Unjuk Gigi

Sebelumnya, Selis dikenal sebagai merek pada sepeda listrik. Kini seiring perkembangannya, Selis juga hadir dalam bentuk motor listrik yakni Selis E Max.

Pabrikan motor listrik lokal ini juga ikut meramaikan Pameran Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 agar lebih dikenal di pasar dalam negeri.

Hanya saja, motor merek Selis ini tidak diperuntukkan untuk menempuh perjalanan jauh. Jarak tempuh maksimal yang bisa dijangkau saat kondisi baterainya penuh adalah 40 km saja. Sedangkan kecepatan maksimal yang bisa dicapai sekitar 50 km per jam.

Ditenagai dengan motor penggerak sebesar 1200 watt, motor Selis E Max diklaim mampu menciptakan kenyamanan pada setiap penggunanya.

Kemudian untuk baterainya sendiri memiliki spesifikasi 60 volt 20 ampere. Yang mana proses pengisian dayanya pun terbilang singkat, hanya butuh waktu 4 jam sampai 6 jam saja hingga terisi penuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google Berita.

About Redaksi

Check Also

logo emas antam

Harga Emas dan Dollar Hari Ini, Senin 08 Agustus 2022

Linamasa.com – Harga emas cenderung mendapatkan sentiment yang negatif dari adanya penguatan dollar Amerika Serikat. …