...
sarjana
Freepik

Rekomendasi Jurusan Teknik Sipil Terbaik di Indonesia

Linamasa.com – Jurusan teknik sipil ialah sebuah jurusan yang mempelajari bidang ilmu tentang perancangan berbagai konsep meliputi konservasi fasilitas, manufaktur dan sistem pendukungnya.

Jurusan ini juga masih termasuk dalam kategori ilmu saintek. Jurusan teknik sipil hingga saat ini juga banyak diminati oleh para calon mahasiswa.

Tak hanya perguruan tinggi negeri saja yang membuka jurusan teknik sipil, tetapi banyak perguruan tinggi swasta yang juga membuka jurusan satu ini.

Dari berbagai perguruan tinggi yang menghadirkan jurusan teknik sipil, di bawah ini ada beberapa rekomendasi perguruan tinggi dengan jurusan teknik sipil berpredikat universitas terbaik di Indonesia. Ini dia daftar kampusnya :

1.Universitas Indonesia

Universitas Indonesia menjadi salah satu universitas populer di Indonesia yang berlokasi di Depok, Jawa Barat.

Jurusan teknik sipil yang ada di Universitas Indonesia sudah mendapatkan Akreditasi A dari BAN PT. Selain itu, teknik sipil di Universitas Indonesia juga sudah mengantongi Akreditasi ASEAN University Network pada tahun 2008.

Jurusan teknik sipil di Universitas Indonesia terdapat banyak peminatan seperti manajemen konstruksi, manajemen lingkungan, manajemen sumber daya air, transportasi geoteknik dan strukturnya.

Berdasarkan data yang diperoleh dari rilisan Times Higher Education, bahwa Universitas Indonesia telah menempati posisi dalam rentang 801 hingga 1000 sebagai salah satu universitas terbaik yang ada di dunia.

2.Institut Teknologi Bandung (ITB)

Institut Teknologi Bandung (ITB) berdasarkan data yang dirilis oleh Times Higher Education berhasil menempati posisi dalam rentang 1001 hingga 1200.

Jurusan teknik sipil yang ada di Institut Teknologi Bandung (ITB) juga sudah mengantongi akreditasi A dari BAN PT.

Ditambah lagi dengan akreditasi yang didapatkan dari Internasional Accreditation Board for Engineering and Technology (ABET), kualitas jurusan teknik sipil di Institut Teknologi Bandung (ITB) semakin baik dan wajib Anda jadikan sebagai salah satu pilihan.

Tercatat pada tahun 2016 lalu, ternyata Institut Teknologi Bandung (ITB) juga mencoba untuk mengajukan proses akreditasi kembali ke Internasional Accreditation Board for Engineering and Technology (ABET).

Jurusan teknik sipil yang ada di Institut Teknologi Bandung (ITB) menyediakan beberapa peminatan seperti struktur baja, struktur beton, matematika rekayasa, mekanika fluida dan hidrolika.

3.Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas Gadjah Mada (UGM) sebagai kampus yang berhasil menempati posisi di rentang lebih dari 1201 sebagai salah satu universitas terbaik di dunia mengacu pada data yang dirilis oleh Times Higher Education, tentu layak untuk Anda pertimbangkan.

Salah satu jurusan paling diminati di Universitas Gadjah Mada (UGM) adalah jurusan teknik sipil yang memang menawarkan kualitas pendidikan deretan level atas di Indonesia.

Sudah bukan rahasia umum, jika Universitas Gadjah Mada (UGM) adalah salah satu Universitas paling banyak diminati oleh para calon mahasiswa.

Jurusan Teknik Sipil di Universitas Gadjah Mada (UGM) sudah mengantongi akreditasi A dari BAN PT tercatat mulai dari tanggal 20 Mei 2020 hingga tanggal 30 September 2024.

Beberapa peminatan yang akan Anda pelajari selama mengambil jurusan teknik sipil antara lain seperti fisika dasar, fisika mekanika, kimia, kalkulus dasar, mekanika fluida dan hidrologi.

4.Universitas Bina Nusantara (Binus)

Universitas Bina Nusantara (Binus) merupakan salah satu universitas swasta terbaik yang ada di Indonesia. Universitas Bina Nusantara (Binus) mempunyai beberapa kampus yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

Berdasarkan data yang dirilis oleh The Times Higher Education, jurusan teknik sipil di Universitas Bina Nusantara (Binus) menempati posisi lebih dari 1201 sebagai salah satu universitas terbaik di dunia.

