mahasiswa mahasiswi jurusan pariwisata
Rencanamu

Daftar Universitas Jurusan Pariwisata di Jogja

Linamasa.com – Jurusan pariwisata menjadi salah satu jurusan yang cukup menjanjikan dari segi peluang pekerjaan.

Tidak heran jika jurusan pariwisata juga banyak diminati oleh para calon mahasiswa. Untuk itu, agar mendapatkan kualitas pendidikan yang baik, Anda juga harus jeli dalam memilih kampus tempat Anda menimba ilmu.

Di pulau Jawa sendiri, Yogyakarta yang terkenal sebagai kota pelajar, banyak terdapat kampus yang menawarkan kualitas pendidikan jurusan pariwisata terbaik.

Selain bisa menimba ilmu di pusat para pelajar, Anda juga bisa menikmati daerahnya yang kental akan budaya dan adat istiadatnya.

Jurusan pariwisata bisa dikatakan sebagai salah satu jurusan paling menyenangkan jika dibandingkan dengan jurusan lainnya. Terlebih lagi buat kalian yang sangat senang dengan aktivitas jalan – jalan.

Tapi, jangan beranggapan jika sudah masuk ke jurusan satu ini, isinya hanya jalan – jalan saja. Nantinya, Anda juga akan diajarkan terkait dengan manajemen hingga strateginya seperti apa.

Ilmu pariwisata mempunyai hubungan erat dengan bidang ilmu lain seperti ekonomi, budaya, geografi, sejarah dan bidang ilmu lainnya.

Kemudian untuk pembelajaran yang lebih spesifiknya seperti pembangunan kawasan pariwisata, sumber daya pariwisata hingga manajemen perhotelan.

Berikut ini terdapat beberapa rekomendasi universitas jurusan pariwisata di Jogja yang bisa Anda jadikan salah satu pilihan dan tujuan.

Deretan kampus ternama di Jogja ini diambil dari data yang diunggah oleh Himpunan Lembaga Pendidikan Tinggi Pariwisata Indonesia.

1.Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI)

Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) pada awalnya hanya ada di Jakarta saja. Tapi kini juga sudah tersedia di Jogja.

Kampus ini diketahui sudah berdiri sejak 30 tahun lalu dengan total mahasiswa mencapai 40 ribuan yang tersebar di semua kampus di Indonesia.

Selain Jakarta dan Jogja, terdapat juga di beberapa daerah seperti Sukabumi, Karawang, Bogor, Tasikmalaya, Tegal, Solo dan juga Pontianak.

Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) menyediakan jurusan pariwisata melalui program studi Diploma 3 Perhotelan yang berada di bawah Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Jurusan ini pun sudah mendapatkan akreditasi A dari pihak BAN – PT. Ini bisa jadi modal dan jaminan terkait dengan kualitas pendidikannya.

2.Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta

Berdiri sejak 35 tahun lalu, kampus ini hanya berfokus pada jurusan pariwisata dan perhotelan. Anda bisa menikmati.

Untuk jenjang pendidikan yang disediakan terkait bidang pariwisata adalah D3 Perhotelan (terakreditasi B), D4 Usaha Perjalanan Wisata (terakreditasi A), D4 Pengelolaan Perhotelan (terakreditasi B) dan S1 Pariwisata (terakreditasi B).

Melihat latar belakang kampusnya yang focus pada dunia industri pariwisata, sangat cocok dijadikan tempat terbaik dalam rangka mendalami ilmu pariwisata.

3.AKPARDA Yogyakarta

AKPARDA Yogyakarta juga fokus menyediakan pembelajaran di bidang pariwisata saja. Anda bisa ambil program studi D3 Perhotelan yang sudah mengantongi akreditasi B yang dikeluarkan langsung oleh BAN PT.

Selain mendapatkan ijazah setelah selesai studi nanti, Anda juga akan mendapatkan sertifikat uji kompetensi.

Karena memang selama proses belajar, para mahasiswa akan memperoleh kesempatan untuk ikut uji kompetensi yang sudah disediakan oleh pihak kampus.

4.Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarukmo Yogyakarta

Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarukmo Yogyakarta menjadi rekomendasi selanjutnya yang bisa Anda pilih sebagai tujuan mengenyam pendidikan.

Kampus yang hanya berfokus pada bidang studi pariwisata, pasti menawarkan kualitas yang lebih baik jika dibandingkan dengan kampus lain yang notabene tersedia banyak program studi.

Jenjang pendidikan yang disediakan Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarukmo Yogyakarta sendiri sangat
lengkap. Mulai dari D3 Perhotelan, S1 Pariwisata, S2 Pariwisata hingga S3 Pariwisata. Untuk akreditasi yang didapatkan sendiri mulai dari B hingga A dari BAN PT.

