...
kentang dalam karung
Freepik/jcomp

Manfaat Masker Kentang Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Linamasa.com – Kentang memiliki khasiat yang dipercaya bisa mengatasi masalah pada kulit. Terutama pada kulit wajah, kentang bermanfaat untuk menghilangkan bekas jerawat yang sudah lama tidak bisa hilang.

Tanaman yang termasuk dalam kategori umbi-umbian ini sangat berguna baik untuk dikonsumsi maupun sebagai bahan campuran obat. Kandungan karbohidrat yang tinggi, membuat kentang kadang dianggap cocok sebagai pengganti nasi.

Kentang merupakan bahan alami yang sangat cocok digunakan untuk membuat masker. Kandungan patin yang sangat lengket dapat mengencangkan wajah ketika dibuat masker.

Penggunaan kentang sebagai bahan perawatan alami dapat membebaskan kita dari efek kimia. Cara menggunakan pun tidak ribet, dan bisa dilakukan secara mandiri.

Buah atau tanaman kentang juga menjadi salah satu bahan wajib untuk membuat sup. Kentang juga ternyata memiliki banyak kandungan seperti fosfor, kalium dan sulfur yang mampu memicu pertumbuhan kolagen sehingga dapat mengencangkan kulit.

Selain itu, dalam kentang juga terdapat vitamin C yang bisa digunakan sebagai antioksidan.

Kandungan lain yang terdapat pada kentang adalah alkali. Alkali berguna untuk mengurangi produksi sebum yang mengakibatkan jerawat. Senyawa ini juga dinilai efektif dalam mengatasi jerawat batu yang terjadi pada wajah.

Untuk mendapatkan manfaat masker kentang, cukup dengan menerapkan masker tersebut pada wajah. Cara membuat masker kentang juga mudah, hanya dengan menghaluskan kentang tersebut.

Begitu banyak manfaat yang bisa didapatkan dari tumbuhan ini. Cara penerapannya juga tidak sulit dan bahannya juga tersedia di sekitar kita. Berikut ini adalah manfaat masker kentang untuk menghilangkan bekas jerawat.

1.Menstimulasi kolagen

Kentang mengandung kalium, sulfur dan fosfor yang dapat memicu pertumbuhan kolagen. Kolagen adalah agen yang bertanggung-jawab membentuk kulit. Senyawa ini akan menjaga kolagen tetap tumbuh sehingga akan mengembalikan bentuk kulit yang berlubang.

2.Menstimulasi elastin

Elastin adalah agen yang bertanggung-jawab terhadap kekenyalan pada kulit. Senyawa yang terdapat pada kentang dapat memicu elastin tetap terjaga sehingga dapat terhindar dari keriput dini.

3.Antioksidan

Vitamin C yang terdapat dalam kentang mempunyai manfaat untuk mengatasi radikal bebas yang masuk, baik dari sinar matahari atau karena pengaruh lingkungan.

4.Menghilangkan sebum

Kandungan berupa alkali yang terdapat pada kentang berguna untuk meminimalisir kemungkinan sebum keluar dengan cara membersihkan pori-pori.

5.Menghilangkan flek hitam

Ketika jerawat sembuh biasanya akan tertinggal flek hitam di wajah. Penggunaan masker kentang dapat mengangkat flek hitam di wajah sekaligus mengangkat sel kulit mati.

6.Mengencangkan wajah

Dengan kadar karbohidrat yang tinggi, kentang mempunyai pati, sama seperti beras dan ketela. Pati ini dapat berfungsi mengencangkan wajah ketika diterapkan.

7.Antibakteri

Selain mengandung antioksidan, kentang juga mempunyai senyawa antibakteri. Senyawa ini ampuh untuk mencegah bakteri yang menyebabkan jerawat tumbuh.

Demikianlah tadi diantaranya manfaat kentang yang mampu digunakan sebagai masker untuk menghilangkan bekas jerawat. Bagi anda yang memiliki masalah dengan bekas jerawat, semoga ulasan diatas dapat menjadi referensi bermanfaat. Selamat mencoba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google Berita.

About Redaksi

Check Also

telapak tangan

Kulit Telapak Tangan Mengelupas dan Gatal, Apa Penyebabnya?

Linamasa.com – Kulit tangan pada umumnya dapat berganti kulit dengan sendirinya. Namun tahukah Anda, pergantian …

Seraphinite AcceleratorBannerText_Seraphinite Accelerator
Turns on site high speed to be attractive for people and search engines.