...
pedagang tape
Pemkot Bandung/Diskominfo

Manfaat Makanan Fermentasi yang Baik Untuk Kesehatan

Sebagian besar masyarakat Indonesia tentu tidak asing dengan makanan fermentasi khas tanah air seperti tahu, tempe, dan peuyeum.

Ketiga jenis makanan tersebut selain harganya yang sangat merakyat, faktanya makanan-makanan tersebut memiliki segudang manfaat bagi tubuh. Ya, sudah diketahui secara umum manfaat makanan fermentasi yang baik untuk kesehatan.

Hal ini dikarenakan ketiga makanan di atas merupakan jenis makanan yang difermentasi. Selain makanan di atas juga terdapat minuman yogurt yang juga hasil fermentasi dari susu. Ada pula makanan kimchi yang terkenal di Korea juga dihasilkan dari proses fermentasi.

Lalu, apakah itu fermentasi dan kenapa memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Sederhananya, proses fermentasi adalah proses dimana makanan tertentu diberikan ragi.

Pada ragi biasanya terdapat bakteri baik atau mikroba probiotik yang akan memproduksi makanan tersebut dan mengikat gizi pada makanan agar tidak rusak.

Makanan berfermentasi biasanya memiliki rasa yang hampir serupa dan berbeda dengan makanan lainnya. Makanan hasil fermentasi ini pun diketahui memiliki sejumlah manfaat.

Kandungan gizinya yang tidak hilang serta bakteri probiotik pada makanan tersebut dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh.

Berikut beberapa manfaat makanan fermentasi

Meningkatkan Imunitas

Disaat kita makan makanan fermentasi ternyata bagus untuk meningkatkan sistem kekebalan atau imunitas tubuh.

Ini dikarenakan, makanan fermentasi kaya akan kandungan bakteri baik atau prebiotik yang dapat membantu memperbaiki dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Menyehatkan Organ Pencernaan

Selain dapat meningkatkan imunitas, kandungan prebiotik dalam makanan fermentasi juga bermanfaat bagi kesehatan organ pencernaan.

Masalah pada lambung atau usus dipercaya dapat diatasi dengan makanan fermentasi yang dikonsumsi secara rutin.

Mengobati Diare

Salah satu gangguan pada sistem pencernaan yang biasa terjadi yaitu diare. Diare biasa disebabkan oleh berbagai faktor seperti mengkonsumsi makanan pedas atau asam.

Makanan fermentasi mengandung enzim yang berupa protein esensial yang dapat menetralkan segala reaksi kimia dan biologi dalam lambung dan usus.

Oleh karena itu, mengobati diare bisa dengan mengkonsumsi makanan ber-fermentasi yang akan membuat sistem pencernaan normal kembali.

Mengurangi Lemak

Khususnya yoghurt sebagai minuman fermentasi dipercaya sangat baik bagi kesehatan bahkan minuman dengan rasa asam ini menjadi pilihan yang tepat untuk program diet yang sehat.

Kandungan dalam fermentasi dapat mengurangi lemak serta sangat cocok bagi sistem pencernaan. Sehingga tidak akan menimbulkan masalah atau gangguan dari program diet yang dijalani.

Menurunkan Inflamasi

Mengkonsumsi makanan ber-fermentasi dapat mencegah terjadinya inflamasi. Bila dibanding dengan makanan lain khususnya makanan cepat saji, tubuh akan sering memerangi inflamasi yang biasa terjadi pada usus. Oleh karena itu, makanan fermentasi dapat menurunkan inflamasi yang mungkin kerap terjadi.

Menyeimbangkan Tubuh

Tidak sedikit makanan instan yang banyak diproduksi pabrik. Kandungan makanan instan umumnya tidak menyehatkan dan biasanya akan meningkatan berat badan.

Makanan olahan pabrik juga dianggap dapat mengganggu keseimbangan bakteri dalam tubuh. Oleh karena itu, manfaat makanan fermentasi yang baik untuk kesehatan dapat mengembalikan keseimbangan tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google Berita.

About Redaksi

Check Also

sakit pinggang

Penyakit pada Tulang Belakang Bengkok, Skoliosis

Linamasa.com – Skoliosis merupakan salah satu kelainan pada tulang belakang. Penyakit skoliosis ditandai dengan munculnya …