...
lulus sarjana
Freepik

Deretan Universitas dengan Jurusan HI Terbaik di Indonesia

Linamasa.com – Setiap tahunnya, jurusan hubungan internasional diketahui semakin banyak peminatnya. Peningkatan tersebut terlihat begitu sangat signifikan.

Kondisi ini tentu bukan tanpa alasan, mengingat peluang kerja lulusan hubungan internasional cukup besar, membuat calon mahasiswa berbondong – bondong memburu jurusan hubungan internasional di universitas terbaik di Indonesia.

Di masyarakat Indonesia pada umumnya, jurusan hubungan internasional seringkali dianggap sebagai salah satu cabang ilmu politik sehingga rata – rata jurusan hubungan internasional bisa ditemukan berada di bawah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP).

Jika Anda memiliki daya tarik untuk bisa mempelajari program studi yang membahas seluk beluk dari hubungan antar negara hingga berbagai sistem kebijakan pemerintah yang seringkali diterapkan,.

Beberapa kampus di Indonesia berikut ini menyediakan jurusan hubungan internasional dengan kualitas terbaik. Kampus mana saja yang paling direkomendasikan?

1.Universitas Gadjah Mada (UGM)

Program studi hubungan internasional yang ada di Universitas Gadjah Mada sudah mendapatkan akreditasi A yang dikeluarkan oleh BAN PT sejak tahun 2014 lalu.

Jurusan hubungan internasional menjadi salah satu daftar favorit yang diincar oleh para peserta dari berbagai jalur mulai dari SNMPTN, SBMPTN sampai dengan jalur mandiri.

Tercatat peminat jurusan hubungan internasional yang ada di Universitas Gadjah Mada (UGM) tembus hingga angka 2500 orang. Namun sayangnya, Universitas Gadjah Mada (UGM) hanya bisa menyediakan kursi untuk 80 orang saja.

Dari sinilah, passing grade yang berhasil dicapai oleh Universitas Gadjah Mada (UGM) mencapai angka 55,95 persen.

Selain peluang kerjanya yang terbuka luas, maraknya peminat jurusan hubungan internasional di Universitas Gadjah Mada (UGM) karena ditawarkan dengan biaya yang relatif lebih rendah jika dibandingkan dengan universitas – universitas lainnya.

2.Universitas Indonesia (UI)

Universitas Indonesia (UI) dikenal sebagai salah satu kampus terbaik yang selalu berada di level atas dalam hal penyediaan berbagai pilihan program studi berkualitas.

Program studi hubungan internasional di Universitas Indonesia (UI) juga sudah mendapatkan akreditasi A dari pihak BAN PT sejak tahun 2014 seperti halnya Universitas Gadjah Mada.

Jurusan ini menempati posisi kedua setelah akuntansi sebagai jurusan paling banyak peminatnya di Universitas Indonesia (UI).

Jurusan ini berada di bawah Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP).
Tercatat, peminatnya mencapai 3000 orang yang mana hanya menyediakan 60 kursi saja.

3.Universitas Airlangga

Di posisi ketiga ada Universitas Airlangga yang bisa Anda jadikan sebagai salah satu pilihan terbaik. Sama seperti kampus sebelumnya, Universitas Airlangga juga sudah memiliki akreditasi A yang dikeluarkan langsung oleh pihak BAN PT.

Yang mana malah sudah didapatkan lebih dulu jika dibandingkan dengan UI maupun UGM, yakni sejak tahun 2011 silam.

Daya tampung Universitas Airlangga, diketahui lebih banyak menyediakan kursi yakni mencapai 140 kursi.

4. Universitas Padjajaran (Unpad)

Universitas Padjajaran (Unpad) juga memiliki jurusan hubungan internasional yang dikenal sebagai salah satu kampus yang menawarkan kualitas terbaik.

Akreditasi A nya diperoleh dari BAN PT sejak tahun 2011. Untuk jumlah kursi setiap tahunnya, biasanya Universitas Padjajaran (Unpad) menyediakan kurang lebih sekitar 80 an kursi saja melalui dua jalur.

5.Universitas Jenderal Soedirman

Berdasarkan versi 4ICU, Universitas Jenderal Soedirman menempati ranking ke 36 dari total 577 universitas yang ada di nusantara.

Kampus yang terletak di Purwokerto Jawa Tengah juga menawarkan jurusan hubungan internasional yang kualitasnya bisa diadu dengan kampus lainnya.

Sebagai lulusan hubungan internasional, peluang kerja yang ditawarkan tidak hanya bisa menjadi seorang diplomat saja, melainkan bisa menjadi penerjemah, negosiator, internasional officer, wartawan dan lain sebagainya.

