tips liburan
Pexels/Anna Shvets

Itinerary Bandung 4 Hari 3 Malam, Hemat dan Anti Gagal!

Linamasa.com – Ketika ingin pergi berlibur kemanapun kita perlu merencanakannya sebaik mungkin. Terlebih jika kamu ingin liburan ke Bandung dan menghabiskan waktu selama 4 hari 3 malam di kota Kembang tersebut, maka itinerary yang tepat bisa memberikan kamu kenangan dan pengalaman tak terlupakan.

Waktu selama 4 hari 3 malam bisa dibilang sangatlah pas saat kamu liburan ke Bandung.
Soalnya, beberapa lokasi di kota tersebut tidak terpisah secara berjauhan sehingga dapat terjelajahi kurang dari seminggu.

Namun agar lebih memudahkan kamu menggapai seluruh daftar tempat yang kami rekomendasikan berikut, pastikan kamu menginap di hotel yang berada di tengah-tengah kota, misalnya di Kecamatan Cicendo.

Jika syarat ini sudah berhasil kamu penuhi, kamu bisa langsung memulai petualangan di Bandung dengan itinerary 4 hari 3 malam berikut ini.

Hari Pertama

Pastikan kamu sudah membooking hotel di pusat kota Bandung selama 3 malam dan segera lakukan check-in jika kamu ingin menyimpan sebagian barang-barang bawaan.

Jika kamu tak terlalu membawa banyak barang, disarankan untuk berangkat pagi-pagi dari rumah untuk langsung menuju ke lokasi pertama, yaitu:

  • Gedung Sate. Salah satu landmark kota Bandung yang bangunannya didesain secara neoklasik dengan menggabungkan unsur-unsur asli Indonesia dan arsitektur Belanda. Tempat bersejarah ini bisa menjadi area yang paling bagus untuk memulai petualangan kamu di Bandung.
  • Museum Asia Afrika. Tempat bersejarah kedua yang sangat menarik untuk didatangi. Banyak peninggalan masa lampau bekas konferensi Asia Afrika dilakukan.
  • Alun-Alun Bandung. Terletak di tengah-tengan kota Bandung dan banyak hal yang bisa kamu lakukan di sini, termasuk beribadah sholat Dzuhur bagi yang beragama Islam.
  • Makan Siang. Disarankan mencari café atau restoran terdekat.
  • Pasar Baru. Kamu bisa menemukan barang-barang tradisional hingga makanan, dimulai dari batik dan kain sutra, hingga nanas dan peuyeum. Semua dijual dengan harga murah.
  • Heritage Factory Outlet. Sebuah tempat yang memiliki nuansa Asia Timur, terutama Hong Kong dan China.

Setelah itu, silahkan pergi ke hotel yang telah di booking sebelumnya untuk melakukan check-in. Jika bisa jangan terlalu malam agar kamu dan orang terdekat memiliki lebih banyak waktu untuk beristirahat.

Hari Kedua

Alasan kenapa kamu harus banyak beristirahat di malam pertama adalah karena hari ini kita akan berpetualang berbasis alam.

Tanpa tubuh yang fit akibat terlalu lelah di hari sebelumnya, maka keseruan bisa saja berkurang drastis.
Sebaliknya, kamu akan mendapatkan pengalaman berharga di hari kedua dengan itinerary berikut ini:

  • Sarapan. Manfaatkan fasilitas sarapan gratis di hotel jika tersedia.
  • Tangkuban Perahu. Setelah sarapan, langsung menuju Gunung Tangkuban Perahu di pagi hari demi merasakan kesejukan udara di tengah pegunungan. Jangan lupa untuk membawa masker jika kamu ingin melihat kawah dari jarak dekat.
  • Lodge Maribaya. Tak jauh dari Tangkuban Perahu, kamu bisa langsung menuju ke Lodge Maribaya untuk me-refresh pikiran dari kesibukan sehari-hari.
  • Hobbit Garden. Kemudian diakhiri dengan mengunjungi taman bermain yang menampilkan bangunan-bangunan makhluk kecil bernama Hobbit, mirip seperti dalam film-film fantasi.

Hampir semua itinerary di hari kedua mengharuskan kita berjalan kaki, sehingga disarankan untuk mengambil beberapa waktu untuk beristirahat di antara lokasi yang didatangi.

Makan siang bisa dilakukan setelah kamu pulang dari Tangkuban Perahu, sementara makan malam bisa mencari café atau restoran yang dekat dengan tempat penginapan.

Hari Ketiga

Hari ketiga ini mungkin menjadi puncaknya rekreasi kita di Bandung dengan menggunakan itinerary 4 hari 3 malam.

