...
manajeme bisnis perkantoran
Freepik

Universitas yang Ada Jurusan Manajemen Bisnis di Jogja

Linamasa.com – Manajemen bisnis menjadi salah satu jurusan yang sangat populer saat ini. Terlebih bagi para generasi milenial yang sudah handal memanfaatkan perkembangan teknologi.

Dengan menempuh level pendidikan di bidang tersebut, bisa semakin memantapkan fondasi sebagai seorang pebisnis setelah lulus nanti guna mendukung bisnis berbasis teknologi.

Untuk jurusan manajemen bisnis sendiri, kota tujuan terbaik untuk melanjutkan pendidikan adalah Yogyakarta.

Disana banyak kampus ternama yang menyediakan jurusan manajemen bisnis dengan kualitas terbaik dan sudah terakreditasi. Apa saja deretan kampus paling direkomendasikan di Jogja untuk jurusan manajemen bisnis?

1.Universitas Gadjah Mada (UGM)

Sebenarnya tak hanya jurusan manajemen bisnisnya saja yang unggul, namun hampir semua jurusan yang disediakan oleh kampus UGM mempunyai kualitas terbaik dalam ruang lingkup nasional.

Inilah yang menjadi alasan utama, mengapa Anda harus mempertimbangkan Universitas Gadjah Mada (UGM) sebagai pilihan tepat.

Selain sudah mendapatkan akreditasi A dari pihak BAN PT, Universitas Gadjah Mada (UGM) juga menempati rangking yang cukup baik di kawasan Asia.

Bisa Anda lihat sendiri, sebagian besar mahasiswa lulusan Universitas Gadjah Mada (UGM) bisa bekerja di tempat – tempat bonafit dengan posisi strategis baik di bidang swasta maupun negeri.

Selama menempuh jenjang pendidikan S1, Anda harus menyelesaikan materi sebanyak kurang lebih 144 SKS.

2.Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Selanjutnya, ada Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang menyediakan jurusan manajemen bisnis terbaik yang layak untuk Anda jadikan pilihan.

Jurusan manajemen bisnis dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berhasil mencetak lulusan terbaik, generasi unggul, dan memiliki kompetensi di berbagai bidang.

Oleh sebab itu, jurusan manajemen bisnis disana akan mendidik semua mahasiswanya agar memiliki jiwa entrepreneur yang tinggi.

Ini perlu dilakukan agar para lulusan dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) tidak hanya bergantung pada aktivitas pencarian kerja saja, namun juga memiliki kemampuan untuk membuka lapangan kerja sendiri.

Kemandirian selama proses belajar, sangat berpengaruh pada dukungan untuk membuat bisnis menjadi lebih maju.

Pada semester akhir, para mahasiswa diwajibkan untuk mengikuti program magang hingga program riset untuk memantapkan bekal dari kemampuan yang dimiliki sehingga nantinya setelah lulus memang sudah siap terjun langsung di dunia kerja.

Hasil dari program – program tersebut, nantinya akan dijadikan sebagai dasar saat menyusun skripsi sebagai syarat mutlak untuk bisa lulus.

3.Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta (UPN)

Termasuk dalam kategori kampus swasta, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta (UPN) juga menawarkan jurusan manajemen bisnis yang mampu bersaing. Kampus ini berdiri pada tahun 1958 dan berhasil mendapatkan status kedinasan pada tahun 2014.

Selain jurusan ekonomi yang menjadi favorit para calon mahasiswa, jurusan bisnis juga memiliki kapasitas yang sama.

Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta (UPN) Juga sudah memiliki akreditasi yang sangat baik yakni A dari pihak BAN PT.

4.Universitas Islam Indonesia (UII)

Universitas Islam Indonesia (UII) menyediakan jurusan manajemen yang sudah memiliki akreditasi A dari pihak BAN PT.

Sehingga membuat kampus ini semakin percaya diri untuk terus meningkatkan kualitas pendidikannya dengan tujuan utama agar bisa mencetak para generasi muda yang tangguh dan berkualitas setelah lulus nanti.

Saat dinyatakan tak diterima di kampus negeri, Universitas Islam Indonesia (UII) bisa menjadi rujukan. Untuk mendukung proses belajar mengajarnya, kampus ini menyediakan berbagai sarana dan prasana yang sangat memadai.

Dukungan sistem pembelajaran yang sudah terintegrasi langsung dengan komputer dan memanfaatkan keberadaan teknologi digital.

Dengan demikian, tak akan ada mahasiswa yang gaptek setelah lulus dari Universitas Islam Indonesia (UII) dan siap menghadapi persaingan dunia kerja yang sudah memasuki industri 4.0.

Para pengajarnya pun didatangkan dari kalangan profesional mulai dari konsultan, penasehat di pemerintahan, peneliti, hingga kalangan pengusaha.

