...
taman laut bunaken
Menlhk

Nikmati Keindahan Taman Laut Bunaken, Surganya Para Wisatawan

Linamasa.com – Indonesia merupakan negeri yang kaya akan sumber daya alam. Alamnya pun menjadi primadona yang tidak bisa dipungkiri keindahannya. Salah satunya adalah keindahan taman laut bunaken.

Banyak yang berkata bahwa, jika ingin mengenal indonesia. Anda harus mengerti kehidupan dunia bawah laut. Sejatinya identitas indonesia adalah sumber daya alam yang menakjubkan.

Indonesia dikenal akan kehidupan bawah laut yang luar biasa indah. Bahkan keindahan taman laut bunaken menjadi salah satu Kebanggaan yang dimiliki oleh indonesia. Menikmati taman laut bunaken bagaikan surga bawah laut.

Seputar Taman Nasional Bunaken

Dalam dunia pariwisata, indonesia telah menetapkan bahwa taman laut bunaken sebagai taman nasional yang dilindungi dengan biota laut selama kurang lebih 27 tahun. Terdapat 58 jenis terumbu karang dengan 90 jenis ikan. Di bunaken ini terdapat spesies langka.

Luas taman laut bunaken ini memiliki luas 280 mil dan menjadikannya meraih sebuah penghargaan situs dunia oleh UNESCO. Dengan adanya penghargaan tersebut, maka spesiesnya terlindungi.

Ekosistem Dilindungi

Kehidupan yang ada di taman laut bunaken merupakan spesies yang dilindungi. Termasuk terumbu karang yang merupakan spot menarik bagi wisatawan mancanegara. Jika sedang menyelam, maka beberapa ikan akan mendekati anda, seperti ikan oci putih, ikan kuda gusumi, lolosi ekor kuning, ikan nila gasi, goropa dan pseudanthias. Kumpulan ikan inilah yang dapat dijadikan objek foto menarik.

Selain ikan yang menarik terdapat tanaman yang sangat eksotis seperti jenis tumbuhan rhizophora, lumnitzera, sonneratia, bruguiera, dan mangrove lain. Anda dapat menjadikannya sebagai objek picture.

Ada beberapa tumbuhan yang sangat indah dan akan memberikan nuansa sejuk seperti pohon palem, sagu, woka dan kelapa. Anda juga akan ditemani oleh kepiting yang sangat imut, moluska, udang, burung camar, dan juga monyet hitam dari sulawesi.

Sejarah Taman Laut Bunaken

Keindahan taman laut bunaken memiliki banyak history. Tempat wisata ini berdiri dan diresmikan pada tahun 1975. Tempat yang sangat terpencil dari kebisingan kota. Ada beberapa orang sebagai penyelam meneliti keindahan taman laut bunaken.

Pada tahun 1970 masyarakat masih mempercayai mitos bahwa di dasar laut terdapat roh jahat. Adanya Nelayan yang meninggal ketika mencari ikan. Lalu apa yang telah terjadi dikaitkan oleh cerita tentang mitos yang berkembang.

Pesona yang Indah

Terdapat 20 spit diving yang dapat anda gunakan untuk menyelam. Ada 12 yang terdapat di laut bunaken. Keunikan dari menyelam adalah jarak yang dicapai sekitar 20 meter, itu merupakan kondisi air yang jernih.

Pada waktu tertentu batas pandang sekitar 35 meter. Di taman laut bunaken terdapat sebuah dinding berbentuk karang raksasa vertical. Fungsi dari karang tersebut adalah sebagai makan ikan kecil di laut.

Alamat Dan Lokasi Taman Laut Bunaken

Taman laut bunaken ini terdapat di kota manado. Bagi anda yang ingin berkunjung harus naik pesawat untuk menuju manado. Lalu anda menuju bandara sam Ratulangi dan dilanjutkan untuk menuju kota Manado.

Harga Tiket

Bagi anda yang ingin berada di taman laut bunaken tiket masuknya sangat murah. Hanya dengan Rp. 5000. Untuk para turis sangat mahal, yaitu Rp. 150.000. Aktivitas yang dilakukan adalah snorkeling dan menyewa selama satu jam.

Nah, itulah Keindahan taman laut bunaken yang sangat eksotis. Berbagai fasilitas tersedia, anda dapat menikmati indahnya surga dunia dibawah laut. Warisan dunia yang diberikan UNESCO pada tahun 2005. Taman yang memiliki beragam sumber daya alam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google Berita.

Check Also

Bully

Kamu Wajib Tahu! Ini 6 Cara Menghadapi Bullying

Linamasa.com – Bully atau perundungan tidak mengenal batasan gender atau status sosial. Baik perempuan maupun …