...
timnas sea games 2021
PSSI

Ingin Lolos Semifinal Piala AFF U 19 2022, Syarat Ini Harus Dipenuhi oleh Timnas Indonesia

Linamasa.com – Timnas Indonesia U 19 akan menjalani pertandingan krusial yang menjadi penentuan dalam hasil akhir di Piala AFF U 19 2022 yang diselenggarakan di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi. Berikut ada beberapa syarat wajib yang harus dipenuhi oleh Timnas Indonesia jika ingin lolos ke babak Semifinal Piala AFF U 19 2022.

Untuk sementara waktu, Timnas Indonesia U 19 saat ini tengah menempati posisi ketiga di klasemen Grup A. Tercatat, Skuad Garuda sudah mendapatkan total delapan poin dari empat pertandingan yang sebelumnya telah dilakukannya. Dengan rincian sebagai berikut :

  • Indonesia vs Vietnam dengan hasil akhir imbang 0 – 0 dan raihan poin sebanyak 1.
  • Indonesia vs Brunei dengan hasil akhir 7 – 0 dan raihan poin sebanyak 3.
  • Indonesia vs Thailand dengan hasil akhir imbang 0 – 0 dan raihan poin sebanyak 1.
  • Indonesia vs Filipina dengan hasil akhir 5 – 1 dan raihan poin sebanyak 3.

Semua pertandingan yang berhasil dilalui oleh Timnas Indonesia bisa menjadi tambang poin. Dari total empat pertandingan tersebut, Timnas Indonesia hanya kebobolan 1 gol saja. Yang mana anak asuhan Shin Tae Yong (Pelatih Timnas Indonesia) mampu menunjukkan penampilan yang impresif, khususnya saat melawan Vietnam dan Thailand yang menjadi lawan tangguh serta musuh bebuyutan.

Dengan perolehan 8 poin yang dikumpulkan oleh Timnas Indonesia, artinya Timnas Indonesia masih tertinggal dua poin dari Thailand dan juga Vietnam.

Duel pertandingan melawan Myanmar yang dijadwalkan akan berlangsung pada hari Minggu, 10 Juli 2022 menjadi ajang penentuan sekaligus penutup fase grup bagi Timnas Indonesia U – 19.

Jika ingin lolos sampai partai Semifinal Piala AFF U 19 2022, Timnas Indonesia wajib menang saat bertanding melawan Myanmar. Kemenangan menjadi hal yang tak bisa untuk ditawar, beban berat tentu berada di pundak Shin Tae Yong dan para anak asuhannya itu.

Jika sampai imbang, apalagi kalah, impian untuk bisa menjajaki partai Semifinal Piala AFF U 19 2022 sudah bisa dipastikan akan musnah. Di sisi lain, kemenangan atas Myanmar saja ternyata masih dianggap tidak cukup untuk bisa membuat Timnas Indonesia bisa lolos ke partai Semifinal Piala AFF U 19 2022. Ada syarat tambahan lagi, yakni pada pertandingan Vietnam vs Thailand.

Pertandingan antara Vietnam vs Thailand harus berakhir dengan skor imbang tanpa gol atau salah satunya harus menang. Jika keduanya sampai berakhir dengan skor imbang 1 – 1, 2 – 2, 3 – 3 dan seterusnya, maka Indonesia juga bakal tersingkir. Karena dari segi produktivitas goal head to headnya, Timnas Indonesia kalah.

Nah inilah yang menjadikan Timnas Indonesia ketar – ketir, meski sudah menunjukkan hasil terbaik saat bertanding, menang saja rasanya tak cukup karena berada di grup neraka.

Merujuk pada regulasi yang ada di Piala AFF U 19 2022, tiga tim teratas pada setiap klasemen grup dengan nilai yang sama, penentuannya akan didasarkan pada head to head pertandingan yang tengan dilakukan ketiga tim tersebut.

Seperti yang kita ketahui bersama, Indonesia vs Vietnam 0 – 0, Indonesia vs Thailand 0 – 0. Jika Vietnam vs Thailand 0 – 0, maka Timnas Indonesia bisa lolos karena unggul dari gol yang dikumpulkan. Namun jika Vietnam vs Thailand 1 – 1, 2 – 2 atau seterusnya dengan hasil imbang, bisa dipastikan yang lolos adalah Vietnam dan Thailand karena didasarkan hasil akhir head to head, bukan lagi selisih gol.

Untuk memastikan kemenangan hanya bisa dikontrol langsung melalui perjuangan keras baik dari Pelatih, tim official hingga para pemain. Namun untuk hasil akhir pertandingan dari Vietnam vs Thailand, hanya doalah yang bisa menentukan nasib Timnas Indonesia.

Jika dilihat dari kualitas permainan Timnas Indonesia selama ajang Piala AFF U 19 2022 berlangsung, kemenangan atas Myanmar sangat terbuka lebar.

Yang terpenting, untuk saat ini fokus pada kemenangan di pertandingan saat melawan Myanmar terlebih dulu saja, sisanya mari kita doakan bersama untuk kesuksesan Timnas Indonesia sehingga bisa menjadi juara Piala AFF U 19 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google Berita.

About Redaksi

Check Also

naik tangga

Ingin Olahraga, Dari Rumah Saja Lebih Praktis

Linamasa.com – Rutin berolahraga menjadi salah satu kunci untuk menjaga tubuh kita agar tetap sehat, …

Seraphinite AcceleratorBannerText_Seraphinite Accelerator
Turns on site high speed to be attractive for people and search engines.