...
motor yamaha vixion generasi kedua
GridOto/Jack Navaro

Rekomendasi Filter Oli Vixion yang Bagus dan Tahan Lama

Linamasa.com – Punya kendaraan Yamaha vixion di rumah jangan hanya dipakai saja, tapi juga harus memberikan perhatian lebih hingga perawatan secara berkala, agar performa dari motor bisa tetap dalam kondisi baik.

Salah satu contoh proses perawatan yang bisa Anda lakukan seperti mengganti oli hingga mengganti filter oli. Filter oli motor vixion menjadi komponen penting untuk mendukung kinerja oli pada mesin motor itu sendiri.

Sebenarnya tak harus setiap service mengganti filter oli. Jika memang kondisinya masih oke, tinggal dibersihkan saja, untuk mengangkat berbagai kotoran yang menempel pada bagian permukaan hingga bagian dalam filter oli motor Anda.

Berbeda dengan tipe motor lama, sebagian besar motor keluaran terbaru menggunakan komponen filter oli. Tapi bukan berarti pada motor lawas tidak ada komponen penyaring olinya ya, yang membedakan hanyalah nama dan perangkatnya saja. Pada motor keluaran lama, menggunakan komponen yang bernama oil strainer. Komponen ini bisa Anda temukan di bagian dalam mesin tepatnya di dekat pompa oli.

Perawatan komponen filter oli, biasanya dilakukan bersamaan saat Anda sedang melakukan penggantian oli mesin.

[irp posts=”1466″ name=”Begini Cara Rawat Rem Cakram Motor Agar Tetap Sehat”]

Daftar Filter Oli Mesin yang Digunakan Motor Vixion

Pada umumnya, pengguna jenis filter oli mesin yang digunakan pada motor vixion antara lain sebagai berikut :

1.Filter Oli Kertas

Tipe filter oli ini mempunyai ciri khas bentuk menyerupai silinder dan ada sekat yang menggunakan bahan kertas. Untuk posisi tepatnya sendiri berada di bagian dalam mesin.

“Pemakaian filter oli jenis ini pada umumnya dipasang pada beberapa motor sport seperti contohnya R 15 maupun Yamaha Vixion,” ungkap Saiful (Service Advisor Yamaha Deta Ciputat) di Tangerang Selatan.
2.Filter Oli Tabung

“Untuk fungsinya, sebenarnya sama dengan filter oli kertas biasa. Yang menjadi pembeda utama terdapat tambahan cover tabung dan diletakkan lebih menonjol di bagian luar dari mesin,” tambah Saiful (Service Advisor Yamaha Deta Ciputat).

Untuk filter jenis ini kebanyakan bisa ditemukan pada jenis sepeda motor dengan kapasitas mesin mencapai 250 cc ke atas. Misalnya saja seperti Kawasaki Ninja, Honda CBR 250 RR dan juga Yamaha R25.

3.Filter Oli Stainless

Jika dilihat dari segi penampilan, filter oli stainless bentuknya menyerupai dengan filter oli kertas. Yang membedakan adalah pada bagian sekat penyaring dibuat menggunakan bahan stainless steel. Filter jenis ini biasanya dibuat oleh pabrikan aftermarket.

[irp posts=”1823″ name=”Oli yang Bagus untuk Motor Yamaha Vixion Semua Tahun”]

Keuntungan menggunakan filter oli stainless adalah masa pakainya yang relatif lebih panjang dan hanya perlu dibersihkan saja saat kondisinya memang kotor tanpa harus mengganti. Jadi berbeda dengan jenis filter oli kertas yang harus diganti secara berkala setiap service motor dilakukan.

Hanya saja, untuk jenis filter oli stainless ini ditawarkan dengan harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan jenis filter oli kertas pada umumnya.

Ketiga jenis filter oli mesin di atas mempunyai keunggulan dan kelemahan masing – masing, jadi Anda bisa memilihnya sesuai kebutuhan saja. Sebenarnya menggunakan filter oli kertas tidak menjadi masalah. Dari segi harga juga di bawah Rp 50 ribu, sangat murah.

Kapan waktu yang tepat untuk ganti filter oli motor vixion?

Rata – rata service motor berkala bisa dilakukan selama dua bulan sekali. Namun bisa disesuaikan dengan penggunaan kendaraannya juga ya. Jika kendaraan sehari – hari selalu digunakan untuk aktivitas berat dan menempuh jarak puluhan kilometer, lebih baik melakukan service rutin setiap 1 bulan sekali.

Untuk filter oli motor vixion juga tak harus diganti setiap kali Anda melakukan service motor. Nantinya, petugas service akan melakukan pengecekan lebih lanjut terlebih dahulu apakah kondisi filter oli tersebut masih baik atau tidak. Jika masih layak pakai, maka tak perlu untuk dilakukan penggantian, cukup dibersihkan saja sudah cukup.

