...
timnas malaysia
MPI/Aldhi Chandra

Hasil Akhir Piala AFF U 19 2022, Malaysia Juaranya

Linamasa.com – Malaysia berhasil menyabet gelar juara di ajang Piala AFF U 19 2022 setelah sebelumnya mengalahkan Laos dengan hasil akhir 2 – 0 pada partai puncak final.

Final yang digelar pada hari Jumat 15, Juli 2022 di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi mempertemukan Malaysia dengan Laos.

Jalannya Pertandingan Babak Pertama

Pertandingan berlangsung cukup alot dan keras yang mana diwarnai dengan hujan kartu kuning dan pelanggaran.

Terlebih lagi, lokasi pertandingan sempat hujan deras sebelum pertandingan digelar yang membuat kondisi lapangan menjadi licin.

Sejak awal pertandingan, kedua tim langsung menunjukkan berbagai serangan agresif. Laos terlihat mampu menciptakan peluang lebih awal pada menit ketiga setelah berhasil memanfaatkan set piece.

Sedangkan Malaysia mampu menebar ancaman terhadap gawang Laos melalui serangan balik yang cukup tajam.

Di menit ke 13, Malaysia berhasil unggul terlebih dahulu dengan sekor 1 – 0 melalui tendangan yang dilancarkan oleh Muhammad Faiz.

Berawal dari umpan yang diberikan melalui tendangan bebas, Muhammad Alif berperan sebagai eksekutor yang langsung mengarahkan bila ke bagian mulut gawang Laos.

Kemudian bola disambar langsung oleh pemain bernama Muhammad Faiz, dengan memanfaatkan kaki kirinya.

Pada menit ke 23, lagi – lagi Laos mampu memanfaatkan set piecenya dengan menciptakan ancaman terhadap gawang Malaysia.

Namun upaya yang telah dilakukan Laos, harus kandas karena kiper Malaysia berhasil mengamankan bola dengan baik.

Masuk ke menit 33, Malaysia kembali memperoleh kesempatan emas melalui Adam Farhan. Namun sayangnya, tendangan yang dilancarkan masuk sedikit melenceng ke bagian kanan dari gawang Laos.

Di menit ke 38, pemain Loas kembali menciptakan peluang emas melalui Anantaza Siphongphan setelah berhasil memanfaatkan riuhnya perebutan bola di mulut gawang Malaysia. Lagi – lagi, kiper Malaysia bisa menyelamatkan bola dengan baik.

Hingga berakhirnya pertandingan babak pertama, tidak ada tambahan gol yang tercipta. Malaysia unggul lebih dulu di babak pertama dengan skor akhir 1 – 0.

Jalannya Pertandingan Babak Kedua

Pada babak kedua, Malaysia terus berusaha untuk merajai pertandingan dengan mendominasi penguasaan bola. Sementara Laos, bermain direct yakni dengan mengutamakan kecepatan dari cara bermain yang ditunjukkan.

Di menit ke 62, Malaysia kembali mampu menciptakan peluang emas melalui Muhammad Faiz setelah berhasil meneruskan umpan matang yang diberikan oleh Muhammad Alif Farhan.

Namun tendangan yang dilancarkan oleh Muhammad Faiz masih bisa diblok oleh Phounin Xayyasone, kiper Laos.

Masuk ke menit 70 sampai 74, Laos begitu agresif dengan terus membombardir pertahanan Malaysia melalui banyak umpan silang yang apik.

Namun penampilan gemilang terus ditunjukkan oleh Kiper Malaysia. Banyak umpan tajam dari para pemain Loas mampu dieksekusi oleh Kiper Malaysia.

Berhasil keluar dari tekanan Loas, di menit ke 76 Malaysia justru berhasil mencetak gol keduanya melalui tendangan Muhammad Alif setelah melanjutkan umpan yang diberikan oleh Muhammad Faiz di bagian kanan gawang.

Hingga berakhirnya pertandingan, belum ada lagi gol yang mampu tercipta. Malaysia unggul 2 – 0 atas Laos dan berhasil menggondol gelar juara pada ajang Piala AFF U 19 musim 2022.

