singapore open 2022
Sportlogi

Hebat, Indonesia Juara Umum di Singapore Open 2022

Linamasa.com – Indonesia berhasil menorehkan prestasi gemilang di ajang bulutangkis Singapore Open 2022. Indonesia berhasil menjadi juara umum di ajang tersebut dengan menggondol 3 juara sekaligus yakni di sektor tunggal putra, sektor ganda putra dan sektor ganda putri yang diselenggarakan di Singapore Indoor Stadium pada hari Minggu, 17 Juli 2022.

Sektor Ganda Putri

Meski Siti Fadia Ramadhanti sedang cidera, ia mengaku bahwa dirinya lupa kalau sedang mengalami cidera pada bagian tumit saat sedang tampil di laga final Singapore Open 2022 hari Minggu, 17 Juli 2022.

Di partai final Apriyani Rahayu / Siti Fadia Ramadhanti keluar sebagai juara di Singapore Open 2022 setelah berhasil menumbangkan lawan beratnya dari pasangan China, Zhang Shu Xian / Zheng Yu dengan skor akhir 21 – 14, 21 – 17 di Singapore Stadium.

Mendapatkan gelar juara di ajang Singapore Open 2022 dianggap sangat penting bagi Apriyani Rahayu / Siti Fadia Ramadhanti karena baru dipasangkan sejak bulan Maret 2022 lalu. Apalagi kondisi Siti Fadia Ramadhanti yang sedang tak baik – baik saja karena mengalami cidera pada bagian tumit kirinya sejak ajang Malaysia Open 2022.

“Keinginan saya untuk menang yang begitu besar, mampu menghilangkan segala rasa tak nyaman karena cidera yang saya alami. Saat sedang bertanding, rasa sakit yang saya alami seperti hilang begitu saja,” ungkap Siti Fadia Ramadhanti.

Siti Fadia Ramadhanti sempat ditanya oleh Eng Hian sang pelatih terkait keputusan untuk mundur sebelum tampil di babak final Singapore Open 2022 karena sedang mengalami cidera pada tumit bagian kiri.

“Bersyukur Alhamdulillah akhirnya bisa juara setelah berjuang keras. Saya merasa bangga dan senang dengan keberhasilan yang kami capai hari ini,” ucap Siti Fadia Ramadhanti.

“Sebelumnya memang saya sempat ditanya oleh Koh Didi (panggilan untuk Eng Hian), mau lanjut main atau mau mundur? Saya jawab dengan yakin, tetap main, meski pada kenyataannya tumi kiri saya masih terasa sangat sakit. Saya ngotot dan mencoba memaksakan diri untuk tetap main,” kata Siti Fadia Ramadhanti lebih lanjut.

Sementara itu, dari keterangan yang diberikan oleh Apriyani Rahayu bahwa menjadi juara Singapore Open 2022 sudah ditargetkan sejak lama.

“Alhamdulillah akhirnya target terpenuhi dan menjadi juara Singapore Open 2022. Sejak awal, saya dan juga Siti Fadia Ramadhanti memang mempunyai tekad yang sama – sama kuat. Yang mana setiap tampil di ajang – ajang bergengsi harus selalu menjadi juara. Dengan adanya tekad dan visi yang sama tersebut, pada akhirnya bisa membawa kami menikmati podium teratas,” tutup Apriyani Rahayu.

Sektor Ganda Putra

Dari sektor ganda putra selalu menyajikan pertandingan yang menarik. Banyaknya wakil sektor ganda putra yang memiliki kualitas kelas dunia, membuat partai puncak sering dikuasai oleh wakil – wakil dari Indonesia. Setelah pekan lalu, di Malaysia Open 2022 partai puncak dikuasai oleh Fajar / Rian dan Hendra / Ahsan, kini di Singapore Open 2022 partai puncak giliran dikuasai oleh Fajar / Rian dan Leo / Daniel.

Leo / Daniel keluar sebagai juara di Singapore Open setelah mengalahkan lawan tangguh senegaranya yakni Fajar / Rian dengan skor akhir 9 – 21, 21 – 14 dan 21 – 16. Singapore Open 2022 sendiri menyediakan total hadiah untuk 5 kategori mencapai 370 ribu dollar AS (Rp 5,5 miliar).
Meski berhasil menjadi juara, Leo / Daniel tak menyangka bisa mengalahkan rekan tangguh senegaranya tersebut. Karena dari segi rangking dan kemampuan pun masih berada di bawah Fajar / Rian.

“Tadi kami juga sebenarnya tak menyangka bisa merebut gelar juara di Singapore Open 2022 ini. Apalagi terakhir kali juara adalah di Sea Games 2021 yang digelar di Hanoi dan baru kali ini di Singapore Open 2022 bisa jadi juara kembali,” kata Daniel.

“Yang jelas, saya pribadi merasa sangat bersyukur bisa menjadi juara untuk pertama kali di ruang lingkup BWF world tour,” tambah Daniel.

Rasa senang itu memang tak bisa disembunyikan dari wajah Leo / Daniel. Pasalnya, mereka berhasil mengukir sejarah dalam perkembangan karirnya hingga mendapatkan podium puncak. Terlebih lagi, gelar juara bisa didapatkan setelah sekian lama vakum dari pertandingan.

“Ya Alhamdulillah kami bisa menang. Kemenangan yang kami dapatkan ini akan jadi motivasi besar untuk kami bermain lebih baik lagi ke depannya. Saya tak boleh menjadi pribadi yang cepat puas, masih banyak pertandingan – pertandingan lain di world tour yang harus kami perjuangkan,” kata Leo.
Sektor Tunggal Putra

Dari sektor tunggal putra ada Anthony Sinisuka Ginting yang juga menambah gelar bagi Indonesia di ajang Singapore Open 2022. Di partai final Singapore Open 2022, Ginting berhasil merebut kemenangan dari Kodai Naraoka melalui straight game.

Pertandingan memang berjalan sangat alot sejak gim pertama. Skor terlihat kejar – kejaran sangat tipis sehingga membuat para penonton menjadi semakin tegang. Kemenangan Ginting didapatkan dari skor akhir 23 – 21 dan 21 – 17.

Di gim pertama, Ginting memang terlihat unggul lebih dulu dengan skor 4 – 2. Namun hingga berakhirnya gim pertama skor seringkali sama. Mulai dari 17 – 17, 19 – 19, 20 – 20 hingga pada akhirnya bisa diselesaikan oleh Ginting dengan skor akhir 23 – 21.

Masuk ke gim kedua, permainan kian mencekam dengan skor yang semakin ketat. Pemain Jepang Naraoka juga terlihat lebih gesit dan cepat dalam bermain, baik saat menyerang maupun bertahan. Yang membuat situasi makin memanas adalah saat gim kedua hendak berakhir. Keduanya menunjukkan kualitas yang sama kuat mulai dari skor 16 – 16 hingga akhirnya Naraoka harus terhenti dan merelakan kemenangan direbut oleh Ginting dengan skor 21 – 17.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google Berita.

About Redaksi

Check Also

wanita muda cantik rambut hitam berolahraga

6 Merk Model Sepatu Senam Aerobic Wanita Terbaru 2023

Linamasa.com – Senam aerobik adalah olahraga yang sangat populer di kalangan perempuan. Terdapat banyak manfaat …