Tips Bersihkan Filter Oli Vixion Saat Darurat

Sebenarnya, membersihkan filter oli vixion secara mandiri tidak disarankan ya karena hasilnya pasti kurang maksimal. Hanya saja, tips membersihkan filter oli vixion secara mandiri saat darurat akan sangat membantu. Demi motor vixion bisa digunakan kembali sementara waktu sebelum mendapatkan penanganan lebih lanjut dari pihak bengkel.

[irp posts=”484″ name=”Peluang Usaha Jual Beli Motor Bekas, Potensi Bisnis yang Yahud!”]

Beberapa tips berikut ini bisa Anda lakukan untuk membantu saat kondisi darurat :

Ganti Oli Terlebih Dahulu

Saat proses ganti oli dilakukan, pastikan Anda melakukan pengurasan oli sisa yang berada di dalam mesin terlebih dahulu.

Proses Pembongkaran

Pada umumnya, untuk bisa membersihkan filter oli Yamaha vixion, Anda harus melakukan pelepasan tiga baut terlebih dahulu dengan menggunakan kunci khusus berjenis T10. Kemudian, Anda bisa langsung mengeluarkan filter oli tersebut dari bagian covernya. Pada motor vixion, bisa ditemukan di sebelah kanan.

Proses Pembersihan Filter Oli Vixion

Setelah filter oli sudah berhail Anda lepas, silahkan untuk mulai melakukan pembersihan. Cara membersihkannya pun sangatlah mudah, cukup dengan merendamnya saja ke dalam sebuah wadah yang sudah Anda isi dengan menggunakan bensin terlebih dahulu. Tunggu sampai semua kotoran yang bersarang di dalam filter oli benar – benar keluar.

Saat kondisinya sudah terlihat bersih, Anda bisa langsung mengeringkannya terlebih dahulu sebelum melakukan pemasangan kembali. Jika ada mesin kompresor, manfaatkan mesin tersebut untuk mengeringkan filter oli vixion tersebut.

Ganti dengan Filter Oli Baru

Jika Anda sempat membeli filter oli baru, disarankan untuk menggantinya saja agar lebih aman. Penggunaannya pun bisa lebih lama sampai jadwal service berikutnya.

Tips Perawatan Filter Oli Vixion Agar Bisa Digunakan Jangka Panjang

Pada umumnya, filter oli vixion wajib diganti setiap mencapai jarak tempuh 8000 km. Agar filter oli motor Anda bisa bertahan sampai jarak tempuh tersebut, beberapa tips perawatan filter oli vixion berikut ini bisa dicoba :

Wajib Membersihkan Filter Oli Pada Saat Ganti Oli

Pada saat mengganti oli, biasanya pihak bengkel akan membersihkan bagian filter olinya. Namun, jika Anda mengganti oli di bengkel tidak resmi, beberapa ada yang tidak melakukan pembersihan pada filter oli. Kondisi ini perlu Anda waspadai nih, agar lebih aman memang dianjurkan untuk ganti oli di bengkel resmi saja. Pada dasarnya, setiap ganti oli memang diwajibkan untuk turut membersihkan filter oli agar performanya pun bisa maksimal dan tidak menjadi pemicu kerusakan pada motor.

[irp posts=”1435″ name=”Turunan Tajam, Begini Cara Gunakan Rem Motor Skutik Agar Tidak Blong”]

Rutin Ganti Oli

Mulai saat ini, tinggalkan kebiasaan malas ganti oli yang bisa menjadi penyebab kerusakan pada filter oli. Seiring berjalannya waktu, oli akan menyisakan banyak kotoran yang mengendap pada filter oli. Bisa dibayangkan, jika Anda menerapkan kebiasaan ganti oli 3 sampai 6 bulan sekali, pastinya filter oli tersebut memiliki kondisi yang tak baik.

Setiap Jarak Tempuh 2000 Km Wajib Dibersihkan

Selain berpatokan pada waktu ganti oli, Anda juga bisa menggunakan dasar jarak tempuh untuk acuan dalam membersihkan filter oli pada motor. Setidaknya, setiap mencapai jarak tempuh 2000 km, filter oli wajib untuk dibersihkan.

Mengingat filter oli menjadi komponen yang cukup vital, meskipun ukuran kecil, jika tidak diperhatikan kondisinya, bisa menjadi biang kerok kerusakan pada motor vixion Anda. Jadi, mulai saat ini pedulilah dengan perawatan motor vixion Anda secara keseluruhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google Berita.

About Redaksi

Check Also

Puasa Satu Muharram

Ini Dia Jadwal Lengkap Puasa 1 Muharram 2024 yang Wajib Kamu Ketahui

Linamasa.com – Mengerjakan puasa sunnah di bulan Muharram sangat dianjurkan bagi umat Islam, lalu kapan …