FIBA Asia Cup 2022
Disway.id

Indonesia vs Arab Saudi di FIBA Asia Cup 2022, Jadwal Siaran Langsung Lengkapnya

Linamasa.com – Jadwal siaran langsung ajang FIBA Asia Cup 2022 akan ada Timnas Indonesia yang tampil melawan Arab Saudi yang dijadwalkan berlangsung di Istora Senayan, Jakarta pada hari Selasa, 12 Juli 2022. Ini bukan pertemuan pertama kalinya Timnas Indonesia dengan Arab Saudi.

Sebelumnya kedua tim sudah pernah adu kebolehan dan bentrok di babak Kualifikasi Piala Dunia Basket 2023.

Pada dua pertandingan tersebut, Timnas Basket Indonesia harus menerima kekalahan bertubi – tubi. Pertemuan pertama kali berlangsung di Filipina pada tanggal 24 Februari 2022, dengan skor akhir yakni 66 – 95. Yang mana kekalahan ini menjadi momok bagi Timnas Indonesia karena selisih poin yang cukup jauh.

Kemudian, untuk pertemuan keduanya, kala itu berlangsung di Indonesia dan harus berakhir dengan kekalahan kembali. Hanya saja, kekalahan pada pertemuan kedua hanya tipis yakni dengan skor akhir 67 – 69.

Pertandingan ketiganya, akan ditayangkan secara langsung pada pukul 17.30 WIB di iNews TV. Selain itu, Anda juga bisa menikmati tayangan pertandingan antara Timnas Indonesia vs Arab Saudi bisa disaksikan melalui live streaming di RCTI+.

Untuk FIBA Asia Cup 2022, PERBASI sudah menetapkan 12 pemain yang akan ikut bertanding. Daftar pemain Timnas Indonesia tersebut antara lain seperti Abraham Damar Grahita, Brandon Jawato, Derrick Michael Xzavierro, Vincent Rivaldi Kosasih, Yudha Saputera, Andakara Prastawa, Widyanta Putra Teja, Marques Bolden, Agassi Goantara, Juan Laurent, Muhammad Arighi dan Arki Dikania Wisnu.

“Nama pemain yang akan berjuang melawan Arab Saudi nanti sudah kami rilis ya, ada sekitar 12 pemain yang diturunkan dan pelatihnya sendiri akan dipegang langsung oleh coach Milos untuk mengarungi FIBA Asia Cup,” ujar Danny Kosasih (Ketua Umum PP Perbasi) saat digelar konferensi pers yang berlangsung di GBK Arena pada hari Senin, 10 Juli 2022 sore WIB.

“Dia berpikir, ini adalah waktu yang paling tepat bagi para junior, dimana dia akan menggantikannya naik ke mimbar dengan target yang harus dipenuhi yakni tetap bisa masuk menjadi 8 besar di FIBA World Cup,” tambah Danny Kosasih (Ketua Umum PP Perbasi).

“Sebenarnya, ada beberapa hal yang secara pribadi memang tidak bisa kami sampaikan dan sebutkan terperinci, karena ia dalam waktu dekat harus kembali ke Serbia dengan alasan mungkin ada beberapa permasalah yang harus segera diselesaikan terlebih dahulu,” tuturnya lebih lanjut.

Mereka diharapkan bisa mencapai babak delapan besar ajang FIBA Asia Cup 2022. Target tersebut harus bisa didapatkan oleh Timnas Basket Indonesia agar bisa mengantongi satu tiket menuju ke Piala Dunia Basket 2023 mendatang.

Menjelang pertandingan melawan Arab Saudi, Timnas Basket Indonesia harus beradaptasi lagi karena diketahui sang pelatih harus diganti. Yang sebelumnya Timnas Basket Indonesia dimentori oleh Rajko Toroman, kini tongkat estafetnya harus dilanjutkan oleh pelatih baru bernama Milos Pejic.

Sebelumnya, Danny Kosasih (Ketua Umum PP Perbasi) sudah sempat mengungkapkan bahwa aka nada penggantian pelatih untuk Timnas Basket Indonesia yang mana dipegang langsung oleh Milos Pejic.

Keputusan untuk melengserkan Rajko Toroman sudah dilakukan berdasarkan dari hasil diskusi panjang secara bersama – sama. Hal itu juga telah disampaikan secara langsung oleh Jeremy Imanuel Santoso (Manajer Timnas Basket Indonesia).

“Keputusan tersebut memang dianggap dadakan dan sangat tiba – tiba, tetapi dari Perbasi sendiri bisa saya pastikan dan bada Timnas Basket Indonesia sudah melakukan sejumlah diskusi terkait pergantian pelatih sejak lama, mungkin sekitar selesainya ajang Sea Games. Jadi, ini saya tekankan lagi, bahwa keputusan berat ini harus kami ambil bukan karena emosi maupun tindakan lain yang terburu – buru,” kata Jeremy Imanuel Santoso (Manajer Timnas Basket Indonesia).

Meski Timnas Basket Indonesia menyandang gelar tuan rumah, namun tetap harus bisa bersaing dengan negara lainnya agar bisa berada di jajaran tertinggi kasta bola basket kelas dunia.

Jika Timnas Basket Indonesia bisa mencuri kemenangan dari Arab Saudi, dari segi kepercayaan diri para pemainnya bisa dipastikan akan semakin bertambah.

Bagi Timnas Basket Indonesia sendiri, laga kontra menghadapi Arab Saudi juga mampu menawarkan peluang kemenangan cukup besar, apalagi jika mengacu pada hitam diatas putih yakni ranking FIBA.

Arab Saudi kini menempati posisi 80 dunia. Yang mana peringkat tersebut merupakan peringkat paling rendah jika dibandingkan dengan para pesaing lain bagi Timnas Basket Indonesia di grup A seperti Australia dan juga Yordania.

Saat ini, Yordania mampu menduduki peringkat 39 dunia. Sedangkan untuk Australia, berhasil menempati level tertinggi di 3 besar dunia yakni menempati peringkat 3 dunia.

Perjuangan Timnas Indonesia di Grup A rencananya akan diawali dengan bertemu dengan Arab Saudi. Kemudian, Timnas Merah Putih akan dijadwalkan duel dengan Yordania hingga juara bertahan dari negeri Kangguru, Australia.

Jadwal Timnas Basket Indonesia

Fase Grup pada hari Selasa, 12 Juli 2022

  • Indonesia vs Arab Saudi yang berlangsung mulai pukul 17.30 WIB

Fase Grup pada hari Kamis, 14 Juli 2022

  • Indonesia vs Yordania yang berlangsung mulai pukul 17.30 WIB

Fase Grup pada hari Sabtu, 16 Juli 2022

  • Indonesia vs Australia yang berlangsung mulai pukul 17.30 WIB

Kualifikasi Menuju Perempat Final berlangsung pada hari Senin, 18 Juli 2022

  • Peringkat 3 Grub B vs Peringkat 2 Grup A
  • Peringkat 3 Grup A vs Peringkat 2 Grup B

Perempat Final jika Timnas Basket Indonesia lolos berlangsung pada hari Rabu, 20 Juli 2022

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google Berita.

About Redaksi

Check Also

wanita muda cantik rambut hitam berolahraga

6 Merk Model Sepatu Senam Aerobic Wanita Terbaru 2023

Linamasa.com – Senam aerobik adalah olahraga yang sangat populer di kalangan perempuan. Terdapat banyak manfaat …