...
keuntungan usaha bisnis
Freepik

5 Jurus Ampuh Tips Sukses dalam Bisnis Persewaan

Linamasa.com – Salah satu peluang usaha yang sedang marak berkembang saat ini adalah peluang usaha jasa rental penyewaan kebutuhan.

Usaha rental penyewaan ini sebenarnya boleh dibilang adalah peluang usaha yang sudah ada sejak lama, namun saat ini usaha jasa rental penyewaan ini terus berkembang dan semakin variasi.

Dianggap sebagai salah satu tipe bisnis yang menguntungkan, karena kita dapat memperoleh pendapatan secara terus menerus tanpa wajib kehilangan produk kita secara langsung.

Produk kita yang melayani konsumen, kita hanya sebagai perantara, uang mengalir tanpa wajib bersusah payah.

Meskipun demikian dalam bisnis persewaan kita tak boleh sembarangan bertindak, tak sedikit yang wajib diperhatikan. Dalam bisnis ini resiko kerusakan dan kehilangan cukup tinggi.

Untuk menyiasati hal ini, pada umumnya pengelola jasa persewaan ini biasanya mensyaratkan jaminan berupa uang atau barang. Setidaknya calon penyewa diwajibkan meninggalkan kartu identitas (KTP) sebagai jaminan.

Bahkan untuk jenis rental barang yang memiliki nilai cukup tinggi ada yang harus menyerahkan sertifikat tanah atau surat kepemilikan kendaraan sebagai jaminan.

Karena jika tak hati-hati ada kemungkinan barang bisa raib atau digelapkan oleh penyewa, hal ini seringkali terjadi pada rental mobil

Apa saja yang wajib diperhatikan? Bagaimana supaya kita berhasil dalam usaha sewa menyewa?

Berikut beberapa tips sukses dalam bisnis persewaan.

1. Anda dapat memulainya dari Hobi

Carilah ide bisnis sewa yang sesuai dengan kegemaran atau hobi anda, dengan begitu anda tahu betul dan menguasai bidang tersebut.

Contoh saja jika anda suka otomotif serta suka naik mobil, maka dapat menjadi referensi untuk membuka usaha rental mobil.

Jika anda suka naik gunung dan berpetualang, makan anda dapat membuka bisnis sewa peralatan hiking alias outdoor.

Bagi anda yang menguasai dan mahir dalam bidang musik, jadi usaha sewa alat musik tepat sekali. Nah, jurus pertama dalam bisnis sewa menyewa ini dengan memulainya dari hobi dan kegemaran anda.

2. Persiapkan sistem sewa yang aman dan tidak memberatkan calon konsumen

Seperti yang telah dibahas diawal, bahwasanya dalam bisnis ini produk-lah yang melayani konsumen. meskipun demikian, kita tetap harus memberikan perhatian pada produk kita.

Nah, oleh karenanya, penting untuk membuat sistem persewaan yang aman serta dapat memberikan kenyamanan untuk pelanggan. Aman untuk produk Anda, sekaligus tidak memberatkan pelanggan.

3. Pemilihan lokasi berdasarkan target konsumen

Tak beda dengan bisnis lainnya. Lokasi bisnis alias tempat usaha juga menjadi poin penting untuk diperhatikan.

Pilihlah lokasi lokasi persewaan yang sedekat mungkin dengan calon konsumen yang dibidik. Misal Kalian membuka persewaan alat naik gunung, jadi bukalah tempat usaha tersebut di lingkungan mahasiswa alias di dekat kaki gunung.

4. Perhatikan service atau pelayanan terhadap pelanggan

Pelayanan memiliki satu tujuan, yaitu memberikan kepuasan kepada pelanggan yang secara tidak langsung dapat berimbas pada peningkatan aspek lainnya seperti penjualan, profit dan lainnya.

Disaat konsumen merasa puas dengan pelayanan anda, suatu hari si konsumen itu akan kembali menyewa di tempat Anda. Oleh sebab itu service alias pelayanan baik adalah hal yang tak boleh anda lewatkan.

5. Tawarkan persewaan lain yang saling berkaitan

Misal, anda menyewakan tenda hajatan, maka anda menawarkan pelanggan untuk sewa sound sistem, meja & kursi, atau hal lain yang masih berkaitan. Anda juga dapat menawarkannya dengan harga yang menarik dalam bentuk paketan.

Nah demikianlah tadi diantaranya 5 jurus ampuh tips sukses dalam bisnis persewaan, yang mungkin dapat anda terapkan dalam bisnis Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google Berita.

About Redaksi

Check Also

hijab batik

6 Tips Peluang Usaha Rumahan Aksesoris Kerudung

Linamasa.com – Wanita tidak bisa terlepas dari fashion untuk mempercantik diri. Tidak terkecuali untuk wanita …