Jadi para mahasiswa tak hanya mendapatkan ilmu dari materi yang disampaikan saja, namun juga bisa langsung dari sumber terpercaya, profesional dan berpengalaman di bidangnya masing – masing.

Inilah yang menjadi salah satu kelebihan belajar di Universitas Islam Indonesia (UII) yang sampai saat ini masih patut untuk dibanggakan. Ilmu yang disampaikan memang benar – benar fakta, nyata dan terbukti, bukan hanya teori belaka.

Universitas Islam Indonesia (UII) juga mendukung penuh para mahasiswanya dengan cara menjembatani mereka melalui berbagai kajian secara langsung yang bisa didapatkan dari banyak industri.

5.UTY

UTY juga menjadi salah satu kampus di Jogja yang menyediakan jurusan manajemen bisnis terbaik. Yang menjadi dasar paling penting mengapa harus memilih kampus ini salah satunya adalah akreditasi yang didapatkannya.

Seperti rekomendasi kampus – kampus sebelumnya, UTY juga sudah mengantongi akreditasi A dari BAN PT.

Keunggulan dari kampus yang sudah mendapatkan akreditasi ini adalah tentu saja dari segi kualitas termasuk dalam level sangat baik.

Baik dari segi tenaga pengajar, sarana prasarana yang ditawarkan, hingga lingkungan kampusnya sendiri, semua memadai dan juga memberikan dukungan penuh pada proses pembelajaran. Untuk ilmu manajemen bisnis, UTY menyediakan jenjang Sarjana (S1), Magister (S2) dan Doktoral (S3).

Jadi jika Anda ingin mendalami ilmu bisnis lebih jauh lagi, tak perlu bingung cari – cari lagi kampus lain, karena biasanya saat hendak melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi di kampus yang sama dan latar pendidikan yang sama, biasanya akan jauh lebih mudah.

6.Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY)

Sebagai rekomendasi deretan kampus terbaik, Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) juga sudah mendapatkan akreditasi A dari pihak BAN PT untuk jurusan manajemen bisnisnya.

Perlu dipahami, ternyata hampir semua jurusan yang disediakan kampus ini juga sudah mendapatkan akreditasi A lho. Jadi tak perlu diragukan lagi dari segi kualitas pendidikannya.

Kabarnya, di Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) juga seringkali menggunakan bahasa pengantar saat pembelajaran adalah bahasa Inggris. Diharapkan mahasiswa bisa lebih terbiasa dan siap bersaing di kancah nasional maupun global.

Selama belajar manajemen bisnis, kampus ini menyediakan 4 fokus bidang ilmu seperti bisnis, sumber daya manusia, keuangan dan pemasaran.

Keempat bidang ilmu tersebut merupakan modal paling utama untuk diterapkan jika ingin menjadi pengusaha.

Jadi setelah lulus nanti, Anda sudah sangat siap jika ingin membangun bisnis sendiri dengan adanya pondasi dan modal yang kuat selama kuliah.

7.STIE YKPN

Meskipun fokus pada ilmu ekonominya, STIE YKPN juga bisa diandalkan pada jurusan manajemen bisnis. Setidaknya ada 3 fokus bidang ilmu yang nantinya akan bisa Anda pelajari yakni kewirausahaan kreatif, rantai pasok hingga pemasaran.

Tujuan disediakannya bidang – bidang ilmu ini adalah untuk mewujudkan pembelajaran yang lebih relevan, spesifik dan sesuai dengan tujuan dari kegiatan perkuliahan.

Seperti kampus – kampus sebelumnya, STIE YKPN juga sudah mengantongi akreditasi A dari pihak BAN PT.

Dengan kualitas pendidikan yang sangat baik, STIE YKPN ternyata menawarkan biaya kuliah yang lebih terjangkau jika dibandingkan kampus – kampus populer sebelumnya. Jadi bisa nih dijadikan rekomendasi untuk meringankan beban orang tua.

Nah dari beberapa rekomendasi kampus dengan jurusan manajemen bisnis terbaik di Jogja, mana nih yang kira – kira Anda minati.

Setidaknya pilihlah 3 kampus terlebih dahulu dan pelajari lebih lanjut masing – masing dari kampus bersangkutan.

Selanjutnya Anda bisa lebih memantapkan keinginan setelah mendapatkan informasi lengkap sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan pilihan. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google Berita.

About Redaksi

Check Also

SNBP

Kamu Ingin Daftar SNBP 2024 di UNPAD? Ini 5 Prodi UNPAD yang Paling Diminati di SNBP 2023 yang Wajib Kamu Ketahui

Linamasa.com – Jika kamu tengah mempersiapkan diri untuk mendaftar Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2024 …