6.Universitas Jember

Universitas Jember sebagai salah satu universitas terbesar yang ada di Jawa Timur, juga cukup mendapatkan banyak perhatian dari masyarakat karena menyediakan jurusan hubungan internasional dengan kualitas terbaik.

Untuk total kuota yang ditetapkan setiap tahunnya mencapai 130 an kursi yang mencakup jalur SNMPTN dan SBMPTN.

7.Universitas Riau

Jika sebagian besar Universitas berkualitas di nusantara di dominasi oleh Universitas di pulau Jawa, kini ada Universitas Riau yang tak mau ketinggalan juga menyediakan jurusan hubungan internasional yang tak kalah dari segi kualitasnya.

Universitas Riau sudah mengantongi akreditasi A sejak tahun 2013 yang dikeluarkan langsung oleh BAN PT.

Di tahun 2022 ini, Universitas Riau setidaknya menyediakan sebanyak 80 kursi saja. Bagi Anda yang berminat, cepatlah bergerak agar kebagian kuotanya.

8.Universitas Katolik Parahyangan

Dari jajaran Universitas Swasta terdapat Universitas Katolik Parahyangan yang juga menyediakan jurusan hubungan internasional.

Universitas Katolik Parahyangan termasuk dalam jajaran kampus unggulan yang wajib Anda masukkan ke dalam list referensi pilihan.

Universitas Katolik Parahyangan di Indonesia tercatat sebagai salah satu kampus yang sering menang berbagai ajang bergengsi nasional khususnya untuk bidang hubungan internasional.

Universitas Katolik Parahyangan juga sudah mengantongi akreditasi A yang didapatkan langsung dari pihak BAN PT.

9.Universitas Pasundan

Jurusan hubungan internasional yang ada di Universitas Pasundan merupakan jurusan tertua jika dibandingkan dengan jurusan hubungan internasional di kampus – kampus lainnya di kawasan Bandung.

Pembentukan jurusan hubungan internasional di Universitas Pasundan sendiri sudah dilakukan sejak tahun 1985 tepatnya di lokasi Kampus I Universitas Pasundan yang berada di Jalan Lengkong Besar.

Di Universitas Pasundan, jurusan hubungan internasional bisa ditemukan di bawah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Adanya jurusan hubungan internasional di Universitas Pasundan dianggap sangat penting dalam upaya pengembangan keilmuan sehingga bisa bersaing dalam ruang lingkup global.

10.Universitas Paramadina

Universitas Paramadina dikenal juga menyediakan jurusan hubungan internasional yang cukup baik. Perguruan tinggi swasta yang terletak di bilangan, Jakarta Selatan ini seringkali mendapat julukan pusatnya kampus para publik figur ibukota.

Beberapa publik figure yang sebelumnya pernah mengenyam pendidikan di Universitas Paramadina antara lain seperti pembalap Moreno Soeprapto, Ashanty, dan Luna Maya.

Menariknya lagi, untuk lebih mendalami ilmu yang diajarkan pada jurusan hubungan internasional, Universitas Paramadina sering mengajak mahasiswanya untuk pergi plesiran berkunjung dengan tujuan studi ke berbagai lembaga asing, baik itu yang ada di dalam negeri hingga yang berada di luar negeri.

Jadi Anda harus menyiapkan biaya  untuk menimba ilmu ke berbagai tempat tersebut.

Tujuan plesiran tersebut tidak untuk semata jalan – jalan, melainkan untuk menambah dan memperkaya wawasan para mahasiswa dalam hal kemampuan menjadi seorang sosok diplomat serta bisa melakukan analisa langsung di berbagai kawasan mulai dari Asia Tengara hingga kawasan lainnya seperti, Asia Selatan, Asia Timur, Timur Tengah, Afrika, Australia, Pasifik hingga Amerika Serikat.

Diharapkan dengan adanya kunjungan kerja seperti ini, para lulusan jurusan hubungan internasional dari Universitas Paramadina bisa menjadi sosok sumber daya manusia berkualitas di masa yang akan datang.

Dengan begitu, dukungan langsung untuk memajukan bangsa dan negara pun semakin terbuka lebar berkat adanya banyak sumber daya manusia cerdas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google Berita.

About Redaksi

Check Also

SNBP

Nilai Rata-rata Rapor Agar Lolos SNBP di UNAIR Rumpun Soshum yang Wajib Kamu Ketahui

Linamasa.com – Universitas Airlangga (UNAIR) sebagai salah satu perguruan tinggi ternama di Indonesia, selalu menjadi …

Seraphinite AcceleratorOptimized by Seraphinite Accelerator
Turns on site high speed to be attractive for people and search engines.