Kampus yang sudah terdapat level pendidikan S2 dan S3, sudah pasti merupakan kampus bergengsi dan patut diperhitungkan keberadaannya.

Dengan menjadi mahasiswa di Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarukmo Yogyakarta, memasuki semester dua Anda sudah bisa langsung magang kerja dan masuk semester empat bisa mulai terjun di dunia kerja yang sesungguhnya.

Program unggulan yang hingga kini masih menjadi favorit di kampus ini adalah joint degree. Dimana para mahasiswa mendapat kesempatan untuk mengantongi dua ijazah sekaligus.

Ijazah yang satunya lagi didapatkan dari perguruan tinggi lain termasuk perguruan tinggi yang berada di luar negeri.

5.STIEPAR API Yogyakarta

Meski STIEPAR API Yogyakarta hanya menyediakan program studi manajemen, namun bidang ilmu yang dipelajari di dalamnya lebih menitik beratkan pada bidang pariwisata sebagai subyek konsentrasi yang akan dipelajari selama berlangsungnya masa perkuliahan.

Jurusan manajemen pariwisatanya sendiri sudah mengantongi akreditasi B yang diterbitkan langsung oleh pihak BAN PT.

Nantinya, para mahasiswa akan diberikan pembelajaran seperti merencanakan, mengorganisasi, melaksanakan hingga menyempurnakan.

6.Akademi Pariwisata STIPARY Yogyakarta

Akademi Pariwisata STIPARY Yogyakarta berdiri sejak tahun 1996, yang mana menyediakan program studi yang berfokus pada industri pariwisata ini, sangat patut untuk Anda jadikan tempat persinggahan dalam rangka memperbanyak wawasan tentang dunia pariwisata itu sendiri.

Kampus ini menyediakan beberapa program studi pariwisata seperti D3 Perhotelan dan D1 Food & Beverage Service Konsentrasi (Kapal Pesiar). Semua program studi yang disediakan mempunyai kualitas yang sama yakni dengan dukungan akreditasi B yang didapatkan dari pihak BAN PT.

Berdasarkan klaim dari pihak kampus, mahasiswa lulusan dari STIPARY ini dianggap lebih unggul dalam hal ilmu terapannya.

7.Poltek API Yogyakarta

Berdiri sejak tahun 1971, Poltek API Yogyakarta sangat mumpuni untuk bersaing dengan kampus lain khususnya untuk bidang pariwisata.

Mengingat konsentrasi program studi yang dipelajari hanya bidang pariwisata dan perpajakan saja.

Kedua program studi tersebut dalam dunia usaha juga saling mendukung agar usaha tetap bisa berjalan lancar.

Jadi bagi Anda yang sudah siap menjadi pengusaha di bidang pariwisata, daftar ke Poltek API Yogyakarta sangatlah direkomendasikan.

Program studinya antara lain D3 Bina Wisata, D3 Perhotelan, D3 Perpajakan dan D4 Akuntansi Perpajakan.

8.Akademi Pariwisata INDRAPHRASTA Jogja

Didirikan sejak tahun 1993, Akademi Pariwisata INDRAPHRASTA Jogja sudah mengantongi akreditasi B yang dikeluarkan langsung oleh pihak BAN PT.

Fokus pada bidang pariwisata, kampus ini berani bersaing dengan kampus lainnya di nusantara.

Program studi D3 Perhotelan yang disediakan, diharapkan bisa mencetak lulusan yang siap bekerja dan siap bersaing di pasar global.

Metode pembelajaran yang yang inovatif, profesional dan berkualitas yang diterapkan, membuat para mahasiswa bukan hanya mendalami ilmu pariwisata dan perhotelan saja, melainkan bisa menjadi SDM berkualitas di dunia kerja dan siap membuka bisnis sendiri.

9.AKPARYO Yogyakarta

AKPARYO Yogyakarta yang berfokus menyediakan pendidikan tinggi di dunia pariwisata, membuka satu program studi D3 Perhotelan dengan kualitas yang tak perlu diragukan lagi.

Berdasarkan klaim dari pihak kampus, mahasiswa lulusan dari AKPARYO Yogyakarta mempunyai peluang yang sangat besar untuk bisa bekerja di posisi – posisi strategis baik di bagian operasional hingga bagian managerial.

AKPARYO juga sudah mengantongi akreditasi yang diterbitkan langsung oleh pihak BAN PT. Dengan begitu, dari segi kualitas pendidikannya pun sangat bisa diandalkan untuk mencetak SDM – SDM yang andal di bidang industri pariwisata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google Berita.

About Redaksi

Check Also

logo mercu buana

Jurusan yang Ada di Universitas Mercu Buana

Linamasa.com – Universitas Mercu Buana menjadi salah satu universitas favorit yang tak hanya menawarkan kualitas …