Soalnya, kita akan menghabiskan waktu seharian di Kawah Putih yang begitu terkenal hingga telinga wisatawan asing. Tetapi lagi-lagi kita tak boleh asal dalam merencanakannya.

Pasalnya, kawasan Kawah Putih sendiri cukup besar dan menyediakan sejumlah objek wisata tambahan yang wajib kita kunjungi.

Adapun jadwal yang direkomendasikan adalah sebagai berikut:

  • Sarapan. Silahkan manfaatkan fasilitas sarapan gratis di hotel (jika ada).
  • Kawah Putih. Setelah itu langsung menuju pusat objek wisata di Kawah Putih agar tidak kehilangan kesempatan untuk bermain lebih lama di area tersebut. Namun hal yang wajib kamu ingat adalah biaya masuk mobil dihitung secara terpisah – dan agak mahal – mencapai 165 ribuan.
  • Sebagai gantinya, kamu bisa menyeberangi jembatan kayu untuk melihat kawah dari dekat.
  • Jangan lupa kenakan masker untuk menghindari efek samping asap terhadap paru-paru.
  • Perkebunan Stroberi. Tepat di seberang Kawah Putih (2 menit menggunakan mobil dari tempat parkir), terdapat perkebunan stroberi yang bisa kamu petik langsung dari pohonnya. Tersedia pula danau kecil yang dilengkapi dengan perahu untuk kita naiki.
  • Makan Siang. Silahkan lakukan di restoran area Perkebunan Stroberi.
  • Cibaduyut. Setelah makan siang, kamu bisa langsung mengunjungi Cibaduyut untuk berbelanja barang-barang khas seperti sepatu, tas, dan lain sebagainya. Perjalanan bisa memakan waktu sekitar 1,5-2 jam dari perkebunan stroberi.

Jika misalnya kamu masih memiliki waktu, kamu bisa langsung pergi ke Jalan Cihampelas untuk bersantai atau masuk ke mall.

Kamu bisa sekalian makan malam di area tersebut sebelum akhirnya mengakhiri itinerary hari ketiga jalan-jalan di Bandung.

Hari Keempat

Tidak banyak hal yang bisa kamu lakukan di hari terakhir selain berbelanja souvenir dan persiapan untuk pulang.

Silahkan langsung check-out saja dari tempat penginapan setelah sarapan. Lalu disarankan pergi ke Pasar Baru atau Kartika Sari untuk membeli oleh-oleh.

Pasar baru terkenal akan market tekstilnya yang begitu beragam, dimulai dari sutra, batik, kemeja, hingga aksesoris lainnya yang dijual dengan harga di bawah rata-rata (lebih murah dibandingkan dengan kota-kota besar lainnya).

Sementara di Kartika Sari terkenal akan jajanan khas Bandung sebagai oleh-oleh terbaik bagi rekan kerja atau teman ngampus.

Adapun beberapa makanan Bandung yang diwajibkan untuk kamu bawa atau bahkan dicoba di tempat diantaranya:

  • Brownies Amanda
  • Seblak
  • Batagor
  • Rujak Cireng
  • Bakso Aci
  • Tahu Bandung
  • Keripik Maicih

Semua nama dari makanan di atas sudah seringkali diidam-idamkan bagi para traveler yang bermimpi untuk bermain ke Bandung – akan tetapi belum kesampaian hingga sampai sekarang.

Jadi, pastikan kamu membelinya sebelum mengakhiri itinerary Bandung selama 4 hari 3 malam yang super hemat.

Berbicara masalah harga, rata-rata agen traveling akan membebani kita dengan harga jasa antara 3-6 juta (sudah termasuk biaya menginap di hotel – akomodasi tergantung dari paket harga yang kamu ambil).

Namun jika dilakukan secara mandiri, maka kamu bisa menghemat anggaran biaya berlibur hingga 70%! Namun tetap saja ada kelebihan dan kekurangannya.

Menggunakan agen traveling mungkin bisa menghabiskan banyak uang kita saat berlibur ke Bandung, namun sebagai gantinya kita tak perlu merencanakan semuanya sendirian dan tak harus melihat peta untuk mendatangi satu lokasi ke lokasi yang lainnya.

Sebaliknya, berlibur ke Bandung secara mandiri mungkin bisa lebih menghemat banyak uang, akan tetapi ada kalanya kita harus menghadapi berbagai gangguan dan resiko di perjalanan yang bisa mengurangi keseruan atau bahkan merusak suasana hati selama berada di kota Kembang tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google Berita.

About Redaksi

Check Also

buah alpukat

Puasa Tetap Lancar, Berikut Sajian Menu Sahur Bagi Penderita Diabetes

Linamasa.com – Bulan suci Ramadhan selalu dinantikan oleh setiap muslim. Tak hanya bisa meningkatkan keimanan …