...
air putih
Pexels/Pixabay

8 Minuman untuk Meredakan Nyeri Haid, Ladies Wajib Tahu!

Secara umum, wanita akan mengalami menstruasi setiap bulannya. Saat menstruasi datang, tidak sedikit wanita yang mengalami gejala PMS, seperti mood yang cepat naik turun, mudah lelah, dan rasa nyeri haid. Nyeri haid atau dismenore merupakan rasa nyeri atau kram di bagian bawah perut yang terjadi sebelum atau ketika mengalami menstruasi.

Nyeri haid yang dirasakan setiap wanita biasanya berbeda-beda, ada yang terasa ringan, namun ada juga yang mengalami nyeri yang cukup kuat sampai mengganggu aktivitas sehari-hari. Untuk mengatasi nyeri haid, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Diantaranya adalah dengan olahraga ringan, mengompres hangat bagian perut yang terasa nyeri, perbanyak istirahat, dan melakukan relaksasi.

Bukan hanya itu, mengkonsumsi minuman pereda nyeri haid juga bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Ada beberapa minuman sehat yang dipercaya efektif untuk meredakan nyeri haid. Ingin tahu apa saja minuman sehat tersebut? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

Teh Hijau

Pertama, kamu bisa mengkonsumsi teh hijau untuk mengatasi rasa nyeri haid yang dialami. Teh hijau mengandung antioksidan yang tinggi sehingga bisa mengoptimalkan kondisi tubuh.

Adanya sifat antiinflamasi dalam teh hijau juga bisa mengurangi perut kembung akibat menstruasi. Kamu bisa merasa lebih rileks dan tenang karena teh hijau mengandung senyawa L-Theanine.

Jus Nanas

Nanas mengandung enzim bromelain yang bisa membantu meredakan otot yang mengencang, terutama otot rahim ketika mengalami nyeri haid. Dengan mengkonsumsi jus nanas, kamu juga bisa merasakan khasiat lainnya, seperti mengurangi resiko kanker, melancarkan pencernaan hingga meningkatkan imunitas tubuh.

Smoothie

Smoothie sangat bagus dikonsumsi sebagai menu diet. Tapi selain itu, smoothie juga bisa diandalkan sebagai minuman pereda nyeri haid. Kandungan kalsium dan vitamin B yang didapat dari sejumlah bahannya dapat melawan kram ketika menstruasi. Kamu bisa mendapatkan vitamin B dari buah apel dan pisang. Sementara itu, kalsium bisa diperoleh dari yoghurt dan bayam.

Teh Kayu Manis

Teh yang mempunyai rasa manis dan sedikit pedas ini bisa membantu kamu mengatasi peradangan pada tubuh dan mengurangi resiko perut kembung akibat haid. Untuk membantu mengurangi rasa nyeri haid, ada baiknya konsumsi teh kayu manis dalam kondisi hangat agar tubuh terasa lebih rileks.

Teh Chamomile

Selain lezat, teh Chamomile juga bebas kafein. Bahkan, teh ini bisa membantu meredakan kejang otot, terutama ketika otot perut kejang hingga menjadi kram. Tentunya kamu bisa memanfaatkan teh Chamomile untuk membantu meredakan rasa nyeri haid.

Menurut Joy Bauer, ahli diet dan pakar nutrisi Amerika Serikat, teh Chamomile juga mampu menenangkan dan membuat rileks selama beraktivitas dikala haid.

Kunyit Asam

Rasa nyeri haid kerap menimbulkan perasaan tidak nyaman saat ingin beraktivitas. Untuk membantu mengurangi rasa kram tersebut, kamu bisa mengkonsumsi jamu kunyit asam menjelang menstruasi.

Kunyit asam memiliki kandungan aktif kurkumin yang berguna sebagai inflamasi yang dapat menenangkan kontraksi pada perut. Sehingga dapat membantu mengurangi rasa nyeri saat haid.

Air Jahe

Ketika mengalami proses menstruasi, tubuh akan memproduksi prostaglandin yang menimbulkan nyeri haid. Kamu bisa mengkonsumsi air jahe sebagai minuman untuk meredakan nyeri haid.

Pasalnya, jahe memiliki senyawa yang bisa membantu menghambat produksi prostaglandin sehingga dapat menurunkan rasa nyeri haid. Tetapi, jangan mengkonsumsi air jahe secara berlebihan. Sebab jahe bisa mengakibatkan berbagai efek samping, seperti sensasi panas di dada hingga diare.

Air Putih

Air putih memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan tubuh, salah satunya membuat tubuh terhindar dari dehidrasi. Selain itu, mengkonsumsi air putih juga ternyata bisa membantu mengurangi rasa nyeri akibat haid.

Menstruasi bisa mengakibatkan perut kembung dan pastinya kondisi ini bisa memperburuk nyeri haid yang dialami. Oleh karena itu, cukupi kebutuhan air putih saat haid agar kondisi perut kembung bisa cepat membaik.

Dengan begitu, masalah nyeri haid pun bisa teratasi. Kamu bisa mengkonsumsi air putih hangat saat merasakan nyeri haid untuk meredakan otot-otot perut yang kram.

Itudia sejumlah minuman yang bisa kamu konsumsi untuk membantu meredakan rasa nyeri haid.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google Berita.

Check Also

ilustrasi kanker hati

7 Makanan yang Mendukung Detoksifikasi Hati

Linamasa.com – Hati merupakan organ yang memiliki peran untuk membasmi racun yang terdapat di dalam …

Seraphinite AcceleratorBannerText_Seraphinite Accelerator
Turns on site high speed to be attractive for people and search engines.