Gelar pada musim 2022 ini menjadi gelar kedua kalinya bagi Malaysia dalam sejarah kepartisipasiannya di ajang Piala AFF U 19. Sebelumnya, Malaysia juga pernah menjadi juara di ajang Piala AFF U 19 musim 2018.

Selain pernah menjadi juara sebanyak dua kali, Malaysia tercatat setidaknya enam kali di posisi runner up, meraih peringkat ketiga sebanyak 1 kali, meraih peringkat keempat sebanyak dua kali selama perhelatan Piala AFF U 19 digelar.

Susunan Pemain Final Piala AFF U 19 2022

Malaysia : M Najmudin, Adam Farhan, M Haiqal, M Alif, Ahmad Aysar, Ziad El Basheer, Fakrul Fareez, M Faiz, M Ubaidullah, Syahmi Adib.

Laos: Peeter Pganthavong, Chanthaviphone Phoumsavanhm Sayfon Keohanam, Damoth Thongkhamsavath, Chanthavixay Khounthoumphone, Vongsakda Chanthaleuxay, Anantaza Siphongphan, Foutbone Kounnasen, Phoutthavong Sangvilay, Phounin Xayyasone.

Vietnam Berhasil Merebut Juara Ketiga

Seperti yang kita ketahui, posisi ketiga ajang Piala AFF U 19 2022 diperebutkan oleh Vietnam dan Thailand setelah sebelumnya Vietnam dibabat habis oleh Malaysia, serta Thailand dilengserkan oleh Laos.

Hingga akhir pertandingan perebutan juara ketiga antara Vietnam melawan Thailand, berakhir dengan skor 1 – 1 dan terpaksa harus berlanjut dengan adu penalti.

Dari hasil adu penalti tersebut, Vietnam unggul dengan skor 5 – 3 dan berhasil menggondol peringkat ketiga.

Berbeda dengan penampilan sebelumnya di akhir pertandingan kualifikasi yang terlihat malas – malasan dan hanya mengulur waktu saja, kini Vietnam vs Thailand tampak begitu ngotot satu sama lain.

Karena kontroversial tersebut, mereka mendapat julukan dari para netizen Indonesia sebagai laga football bertajuk “Bestie”.

Pada menit ke 42, Thailand berhasil membuka keunggulan terlebih dahulu melalui gol yang dilancarkan oleh Sittha Boonlha. Sittha Boonlha, memanfaatkan kelengahan saat kemelut di dalam kotak penalti tengah terjadi, hingga berakhir dengan gol.

Vietnam baru bisa mengejar ketertinggalannya dengan menyamakan kedudukan di menit 53 karena peran langsung dari tendangan pleasing yang dilakukan oleh Nguyen Quoc Viet sehingga bisa membuat kiper Thailand menjadi terkecoh.

Yang cukup membuat publik tercengang dan memberikan banyak perhatian, Dinh The Nam (Pelatih Vietnam) tak menunjukkan ekspresi apapun setelah anak didikannya berhasil menang dari Thailand di laga perebutan peringkat ketiga tersebut yang diselanggarakan pada hari Jumat, 15 Juli 2022.

Ia menjelaskan bahwa dirinya adalah tipe orang yang terbiasa tenang. Karena diketahui, tak terlihat sedikit pun ekspresi gembira menghiasi wajahnya saat menang penalti dari Thailand.

“Saya merasa sangat senang, tapi memang sudah menjadi karakter saya yang tidak menunjukkan sorak – sorak atau pun tidak ekspresif. Yang jelas saya pribadi merasa sangat bahagia,” ungkap Dinh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google Berita.

About Redaksi

Check Also

wanita muda cantik rambut hitam berolahraga

6 Merk Model Sepatu Senam Aerobic Wanita Terbaru 2023

Linamasa.com – Senam aerobik adalah olahraga yang sangat populer di kalangan perempuan. Terdapat banyak manfaat …

Seraphinite AcceleratorBannerText_Seraphinite Accelerator
Turns on site high speed to be attractive for people and search engines.