Jurusan teknik sipil di Universitas Bina Nusantara (Binus) juga telah mendapatkan akreditasi A dari pihak BAN PT. Selain itu, Universitas Bina Nusantara (Binus) juga mengantongi Accreditation Board of Engineering and Technology (ABET).

Beberapa peminatan yang akan dipelajari pada jurusan teknik sipil di Universitas Bina Nusantara (Binus) antara lain seperti English savvy, mekanika tanah, statistika, dan kimia teknik sipil.

5.Institut Pertanian Bogor (IPB)

Institut Pertanian Bogor (IPB) memiliki jurusan teknik sipil dengan kualitas level atas yang ada pada bagian fakultas teknologi pertanian (FATETA).

Selain itu, jurusan teknik sipil yang ada di Institut Pertanian Bogor (IPB) juga sudah berstatus akreditasi A yang dikeluarkan oleh BAN PT.

Kabar yang cukup membanggakan dari para alumni Institut Pertanian Bogor (IPB), setidaknya lulusan dari jurusan teknik sipil tercatat 80 persen sudah bekerja sesuai dengan minat dan keahliannya di bidang teknik sipil.

6.Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)

Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) menjadi salah satu universitas terbaik di Indonesia yang menyediakan jurusan teknik sipil berkualitas.

Jurusan teknik sipil di Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) berada di bawah Fakultas Teknik Sipil, Lingkungan dan Kebumian (FTSLK).

Jenjang pendidikan yang ditawarkan pada jurusan teknik sipil juga bervariasi, mulai dari S1, S2 hingga S3 juga tersedia. Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) juga sudah mengantongi akreditasi A yang dikeluarkan oleh BAN PT.

7.Universitas Diponegoro (Undip)

Universitas Diponegoro (Undip) mempunyai salah satu jurusan terbaiknya yakni teknik sipil. Undip memberi peluang kepada para calon mahasiswa melalui jalur SNMPTN atau SBUB. Yang mana mahasiswa tersebut harus berasal dari SMA jurusan IPA.

Sedangkan untuk SMA jurusan IPS, hanya bisa melalui jalur SBMPTN atau mandiri. Universitas Diponegoro (Undip) saat ini sudah mengantongi akreditasi A yang dikeluarkan oleh pihak BAN PT, sehingga tak perlu diragukan lagi kualitasnya.

8.Universitas Hasanuddin (Unhas)

Universitas Hasanuddin (Unhas) juga menawarkan jurusan teknik sipil berkualitas yang bisa Anda jadikan sebagai salah satu pilihan terbaik.

Jangan khawatir, para mahasiswa yang mengambil jurusan teknik sipil bisa menikmati bangku perkuliahan dengan kualitas yang mumpuni karena sudah mendapatkan dukungan akreditasi A yang diberikan oleh BAN PT.

Tak hanya itu saja, Universitas Hasanuddin (Unhas) juga mengantongi sertifikasi sebagai penjamin mutu perkuliahan yang didapatkan dari ASEAN University Network.

9.Universitas Sebelas Maret (UNS)

Universitas Sebelas Maret (UNS) mempunyai jurusan teknik sipil yang memiliki kualitas bersaing. Terbukti Universitas Sebelas Maret (UNS) mampu berada di jajaran universitas terbaik di Indonesia yang saat ini juga sudah mengantongi status akreditasi A yang dikeluarkan oleh pihak BAN PT.

Peminatan yang disediakan oleh Universitas Sebelas Maret (UNS) antara lain seperti Manajemen konstruksi komputasional dan teknologi informasi, Geoengineering mekanika, bahan dan struktur, Sistem lalu lintas dan transportasi, Sumber daya air dan lingkungan.

Dengan banyaknya pilihan peminatan yang disediakan oleh Universitas Sebelas Maret (UNS), diharapkan bisa melahirkan para ahli di bidang teknik sipil yang turut serta dan andil untuk mendukung kemajuan bangsa.

Bagaimana, mau pilih universitas yang mana nih sebagai wadah untuk mengembangkan minat, bakat dan kemampuan diri Anda di bidang teknik sipil? Dengan berbagai pertimbangan yang tepat, beberapa referensi universitas di atas diharapkan bisa membantu dalam proses pemilihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google Berita.

About Redaksi

Check Also

SNBP

Dijamin Auto Lolos SNBP 2024! Ini Prediksi Rata-rata Nilai Rapor di Untirta

Linamasa.com – Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) merupakan titik fokus yang dinantikan setiap tahun, khususnya …

Seraphinite AcceleratorBannerText_Seraphinite Accelerator
Turns on site high speed to be attractive for people and search engines.