...
Masjid Kubah 99 Asmaul Husna
Provinsi Sulawesi Selatan/Kominfo

Masjid Kubah 99 Asmaul Husna, Penjelasan dan Daya Tarik Lengkapnya

Linamasa.com – Masjid Kubah 99 Asmaul Husna merupakan sebuah bangunan masjid yakni kini menjadi ikon dari Provinsi Sulawesi Selatan yang mana terletak di Kawasan Center Point of Indonesia Tanjung Bunga, Kota Makassar, Indonesia. Masjid ini dibangun pada tahun 2017 lalu dan baru diresmikan di tahun 2022.

Bangunan ini terdiri dari dua lantai yang didesain langsung oleh Ridwan Kamil yang saat ini menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat. Proses peresmiannya sendiri dilakukan pada tanggal 12 Maret 2022.

Masjid Kubah 99 Asmaul Husna, memiliki jumlah kubah berjumlah 99 kubah, dengan rincian yang sudah jadi ada 83 kubah, sedang 16 kubah lagi masih dalam proses pengerjaan.

Kunjungan pertama oleh Andi Sudirman Sulaiman (Gubernur Sulawesi Selatan) dilakukan pada tanggal 12 Maret 2022 tepat pada saat proses peresmiannya dilakukan.

Menariknya lagi, kunjungan tersebut dilakukan selang dua hari setelah dilantik menjadi Gubernur. Beliau terlihat menjalankan sholat dzuhur berjamaah sebelum melakukan peresmian.

Seleksi Imam dan Muazin

Sebelum Masjid Kubah 99 Asmaul Husna dibuka untuk umum, pihak Pemprov Sulawesi Selatan melakukan seleksi ketat untuk menentukan imam dan muazin yang pantas mendukung operasional Masjid Kubah 99 Asmaul Husna itu sendiri.

Setidaknya sudah terpilih 4 orang imam dan juga 2 orang muazin. Diantara kriteria pelaksanaan seleksi, pihak Pemprov Sulawesi Selatan memberlakukan beberapa syarat kepada imam seperti harus hafal 15 Juz Al Qur’an.

Sedangkan muazin harus hafal minimal 2 Juz Al Qur’an. Kemudian, para imam dan muazin harus memiliki pengetahuan serta pemahaman dalam hal ilmu Aqidah, Fiqih hingga bahasa Arab.

Daftar Nama Imam Masjid Kubah 99 Asmaul Husna :

  • Syaikh Muhammad Iqbal Choing S.Pd., M.Pd. (selaku Imam Besar)
  • Syaikh Abdul Azis Bin Abu Bakar S.Pd.I
  • Syaikh Muhammad Syahrul Habib S.Hi., M.Pd.
  • Syaikh Muhammad Habib Fathuddin

Daftar Nama Muazin Masjid Kubah 99 Asmaul Husna :

  • Ustadz Takbir Fitra Jaya
  • Ustadz Arfan Yusran

Daya Tarik Masjid Kubah 99 Asmaul Husna

Bagi siapa saja yang berminat untuk singgah di Masjid Kubah 99 Asmaul Husna, jam bukanya mulai dari pukul 04.00 – 23.00 waktu setempat. Masjid Kubah 99 Asmaul Husna memiliki desain yang unik dan pewarnaan yang nyentrik

Tak hanya menjadi ikon baru bagi Kota Makassar dan Indonesia, Masjid Kubah 99 Asmaul Husna menjadi salah satu dari 30 masjid unik yang ada di ruang lingkup dunia.

Melansir dari unggahan situs masjid99asmaulhusna.sulselprov.go.id, masjid tersebut mempunyai kubah dengan susunan bertingkat dan pewarnaannya menerapkan warna dominan merah, kuning dan jingga. Daya tampungnya sendiri mencapai 10 ribuan jamaah.

Pada saat malam hari, warna nyentrik dari Masjid Kubah 99 Asmaul Husna terlihat semakin menarik karena bagian kubahnya dilengkapi dengan lampu khusus yang sengaja di arahkan ke bagian kubahnya.

Selain menonjolkan arsitektur kubahnya, di pelataran Masjid Kubah 99 Asmaul Husna juga tersedia atraksi air mancur cantik.

Air mancur ini hanya bisa dinikmati setelah matahari terbenam dengan durasi 30 menit saja.

Bagi Anda yang hobi berwisata religi, Masjid Kubah 99 Asmaul Husna menjadi salah satu referensi tempat terbaik yang ada di Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Masjid Kubah 99 Asmaul Husna menerapkan konsep terbuka dengan dilengkapi dengan sirkulasi udara yang baik.

Desainnya pun dirancang sedemikian rupa oleh Ridwal Kamil (Gubernur Jawa Barat) sehingga tak membutuhkan yang namanya pendingin ruangan.

Bisa diambil kesimpulan, bahwa masjid ini menjadi salah satu bangunan ikonik dan unik yang menerapkan sistem ramah lingkungan.

Tanpa adanya alat pendingin ruangan pun, di bagian dalam masjid tetap terasa sejuk.

Masjid Kubah 99 Asmaul Husna Dibangun dengan APBD Berjumlah Fantastis

Melansir dari situs resmi Masjid Kubah 99 Asmaul Husna Pemprov Sulsel, pembangunannya menelan biaya fantastis mencapai Rp 185 miliar.

Nominal yang cukup fantastis untuk pembangunan sebuah masjid. Biaya tersebut kabarnya juga diambil dari APBD.

“Masjid ini, diprediksikan akan menghabiskan biaya hingga Rp 185 miliar yang mana diambil dari alokasi dana yang bersumber dari anggaran pendapatan Belanja Daerah (APBD) Sulawesi Selatan,” kata Andi Darmawan (Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Provinsi Sulawesi Selatan).

Ridwan Kamil (Gubernur Jawa Barat) sempat memuji komitmen dari Andi Sudirman (Gubernur Sulawesi Selatan) terkait dengan pembangunan Masjid Kubah 99 Asmaul Husna.

Tanggal 7 Mei 2022, Ridwan Kamil (Gubernur Jawa Barat) beserta istri bertolak ke Makassar untuk menyaksikan langsung progress dari pembangunan Ridwan Kamil (Gubernur Jawa Barat). Ia begitu terkesan bisa melihat langsung masjid ikonik hasil rancangannya itu.

“Pak Gub, saat saya buka jendela, Alhamdulillah Ridwan Kamil (Gubernur Jawa Barat) terlihat sangat indah,” kata Ridwan Kamil (Gubernur Jawa Barat).

“Hari ini adalah kali pertama saya bisa menyaksikan langsung Masjid Kubah 99 Asmaul Husna yang dibangun tepat di bibir pantai,” tambah Ridwan Kamil (Gubernur Jawa Barat).

“Kalau Paris punya bangunan ikonik Menara Eiffel, untuk Kota Makassar punya Masjid Kubah 99 Asmaul Husna yang juga sudah menjadi ikon baru,” ucapnya.

Gubernur yang termasuk dalam kategori pemimpin termuda di Indonesia tersebut menyatakan komitmen dan kesungguhannya kepada Pemprov untuk bisa menyelesaikan pembangunan masjid tersebut agar secara fungsional terdapat sarana yang lebih lengkap dan memadai sehingga bisa lebih nyaman saat digunakan maupun dikunjungi.

“Kami berkomitmen untuk bisa segera menyelesaikan supaya Masjid Kubah 99 Asmaul Husna bisa lebih fungsional. Karena sudah banyak anggaran yang masuk dari uang rakyat. Kita tidak ingin jika pembangunan Masjid Kubah 99 Asmaul Husna sampai terhenti dan mangkrak. Bagaimanapun caranya harus dilanjutkan agar masyarakat bisa menikmati manfaatnya secara langsung,” ungkap Andi Sudirman (Gubernur Sulawesi Selatan).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google Berita.

About Redaksi

Check Also

Legolas Rompies

Profil Legolas Rompies, Anak Sulung Vincent Rompies yang Diduga Terlibat Perundungan

Linamasa.com – Nama Legolas Rompies mendadak menjadi sorotan publik setelah dugaan keterlibatannya dalam kasus perundungan …

Seraphinite AcceleratorOptimized by Seraphinite Accelerator
Turns on site high speed to be attractive for people and search engines.